March 24, 2022

Kemampuan Lebih Meningkat, Yuk Ganti Galaxy S21 Kamu ke Galaxy S22 Series 5G

Penulis: Desmal Andi
Kemampuan Lebih Meningkat, Yuk Ganti Galaxy S21 Kamu ke Galaxy S22 Series 5G  

Mobitekno – Samsung Galaxy S22 Series 5G memang membawa berbagai peningkatan, baik dari sisi kinerja maupun fitur, dibandingkan pendahulunya, yaitu Galaxy S21 Series 5G. Bahkan, varian tertingginya, yaitu Galaxy S22 Ultra 5G hadir dengan membawa seluruh fitur Galaxy Note untuk mendukung produktivitas penggunanya. Kini, S Pen baru hadir di Galaxy S22 Ultra 5G tanpa harus bingung  menempatkan S pen tersebut di smartphone, karena sudah memiliki wadah khusus seperti Galaxy Note Series. 

Dengan peningkatan pada desain, fitur, dan kinerja, tentunya Galaxy S22 Series 5G ini bisa memikat lebih banyak pengguna dibandingkan pendahulunya. Produktivitas dan kreativitas pun bisa semakin bertambah, dan tentunya dengan hasil konten lebih berkualitas. Apakah kamu masih menimbang-nimbang untuk beralih dari dari smartphone yang sekarang sedang digunakan ke Galaxy S22 Series 5G? Agar tidak ragu dengan kemampuan Galaxy S22 Series 5G, ada baiknya baca ulasan yang dibuat Mobitekno berikut ini.

Harga Baru yang Bahkan lebih Murah Dibandingkan Galaxy S21 Series Pada Tahun Lalu

Biasanya, sebuah smartphone baru memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan pendahulunya karena telah dibekali dengan banyak fitur dan teknologi terkini. Namun, hal ini tidak terjadi pada Galaxy S22 5G. Jika sedikit menengok ke belakang pada tahun lalu dimana Galaxy S21 Series 5G keluar untuk pertama kalinya, Samsung membanderol seri S21 ini dengan harga mulai dari Rp 12 jutaan.

Bagaimana dengan harga baru untuk Galaxy S22 Series 5G? Dengan kinerja yang labih andal berkat penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang dapat meningkatkan kinerja hingga 30 persen, justru Galaxy S22 Series 5G dibanderol mulai dari harga Rp 11 jutaan. Lebih tepatnya tipe Galaxy S22 5G bisa didapatkan mulai Rp 11.999.000 untuk varian 8GB/128GB. Padahal untuk Galaxy S21 5G pada tahun lalu dibuka dengan harga Rp 12.999.000. 

Hal yang sama juga berlaku untuk varian tertinggi, yaitu Galaxy S22 Ultra 5G. Samsung membanderolnya mulai dari harga RP 17.999.000 untuk varian 8GB/128GB. Sementara tahun lalu, Galaxy S21 Ultra 5G dibanderol mulai Rp 18.999.000

Faktor harga baru ini saja sudah sangat menarik untuk menjadi perhatian para pengguna smartphone di Indonesia. Padahal fitur dan kinerja di seri Galaxy S22 lebih banyak dan kencang. Jadi, apakah hal ini sudah mulai menggoyang keragu-raguan kamu untuk beralih ke Galaxy S22 Series 5G?

Desain Telah Ditingkatkan, terutama Pada Varian Ultra

Samsung Galaxy S22 Series 5G hadir dengan membawa tampilan baru yang lebih segar dan premium. Ketiga smartphone baru ini, yaitu Galaxy S22 5G, Galaxy S22+ 5G, dan Galaxy S22 Ultra 5G, memiliki bingkai kaca dan logam yang lebih terlihat premium. Ini adalah upgrade dari Galaxy S21 Series 5G sebelumnya. Bahkan, untuk Galaxy S22 Ultra 5G membawa desain yang mirip dengan Galaxy Note. Galaxy S22 Ultra yang merupakan varian tertinggi telah dilengkapi slot khusus untuk menyimpan S Pen. Ini menjadi yang pertama bagi Galaxy S Series yang sudah mengintegrasikan S Pen. 

Untuk sisi layar, ketiga smartphone Galaxy S22 juga hadir dengan ukuran sedikit lebih kecil dari pendahulunya. Ini menguntungkan bagi orang Indonesia karena tentunya menjadi lebih nyaman digenggam. Layar Galaxy S22 5G kini berukuran 6,1 inci, Galaxy S22+ 5G berukuran 6,6 inci, dan Galaxy S22 Ultra 5G berukuran 6,8 inci. Sebagai perbandingan, Galaxy S21 5G memiliki layar berukuran 6,2 inci, Galaxy S21+ 5G berukuran 6,7 inci, dan Galaxy S21 Ultra 5G berukuran 6,8 inci. Hanya varian ultra yang tidak berubah dari sisi ukuran layar. 

Desain yang lebih segar

Peningkatan pada Kamera yang Membawa Hasil Lebih Epic

Samsung juga meningkatkan kualitas penangkapan kameranya dengan semakin memperbesar sensor pada kamera, terutama di Galaxy S22 5G dan S22+ 5G. Kini, di baik di Galaxy S22 5G maupun S22+ 5G, kamera utamanya sudah mengusung kemampuan 50MP. Ini meningkat tajam dibandingkan Galaxy S21 5G dan S21+ 5G yang memiliki kamera utama 12MP. Peningkatan ini juga membawa sensor gambar yang lebih besar 23% dibandingkan Galaxy S21 dan S21+. Dengan begitu, akan ada banyak cahaya yang bisa ditangkap oleh kamera utama Galaxy S22 dan S22+. Tidak heran, Samsung bisa membawa banyak fitur kamera ke dalam smartphone ini untuk meningkatkan pengalaman fotografi penggunanya. 

Sementara itu, kamera Galaxy S22 Ultra 5G masih memiliki sensor utama yang sama dengan Galaxy S21 Ultra 5G, yaitu 108MP. Kamera utama ini juga ditemani dengan dua lensa telefoto 10MP dan ultra-wide 12MP. Namun, menurut Samsung bidang pandang pada kamera ultra-wide dan telefoto di Galaxy S22 Ultra ini lebih lebar dibandingkan S21 Ultra 5G. 

Berbagai fitur kamera menarik pun bisa ditemukan pada Galaxy S22 Series 5G ini. Salah satunya adalah fitur foto malam Nightography. Dengan sensor yang lebih besar, tentunya penangkapan cahaya menjadi lebih banyak. Hal ini membuat hasil jepretan di suasana temaram atau malam hari menjadi lebih jelas dan detail. Selain itu, mode Pro-nya juga semakin fleksibel dalam mengatur berbagai setting kamera. Bahkan, di Galaxy S22 Series 5G juga memiliki fitur Expert RAW. Dengan fitur ini, kamu bisa mengedit hasil tangkapan dengan aplikasi LightRoom tanpa harus mengurangi kualitas foto. 

Ada juga hal menarik yang memanfaatkan kamera ini, terutama untuk pengguna media sosial Instagram dan TikTok. Samsung telah mengintegrasikan fitur In-App Camera pada aplikasi-aplikasi tersebut. Jadi, mengambil foto langsung dari aplikasi tersebut, menjadi lebih baik, lebih cerah, dan lebih detail.

Samsung Galaxy S22+ 5G

Kemampuan Prosesor yang Meningkat Tajam

Sudah kita ketahui bersama bahwa Samsung Galaxy S22 Series 5G ini menggunakan prosesor terbaru Snapdragon 8 Gen 1. Dengan begitu, hal ini membuat Galaxy S22 Series 5G menjadi smartphone tercepat di lini S Series. 

Prosesor Snapdragon 8 Gen 1 buatan Qualcomm Technologies merupakan prosesor terbaru yang didesain khusus untuk mendukung smartphone-smartphone keluaran terbaru. Prosesor ini digunakan Galaxy S22 5G dan Galaxy S22+ 5G guna memberikan teknologi termutakhir pada 5G, AI, game, kamera, Wi-Fi, dan Bluetooth. Salah satu fitur yang ada di prosesor ini adalah Qualcomm FastConnect 6900 Connectivity System yang juga disematkan pada Samsung Galaxy S22 Series 5G. Teknologi ini memungkinkan konektivitas Wi-Fi yang lebih cepat, lebih andal, dan responsif. Selain itu, teknologi ini juga mendukung standar Bluetooth 5.2 terbaru untuk wireless audio berkualitas tinggi.

Dengan fabrikasi yang sudah mencapai 4nm, membuat banyak teknologi bisa diterapkan pada flagship Samsung ini. Apalagi di era 5G yang sudah mulai bergerak di Indonesia. Galaxy S22 5G dan Galaxy S22+ 5G bisa menjadi perangkat yang dapat mangantarkan banyak data dengan sangat cepat. Snapdragon 8 merupakan platform seluler 5G tercanggih dan merupakan solusi 5G modem-RF pertama di dunia yang mencapai kecepatan unduh 10 Gbps dan kecepatan unggah hingga 3,5 Gbps.

Snapdragon ini juga menggunakan GPU terbaru, yaitu Adreno 730, Paduan ini tentunya memberikan kinerja 30% lebih hemat daya dan lebih cepat dari generasi prosesor sebelumnya. Bahkan GPU Adreno 730 ini juga memberikan peningkatan rendering grafis sebesar 30%.

Didukung Teknologi Pengisian Baterai yang Lebih Kencang

Samsung telah meningkatkan kemampuan Galaxy S22 Plus dan S22 Ultra dengan dukungan pengisian daya hingga 45 watt. Ini berarti model S22 kelas atas menawarkan waktu pengisian daya yang lebih cepat dibandingkan S22 standar, serta jajaran Galaxy S21.

Dari segi kapasitas baterai, Galaxy S21 5G memiliki baterai 4.000 mAh. Memang lebih besar dibandingkan Galaxy S22 5G yang memiliki kapasitas baterai sebesar 3.700mAh. Namun, perlu diingat, ukuran Galaxy S22 5G lebih kecil dibandingkan S21 5G. Selain itu, penggunaan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 mampu menghemat daya secara signifikan. 

Dengan alasan-alasan di atas, tentunya kamu sudah sangat yakin dengan kemampuan Galaxy S22 Series 5G. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk mengganti Galaxy S21 Series 5G yang kamu miliki sekarang ke Galaxy S22 Series 5G yang lebih baru.  

 

Tags: , , ,


COMMENTS