December 2, 2023

Turunkan Stunting di Sumedang, Indosat Business Fasilitasi Gelang Kesehatan Pintar

Penulis: Desmal Andi
Turunkan Stunting di Sumedang, Indosat Business Fasilitasi Gelang Kesehatan Pintar  

Mobitekno – Sebagai bagian dari komitmen Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dalam memberdayakan masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Sumedang, Indosat Business menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk menyediakan gelang kesehatan pintar. Kolaborasi ini bertujuan untuk memantau kondisi ibu hamil, sebagai langkah preventif dalam mengatasi masalah stunting sejak dalam kandungan, dengan memanfaatkan teknologi digital. Upaya ini menjadi bagian dari inisiatif Indosat Business dalam mendukung program Smart Kabupaten Sumedang (SKS) untuk mempercepat penerapan konsep smart city.

Muhammad Buldansyah, Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyampaikan komitmennya, “Indosat Business berjanji untuk mendorong transformasi digital di Indonesia. Melalui pemanfaatan teknologi Internet of Things (IoT) dalam kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang, kami berupaya menciptakan solusi berkelanjutan. Kami ingin membuka peluang pertumbuhan tanpa batas bagi pembangunan sosial dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Inisiatif ini merupakan langkah konkret kami dalam memberdayakan masyarakat melalui teknologi.”

Program unggulan yang diinisiasi oleh Indosat Business adalah ‘IoT Smart Wearable Pilot Project’, yang merupakan kelanjutan dari Nota Kesepahaman (MoU) antara Indosat dan Pemerintah Kabupaten Sumedang. MoU ini mencakup penyediaan layanan internet serta solusi teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pembangunan solusi kota pintar di Sumedang, Jawa Barat. Gelang kesehatan pintar yang berbasis bluetooth ini terhubung dengan smartphone dan memiliki fungsi memantau denyut nadi, tekanan darah, saturasi oksigen (SpO2), suhu tubuh, dan indikator kesehatan penting lainnya.

Sumedang
IOH, Mendagri, dan Pemkab Sumedang

Sumedang Butuh 25 Ribu Unit Gelang Kesehatan

Kabupaten Sumedang saat ini menjadi salah satu tolok ukur dalam penerapan program Smart City oleh pemerintah Indonesia. Dengan jumlah penduduk mencapai 1,5 juta jiwa, Sumedang membutuhkan sekitar 25 ribu unit gelang kesehatan pintar setiap tahunnya. Inisiatif ini tidak hanya memperkuat upaya pencegahan stunting tetapi juga memperkuat posisi Sumedang sebagai kota pintar yang terdepan di Indonesia.

Selain menyediakan gelang kesehatan pintar, Indosat juga aktif dalam mendukung implementasi Smart City di Kabupaten Sumedang. Langkah-langkah ini mencakup peningkatan kualitas dan cakupan jaringan 4G, pembangunan infrastruktur konektivitas berupa fiber optic dan radio yang menghubungkan seluruh fungsi dinas atau operasional (Kecamatan/OPD), pembangunan command center, dan pengembangan aplikasi Internet of Things (IoT). Dengan berbagai layanan dan solusi ini, Indosat Business berharap dapat memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat Kabupaten Sumedang. Upaya ini tidak hanya memberdayakan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi tetapi juga meningkatkan kualitas hidup dan kemajuan ekonomi daerah tersebut.

Tags: , , ,


COMMENTS