December 30, 2022

Chip Tercanggih 3 Nanometer Mulai Diproduksi Massal di Taiwan

Penulis: Muhammad Rizki
Chip Tercanggih 3 Nanometer Mulai Diproduksi Massal di Taiwan  

Mobitekno – Produsen chip Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Ltd (TSMC) telah memulai produksi massal chip tercanggihnya di Taiwan Selatan, Kamis (29/12). TSMC memiliki posisi dominan sebagai pembuat chip canggih yang digunakan dalam teknologi mulai dari ponsel hingga jet tempur.

Ketua perusahaan mengatakan bahwa mereka akan terus memperluas kapasitas di pulau tersebut. Produksi massal chip dengan teknologi 3-nanometer yang telah lama dinanti kini hadir saat perhatian perusahaan terfokus pada rencana investasi pembuat chip kontrak terbesar di dunia, di dalam dan luar negeri.

Ketua TSMC, Mark Liu, mengatakan, “TSMC mempertahankan kepemimpinan teknologinya sambil berinvestasi secara signifikan di Taiwan, terus berinvestasi dan sejahtera dengan lingkungan,” ucapnya dalam upacara yang menandai perluasan produksi dan kapasitas di selatan kota Tainan.

TSMC

Liu mengatakan bahwa permintaan chip 3-nanometer perusahaan sangat kuat. Hal itu didorong oleh teknologi baru, termasuk 5G dan produk komputasi dengan performa tinggi.

Awal bulan ini, TSMC akan melipatgandakan investasi yang direncanakan di pabrik barunya di Arizona menjadi USD 40 miliar. Perusahaan asal Taiwan ini juga sedang membangun pabrik chip di Jepang dan dalam tahap awal peninjauan potensi ekspansi ke Jerman.

Menanggapi kekhawatiran bahwa investasi asing TSMC akan merusak posisi kunci Taiwan dalam semikonduktor, Liu mengatakan bahwa produksi tersebut merupakan demonstrasi bahwa TSMC mengambil tindakan nyata untuk mengembangkan teknologi canggih dan memperluas kapasitas di Taiwan.

Tren ‘selamat tinggal pada Taiwan’ untuk industri chip segera dibantah oleh pemerintah Taiwan. Mereka mengatakan bahwa posisi pulau tersebut sudah aman untuk digunakan oleh sang produsen semikonduktor utama.

TSMC sendiri telah berulang kali mengatakan bahwa sebagian besar manufakturnya akan tetap berada di Taiwan. Nantinya, produksi chip 2-nanometer generasi berikutnya akan direncanakan untuk diproduksi di Taiwan Utara dan Tengah.

Liu mengatakan bahwa teknologi 3-nanometer baru akan menciptakan produk akhir dengan nilai pasar sebesar USD 1,5 triliun dalam waktu lima tahun.

Tags: , , , ,


COMMENTS