March 22, 2022

PLN, Swap Energi, Smoot dan Grab Keroyokan Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Penulis: Muhammad R
PLN, Swap Energi, Smoot dan Grab Keroyokan Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik  

Mobitekno – Smoot Motor, SWAP Energi, Grab dan PLN menjalin sinergi untuk membangun ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi di pasar otomotif Indonesia, guna mendukung rencana pemerintah dalam mengurangi emisi karbon sebanyak 41 persen pada 2030.

“Kerja sama ini merupakan langkah awal dari inovasi yang dapat diperluas dan dikembangkan guna saling memperkuat value dan manfaat bagi penguatan ekosistem kendaraan bermotor listrik di Indonesia,” ungkap Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN dalam sambutannya di Jakarta, Senin (21/3/2022).

Kerja sama yang dilakukan oleh keempat perusahaan diharapkan mampu menghasilkan kendaraan ramah lingkungan dengan harga terjangkau untuk digunakan masyarakat secara luas.

Dalam kolaborasi ini, produsen motor listrik Smooth Motor akan memenuhi kebutuhan kendaraan listrik yang nantinya digunakan pengendara Grab melalui varian Tempur.

Varian itu merupakan kendaraan listrik roda dua yang sudah dilengkapi sistem tukar baterai dari SWAP Energi. Driver Grab kini tidak perlu lagi melakukan proses pengisian baterai berjam-jam atau takut kehabisan baterai di jalan. Cukup tukar baterai di titik penukaran atau SWAP Poin terdekat untuk melanjutkan perjalanan.

SWAP juga telah menyediakan lebih dari 400 titik SWAP Poin yang telah tersebar melalui jaringan Alfamidi, Alfamart, dan Shell untuk area Jabodetabek.

Di Bali, puluhan SWAP Poin telah tersebar di berbagai titik strategis hasil kerjasama dengan Circle-K. SWAP Poin dapat dengan mudah ditemukan melalui Aplikasi SWAP Energi.

Founder dan CEO PT Smoot Motor Indonesia dan SWAP Energi Indonesia, Irwan Tjahaja mengatakan bahwa Smoot dan SWAP menyambut baik kolaborasi nyata dengan Grab dan PLN.

Selain untuk menemukan SWAP Poin terdekat, Aplikasi SWAP Energi yang terhubung ke Smoot Motor Listrik juga memiliki berbagai fitur seperti cek kondisi motor, booking baterai, hingga dapat mematikan motor dari jarak jauh sebagai salah satu sistem keamanan.

Sementara, President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, saat ini Grab sudah memiliki sekitar 8.500 kendaraan listrik yang digunakan sebagai armadanya yang didominasi sepeda motor.

Grab juga mengoperasikan kendaraan listrik dengan skema rental. Grab membeli motor listrik lalu menyewakannya kepada mitra pengemudi (driver ojek online) dengan sistem sewa per hari.

“Kami menargetkan menghadirkan total 14.000 armada kendaraan listrik pada akhir tahun ini,” ujar Ridzki Kramadibrata.

Melakukan kerja sama dengan PLN, SWAP Energi juga akan memperluas jaringan SWAP Poin dengan menambahkan semakin banyak lagi titik strategis untuk pemilik Motor Listrik Smoot dan kedepannya untuk merek motor listrik lainnya

Tags: , , , ,


COMMENTS