February 21, 2022

Intel: Lunar Lake akan Jadi Prosesor dengan Performance per Watt Terbaik di Tahun 2024

Penulis: Iwan RS
Intel: Lunar Lake akan Jadi Prosesor dengan Performance per Watt Terbaik di Tahun 2024  

Mobitekno – CEO Intel, Pat Gelsinger di hadapan para investor belum lama ini mengungkapkan strategi perusahaan yang baru saja dipimpinnya tersebut. Salah satunya adalah peta jalan (roadmap) perkembangan 3teknologi Intel di industri semikonduktor selama beberapa tahun ke depan.

Presentasi menyentuh berbagai topik mulai dari teknologi data center mendatang dengan rencana menghadirkan pabrik chip yang fokus pada kebutruhan industri otomotif. Pat juga memberi berbagi roadmap terkait teknologi Intel di komputasi server dan client.

Berdasrkan presentasi yang disampaikan, prosesor pertama dari lini produk Intel 7 yang berbasiskan proses node (codename Sapphire Rapids) akan hadir di pasar pada kuartal pertama tahun ini. Chip Intel 7 merupakan prosesor Xeon generasi mendatang Intel yang ditujukan untuk server dan data center.

Dari roadmap yang dibagikannya ke investor, terlihat riset dan pengembangan Xeon telah dipersiapkan Intel dengan matang agar tetap kompetitif di segmen server. Setelah Xeon era Sapphire Rapids (Intel 7) tahun ini, Intel sudah bersiap dengan lini Xeon Emerald Rapids (Intel 7) di 2023 dan lini Xeon “Granite Rapids” (Intel 3) di 2024.

Apabila roadmap Xeon di atas lebih ditujukan untuk aplikasi mainstream dan premium cloud dan data center, Intel juga menyiapkan roadmap Xeon yang dioptimalkan untuk faktor ‘power per performance’ yakni Xeon “Sierra Forest” di 2024. Xeon yang masuk jajaran Intel 3 ini ditargetkan untuk high-density, ultra-efficient cloud server.

Beralih ke desktop, presentasi dari Intel Client Computing Group (CCG) memperlihatkan bakal hadirnya prosesor desktop generasi Raptor Lake yang dimanufaktur dengan proses node Intel 7. Raptor Lake direncanakan hadir pada semester kedua 2022.

Perusahaan mengklaim, generasi baru prosesor atau CPU baru ini akan memberikan kenaikan performa dua digit dan peningkatan jumlah core (inti) dan thread bagi pengguna. Hal ini dimungkinkan meski sistem PC-nya masih menggunakan platform LGA 1700 Alder Lake.

Presentasi juga mengidentifikasi beberapa prosesor Intel generasi mendatang lainnya yang akan dibuat di atas mendatang Intel 4 node process. Diantaranya, lini produk Meteor Lake di tahun 2023 dan produk berikutnya Arrow Lake di 2024.

Melewati tahun 2024, Intel berencana meningkatkan strategi IDM 2.0 untuk mendukung proses produksi/manufaktur chip generasi ke-16 Intel Lunar Lake dan lini produk mendatang lainnya.

Intel terlihat optimis karena Lunar Lake karena bukan hanya unggul dalam performa tapi juga efisiensinya dibandingkan chip kompetitior. Dengan proses node 18A baru, chip Intel akan mengalami peningkatan 10 persen perf/watt di atas node 20A. Intel juga percaya diri dengan desain RibbonFETRR yang lebih optimal dengan mereduksi linewidth.

Intel mengklaim akan memimpin chip dengan perf/watt terbaik pada tahun 2024. Namun, klaim Intel ini harus dibuktikan mengingat proses node 18A baru akan akan siap sekitar 2025, dan pesaing Intel pun akan bersiap dengan teknologi manufaktur baru dalam 2 hingga 3 tahun mendatang.

Tidak kalah menarik adalah sepak terjang Intel Arc di segmen komputasi grafis atau GPU. Intel berencana akan mulai mendistribusikan hingga 4 juta unit discrete GPU pada 2022. Jumlah yang terbilang besar ini mencakup Arc Alchemist GPU untuk laptop di Q1 2022 dan graphics card untuk desktop dan workstation pada kuartal kedua dan ketiga 2022.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS