September 28, 2022

Intel Perkenalkan Generasi Terbaru Prosesor Desktop Gen-13 Raptor Lake

Penulis: Desmal Andi
Intel Perkenalkan Generasi Terbaru Prosesor Desktop Gen-13 Raptor Lake  

Mobitekno – Prosesor terbaru dengan codename “Raptor Lake” ini diperkenalkan langsung oleh Pat Gelsinger, CEO Intel pada gelaran Intel Innovation Day di hari pertama, Selasa 27 September 2022. Prosesor ini akan menjadi standar baru bagi performa desktop yang menjanjikan kecepatan. Apalagi dengan varian flagshipnya, yaitu Intel Core i9-13900 yang dapat meningkatkan performa apapun di PC Desktop. Dengan begitu, ini bisa membantu pengguna dalam menjalankan berbagai aktivitas dengan lebih baik, seperti gaming, membuat konten, atau bekerja.

Prosesor Intel Core gen-13 ini menawarkan performa 15 persen lebih baik dalam single threaded dan 41 persen lebih baik dalam mode multi threated, dibandingkan generasi sebelumnya. Peningkatan AI juga dilakukan, terutama untuk kebutuhan gaming.

“Pada dekade mendatang, kita akan melihat digitalisasi terus berlanjut hingga ke dalam semua hal. Lima teknologi superpower mendasar – komputasi, konektivitas, infrastruktur, AI dan sensing – secara garis besar akan membentuk cara kita mengalami dunia,” ucap CEO Intel, Pat Gelsinger.

“Para developer, baik yang fokusnya ke software maupun hardware, akan membangun masa depan ini. Merekalah para magician yang sesungguhnya, sebab mereka memajukan apa yang mungkin. Menciptakan ekosistem terbuka ini adalah inti dari transformasi kami dan komunitas developer sangat penting bagi kesuksesan kami,” lanjut Pat.

13th gen intel core 2.jpg.rendition.intel .web .1648.927
Intel Core Gen-13

Pengembangaan pada Raptor Lake ini melanjutkan arsitektur yang ada di generasi 12. Untuk varian teratas, Intel menyediakan i9-13900K dengan dukungan iGPU dan i9-13900KF yang tanpa iGPU. Untuk i9-13900K memiliki 8 P-Core dan 16 E-Core dengan total 32 thread. Dibwah i9-13900 series, Intel juga menyediakan i7-13900K, i7-13900KF, i5-13600K, dan i5-13900 KF

Di kesempatan yang sama, Intel juga mengumumkan penguatan dukungan untuk para developer, melalui Intel developer cloud. Intel Developer Cloud telah diperluas untuk memberikan akses yang pertama dan yang efisien ke teknologi Intel kepada para developer dan mitra teknologi. Intel juga menghadirkan Intel Geti, platform computer vision baru yang memungkinkan enterprise bisa mengembangkan model AI yang efektif, cepat, dan mudah.

Intel Developer Cloud sendiri bersama dengan developer tool dan sumber daya yang dirancang untuk mengoptimalkan performa, termasuk toolkit Intel oneAPI dan platform Intel Geti diharapkan bisa membantu mengakselerasi time-to-market untuk solusi yang dibangun pada platform Intel.

13th Gen IntelR CoreT Unlocked Desktop hi res

Sementara itu, sistem Foundry dari Intel juga bisa membuka era baru dalam pembuatan chip. Salah satu yang mendukung ekosistem ini adalah Samsung dan TSMC. Mereka terus menyarakan dukungan konsiorsium Universal Chiplet Interconnect Express (ECIe). Ini bertujuan aga bisa tercipta ekosistem terbuka dalam hal perancangan dan manufaktur chiplet pada teknologi proses yang berbeda oleh vendor-vendor yang berbeda juga.

“Dengan tiga produsen chip terbesar dan lebih dari 80 perusahaan terdepan dalam industri semikonduktor bergabung dengan UCIe, kini kami sedang mewujudkannya menjadi kenyataan,” tambah Gelsinger.

Intel melakukan pratinjau inovasi lain yang sedang dalam pengembangan: sebuah terobosan solusi co-package photonics yang pluggable. Koneksi optik yang akan memungkinkan terciptanya level baru chip-to-chip bandwidth, terutama dalam pusat data, namun kesulitan produksi menjadikannya sangat mahal. Untuk mengatasi hal ini, peneliti Intel merancang solusi berbasis kaca yang kuat dengan yielding tinggi, yang dilengkapi konektor yang pluggable untuk memudahkan manufaktur dan menghemat biaya, membuka peluang akan sistem baru dan arsitektur paket chip di masa yang akan datang.

Tags: , , , ,


COMMENTS