September 29, 2022

Dampak Inovasi Digital, GoFood Antar Teguk Lebarkan Sayap ke New York

Penulis: Rizki R
Dampak Inovasi Digital, GoFood Antar Teguk Lebarkan Sayap ke New York  

Mobitekno – Inovasi digital yang dimiliki GoFood telah memberikan dampak positif bagi pertumbuhan bisnis mitra UMKM. Hal ini terbukti dari sepak terjang Teguk, brand minuman lokal masa kini, yang baru saja melebarkan sayapnya ke New York, AS.

Pencapaian luar biasa Teguk ini menambah catatan positif UMKM kuliner lokal yang mampu menembus pasar internasional berkat go digital. Teguk sukses membuka gerai pertamanya di New York, Amerika Serikat, pada 17 September 2022.

Global Head of Marketing GoFood, Ichmeralda Rachman mengatakan, “Kami turut bangga atas pencapaian positif dan ekspansi Teguk ke New York. GoFood selalu mendukung perkembangan Teguk sejak 2019, sebagaimana juga GoFood selalu berupaya mewujudkan komitmen untuk menjadi mitra andalan bagi seluruh mitra UMKM kami,” ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (29/7).

Melda sapaan karib Ichmeralda melanjutkan bahwa salah satu strategi utama GoFood adalah menghubungkan mitra UMKM dengan basis pelanggan GoFood yang loyal dan berkualitas melalui inovasi teknologi berbasis pencarian dengan pendekatan hyperlocal dan personalisasi data.

“Inovasi ini merupakan bukti pemahaman mendalam GoFood sebagai pionir online food delivery akan solusi yang dibutuhkan para mitra UMKM kami.” kata Melda.

Teguk merasakan berbagai manfaat dari digitalisasi dengan bergabung bersama GoFood sejak tiga tahun terakhir. CEO Teguk, Maulana Hakim mengungkapkan, “Berkat dukungan berbagai solusi digital dari GoFood, bisnis Teguk berkembang pesat hingga kini memiliki 155 gerai dan 800 karyawan di berbagai wilayah di Indonesia serta omzet melesat hingga mencapai 275%.”

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan GoFood kepada Teguk sebagai UMKM kuliner lokal sehingga kami dapat mewujudkan mimpi membawa brand lokal ke internasional. Berkat strategi pemasaran dan penjualan yang tepat sasaran melalui GoFood, kami berhasil meraih pertumbuhan bisnis yang eksponensial sejak bermitra dengan GoFood hingga akhirnya kami berani ke mancanegara, tepatnya ke New York. Ekspansi ini merupakan langkah awal kami untuk memperkuat posisi Teguk sebagai brand lokal yang mengglobal,” papar Maulana.

Foto 2 GoFood x Teguk Goes to New York compress8

Lebih lanjut, Maulana mengatakan, “Pembukaan gerai pertama Teguk di New York, mendapat antusiasme yang besar dari warga lokal dengan penjualan mencapai 634 minuman hanya dalam kurun waktu tiga hari. Sebagai bagian dari selebrasi pencapaian ini, Teguk bersama GoFood menghadirkan tiga menu eksklusif, antara lain varian coconut series yang juga hadir di gerai Teguk New York dan diskon spesial sebesar 40% yang dapat dinikmati oleh para pelanggan GoFood di Indonesia. Menu eksklusif ini tersedia di GoFood sejak 17 September hingga 14 Oktober 2022.”

Sejak pertengahan 2019 hingga 2022, Teguk mengalami pertumbuhan pesat dari pertama kali menggunakan solusi iklan di GoFood. Dengan memanfaatkan solusi GoFood Top Banner dan Iklan Kategori, Teguk berhasil meningkatkan brand awareness dan konsiderasi calon pelanggan untuk membeli produk Teguk.

“Bahkan, dari Januari hingga Juni 2022, penjualan Teguk mengalami kenaikan 2-3 kali lipat,” papar Maulana.

Fact Sheet 1 Teguk Pertumbuhan Bisnis compress20

Berbagai solusi digital yang ditawarkan GoFood, salah satunya aplikasi GoBiz terbukti berhasil membantu Teguk mengelola operasional ratusan gerainya secara digital dari waktu ke waktu.

Terlebih, inovasi fitur Merchant Acceptance Flow (MAF) atau Super Partner dapat mempersingkat arus proses pesanan yang masuk dan membantu setiap gerai Teguk untuk melakukan konfirmasi atas setiap pesanan yang masuk dari pelanggan.

Selain aplikasi GoBiz, GoFood juga menghadirkan solusi pemasaran digital lewat GoAds untuk mendongkrak visibilitas dan penjualan resto di platform GoFood.

“Solusi GoAds menawarkan beragam keuntungan yang dapat dinikmati oleh para mitra UMKM kami. Mulai dari beriklan dengan tepat sasaran, biaya iklan yang sesuai kebutuhan, serta laporan performa yang transparan yang berguna sebagai insight untuk menentukan strategi jitu bisnis ke depannya,” jelas Melda.

“Berdasarkan hasil riset LD FEB UI 2021, pendapatan mitra UMKM GoFood rata-rata naik 66% pada 2021 dibandingkan 2020. Hal ini menjadi acuan bagi kami untuk terus menghadirkan beragam inovasi teknologi digital bagi lebih dari 1 juta mitra usaha kami yang mayoritasnya adalah UMKM agar dapat membawa produk lokal menjadi juara di kancah nasional maupun internasional,” tutup Ichmeralda.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS