September 22, 2022

Ishadi dan Desi Anwar, Dua Tokoh Inspiratif yang Menjadi Bagian dari Pameran 77PortraitAnakBangsa

Penulis: Desmal Andi
Ishadi dan Desi Anwar, Dua Tokoh Inspiratif yang Menjadi Bagian dari Pameran 77PortraitAnakBangsa  

Mobitekno – Saat ini, informasi begitu mudah didapat berkat kemajuan teknologi digital. Dan, media memiliki peranan penting bagi kemajuan Indonesia karena masyarakat dapat mengakses berbagai informasi dan berita terkini dari berbagai penjuru di dunia dengan cepat dan mudah.

Apabila dahulu informasi kebanyakan diperoleh dari media cetak, radio, dan televisi, kini platform berita telah berkembang luas melalui pemanfaatan internet. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, media cetak di Indonesia pun perlahan sudah beralih format digital. Begitu pula dengan televisi yang sebelumnya menggunakan penyiaran analog, kini telah berganti ke saluran TV digital.

Dunia media televisi di tanah air memunculkan sosok-sosok yang berkontribusi besar bagi kemajuan penyiaran. Ishadi Soetopo Kartosapoetro atau Ishadi S.K. juga adalah salah satunya. Pria kelahiran 30 April 1943 ini memulai kariernya sebagai seorang reporter di stasiun TVRI pada tahun 1967. Selama menggeluti dunia penyiaran media massa, Ishadi SK dikenal sebagai sosok yang berdedikasi tinggi untuk membuat berbagai inovasi dan pembaruan model penyiaran media. Salah satu warisan kerjanya adalah mengubah citra TVRI dari TV yang identik dengan pemberitaan pemerintah, menjadi TV yang juga memiliki program untuk menampilkan budaya, seni, dan film.

Lewat tangan dinginnya, Ishadi S.K. berhasil meluncurkan program-program unggulan ketika menangani Televisi Pendidikan Indonesia di tahun 1996-2001. Kemudian berlanjut pada tahun 2001 saat turut melahirkan serta membangun media Trans TV. Program ceriwis dan extravaganza adalah contoh karyanya yang disukai publik pada saat itu.

Dedikasinya yang luar biasa dalam penyiaran media massa itulah yang akhirnya menghantarkan Ishadi SK mendapatkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama dari Presiden Joko Widodo pada tahun 2021. Ishadi SK dianggap sebagai tokoh yang penting dan berjasa dalam penyiaran media di Indonesia.

Selain Ishadi SK, nama Desi Anwar juga merupakan salah satu sosok yang membawa perubahan di dunia penyiaran di Indonesia. Dengan pembawaannya yang dinilai kritis, Desi dikenal sebagai seorang news anchor terkemuka yang disenangi oleh masyarakat. Desi Anwar mengawali kariernya sejak tahun 1990, ia dipercaya untuk membawakan berita dalam berbagai program di RCTI dan MetroTV. Dalam salah satu programnya tersebut, Desi berkesempatan untuk bertemu dan melakukan wawancara dengan banyak tokoh kenamaan di dunia, di antaranya pemuka agama di Tibet Dalai Lama, Richard Branson, Richard Gere, George Soros, dan masih banyak tokoh kenamaan lainnya.

Hingga pada tahun 2015, Desi memutuskan untuk bergabung dengan CNN Indonesia dan menjabat sebagai senior news anchor sekaligus direktur. Di CNN, ia memiliki program talkshow sendiri yaitu ‘Insight with Desi Anwar’ yang sampai saat ini masih mengudara.

Desi Anwar SEQARA Communications
Desi Anwar

Terlahir dari pasangan akademisi dan ilmuwan membuat Desi Anwar memiliki banyak kemampuan. Lulusan dari Universitas Sussex di London, Inggris ini tidak hanya memiliki keahlian sebagai presenter di layar kaca, namun juga memiliki kemampuan dalam menulis dan menjadi kontributor majalah Tempo English dan The Jakarta Post.

Nama Ishadi SK dan Desi Anwar, mewakili puluhan tokoh lain yang juga memiliki kontribusi besar dalam memajukan Indonesia melalui dunia penyiaran. Hal ini menjadikan keduanya masuk ke dalam salah satu tokoh inspiratif pada kampanye OPPO #77PortraitAnakBangsa. Meneladani kisah inspiratif kedua tokoh di atas, teknologi sangatlah memegang peranan penting di perkembangan media massa mulai dari koran, radio, dan saat ini ke arah pengalaman audio visual seperti televisi. Berbagai program berita dan hiburan yang ada di TV saat ini bahkan bisa diakses di mana saja melalui gawai seperti smartphone.

OPPO Reno8 5G SEQARA Communications
OPPO Reno8 5G

Salah satu perangkat ponsel cerdas yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut adalah OPPO Reno8 5G. Perangkat “The Portrait Expert” memaksimalkan pengalaman menonton video dengan layar AMOLED 90Hz beresolusi FHD+. Layar berukuran 6,4 inci pada adalah OPPO Reno8 5G mampu menampilkan gerakan gambar yang halus dan tampilan lebih detail. Selain itu, layar tersebut juga telah memiliki sertifikat SGS Eye Care Display sehingga ramah di mata pengguna karena menghasilkan kurang dari 12,5% cahaya biru. Tak hanya itu, teknologi O1 Ultra Vision Engine juga hadir untuk meningkatkan setiap visual pada kejernihan dan warna dalam layar OPPO Reno8 5G, memberikan pengalaman terbaik saat menonton film atau berita di TV favorit.

Dari sisi konektivitas, OPPO Reno8 5G telah mendukung jaringan tercepat saat ini, yakni 5G. Jaringan ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan pengalaman yang sangat mulus dan lancar saat streaming atau berselancar di internet. OPPO juga menyematkan Super-Conductive VC Liquid Cooling System, sistem pendingin agar ponsel tetap dingin dan mulus bahkan saat beraktivitas dengan berat.

Tags: , , , , ,


COMMENTS