July 26, 2022

Lolos Beragam Uji Ketahanan, Wuling Pastikan Baterai Mobil Listrik Air ev Aman Digunakan

Penulis: Iwan RS
Lolos Beragam Uji Ketahanan, Wuling Pastikan Baterai Mobil Listrik Air ev Aman Digunakan  

Mobitekno – Wuling Motors (Wuling) memeriahkan ajang pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran dengan kendaraan listrik pertamanya di Indonesia, Air ev. Salah satu inovasi yang ingin disampaikan pihak Wuling ke publik tanah air adalah keamanan baterai Air ev.

“Aspek keselamatan tentu menjadi prioritas dalam pengembangan kendaraan listrik, terutama pada komponen baterai dan sistem kelistrikan tegangan tingginya. Baterai Air ev telah melewati berbagai pengujian dengan hasil yang memuaskan. Pengujian dilakukan untuk memastikan keamanan serta ketahanan baterai dalam berbagai kondisi pengoperasian,” ujar Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

Mengandalkan baterai Lithium Iron Phosphate (LFP) yang diandalkan motor listrik berdimensi compact, baterai Air ev ini diklaim telah lolos 16 model uji ketahanan pada beragam kondisi dan situasi. Mulai dari pengujian (tes) jatuh, rotasi berulang-ulang, kebakaran, rendaman air, benturan, hingga getaran untuk memastikan baterai tetap aman digunakan sehari-hari.

Baterai Wuling Air ev 02

Berbagai uji perangkat baterai Air ev dilakukan dalam berbagai skenario. Salah satunya adalah uji ketahanan baterai pada benturan dengan metode tes jatuh dari ketinggian satu meter. Kemudian, dilakukan pula uji kecelakaan dengan percepatan hingga 28G dari satu titik ke titik lainnya dan juga flip test dengan rotasi berulang seperti pada kondisi mobil terbalik. Hasilnya, paket baterai Air ev berhasil melewati beragam tes tersebut dengan kondisi yang baik dan utuh serta masih berfungsi normal.

Selain itu, baterai juga diuji dalam kondisi ekstrem, seperti situasi kebakaran. Dimana baterai berhasil melewati proses pembakaran pada suhu tinggi tanpa terjadi ledakan maupun kerusakan lainnya. Ada pula tes rendaman dalam air dengan hasil baik sehingga memperoleh sertifikasi IP67, tanpa adanya kebocoran untuk menjamin keamanan pada situasi hujan maupun banjir. Tidak ketinggalan, uji getaran dengan frekuensi 24Hz selama tiga hari untuk membuktikan ketahanan baterai saat Air ev saat berada di jalan yang tidak rata.

“Berbagai pengujian yang berhasil dilewati tersebut menunjukkan bahwa baterai Wuling Air ev aman dan tahan digunakan di kondisi pemakaian di Indonesia. Ditambah dengan kemudahannya dalam isi ulang daya, Air ev menjadi solusi baru untuk mobilitas modern yang ramah lingkungan dan aman,” tutup Danang Wiratmoko.

Wuling Air ev saat ini telah dapat dipesan melalui diler resmi Wuling yang informasinya termuat di website wuling.id, atau melalui exclusive e-commerce partner Blibli.com. Untuk dapat melihat langsung kendaraan listrik pertama dari Wuling ini, kunjungi booth Wuling di ajang PEVS 2022 di JIEXPO Kemayoran yang berlangsung dari tangal 22 Juli 2022 hingga 31 Juli 2022.

Tags: , , , , ,


COMMENTS