March 24, 2022

Meluncur Pertengahan Tahun 2022, Nothing Phone (1) Ingin Jadi Ponsel Android Paling Inovatif dan Tampil Beda

Penulis: Iwan RS
Meluncur Pertengahan Tahun 2022, Nothing Phone (1) Ingin Jadi Ponsel Android Paling Inovatif dan Tampil Beda  

Mobitekno – Pendatang baru di industri smartphone dan gadget, Nothing, baru-baru melakukan keynote virtualnya ‘The Truth’, untuk menjelaskan ke konsumen global tentang perkembangan smartphone perdana, Phone 1, dan ekosistem produk yang terbuka untuk berbagai produk dari merek lain.

Keynote tersebut disampaikan langsung oleh CEO dan pendirinya, Carl Pei, yang juga salah satu pendiri OnePlus. Nothing yang berdiri dua tahun lalu dan berbasis di London ini masih dinantikan janjinya merilis smartphone perdananya di akhir paruh pertama tahun ini.

Dalam presentasinya, Carl Pei membagikan informasi sekilas sistem operasi Phone (1) yang berbasis Android tersebut meski desain final samrtphone-nya belum ditampilkan. Tampilan UI Nothing OS menyerupai logo dan identitas brand Nothing dengan wallpaper dan skema warna widget didominasi warna monokrom dan merah.

Kesempatan ini dimanfaartkan juga oleh Carl Pei untuk memuji sekaligus mengkritik Apple. Apple dipuji berkat terobosan inovasinya yang diterima konsumen secara luas dan dikritik karena membuat perkembangan teknologi smartphone di level konsumen cenderung stagnan.

Carl berjanji, Nothing ingin mengubah persepsi teknologi di industri kembali menjadi optimis dengan kemajuan teknologi yang membuat konsumen lebih bergairah dan masa depan smartphone menjadi lebih menarik dan cerah.

“Kami sedang membangun alternatif (produk) Apple yang paling menarik,” ujar Carl Pei optimis.

Pernyataan ini menjadi indikasi kuat bahwa Nothing memposisikan Phone (1) untuk bersaing langsung dengan segmen pasar Apple iPhone. Ambisi besar yang tampaknya penuh tantangan mengingat dominasi Apple di industri smartphone saat ini.

Seperti produk earphone-nya, Nothing ear (1), Pei menjanjikan smartphone pertama mereka akan inovatif dan menarik bagi konsumen sekaligus menjadi semacam peringatan (wakeup call) bagi produsen lain di industri. Meskipun terdengar menjanjikan, Nothing belum mengungkapkan banyak hal, terutama sosok smartphone Phone (1) yang akan datang, hanya menampilkan siluet desain belakang Phone (1).

Berdasarkan teaser grafiknya, Phone (1) yang memakai chipset Qualcomm Snapdragon ini diprediksi akan mengadopsi modul kamera belakang berdesain pil di sudut kiri atas dan area besar di tengah (lihat gambar atas) yang belum diketahui fungsinya. Ada juga garis diagonal di sudut kanan atas dan garis vertikal di bawah area besarnya, yang bisa menjadi elemen desain atau bagian dengan fungsi khusus.

Kode desain ini mungkin belum dipahami oleh konsumen, tapi Pei menjanjikan sesuatu yang menakjubkan saat perusahaan ini akan memperkenalakan Phone (1) secara resmi pada musim panas 2022.

Menyinggung Nothing OS, Pei menyebutnya sebagai OS berbasis Android terbaik yang dikombinasikan dengan ‘bahasa desain’ ikonik dari Nothing. Dari presentasi dapat disimpulkan Nothing OS bukan hanya hadir dengan jenis huruf (typeface) dan grafik yang terinspirasi desain dot-matrix, tetapi juga cepat dan responsif saat pergantian antar-layar.

Nothing juga mengungkapkan fitur perekam suara yang disertakan dalam Nothing OS dengan desain mirip gulungan pita. Desain ini memungkinkan interaksi pengguna dalam menyesuaikan kecepatan pemutaran audio/rekaman.

Berbicara tentang performa Phone (1), Pei mengklaim bahwa Nothin OS akan berjalan dengan cepat dan mulus berkat prosesor dan RAM yang optimal untuk aplikasi yang ada. Nothing menyiasatrinya dengan mempertahankan sebagian besar aplikasi Android Google yang ada (stock Android app) dan menghapus aplikasi bloatware yang dianggap kurang berguna.

Sebagi bukti komitmen jangka panjang perusahaan kepada pengguna Nothing (1), Carl Pei berjanji akan menyediakan update OS secara berkala untuk Phone (1) selama tiga tahun dan update keamanan selama empat tahun. Jaminan akan fasilitas update software yang panjang merupakan salah satu andalan Apple selama ini yang jarang dilakukan produsen samrtphone Android.

Bagi pengguna yang tertarik dengan desain Nothing OS tidak perlu menunggu hingga musim panas untuk mencobanya saat Phone (1) resmi dilucurkan. Pasalnya, Nothing yang akan merilis launcher khusus berdesain Nothing OS yang dapat di-instal pada samrtphone Android model tertentu pada bulan April ini.

Tags: , , , , ,


COMMENTS