June 21, 2022

Review vivo T1 5G, Kinerja Turbo untuk Penggunaan Harian dengan Desain Kekinian

Penulis: Desmal Andi
Review vivo T1 5G, Kinerja Turbo untuk Penggunaan Harian dengan Desain Kekinian  

Mobitekno – Vivo T1 5G merupakan salah satu keluarga vivo T1 Series  5G yang diluncurkan pada April 2022. Satu varian lagi dalam keluarga ini adalah vivo T1 Pro 5G yang memiliki spesifikasi hardware lebih tinggi. Namun, bukan berarti varian vivo T1 5G memiliki kinerja yang lambat. Mengusung tagline “Get Set Turbo”, justru vivo Indonesia ingin menunjukkan bahwa kinerja vivo T1 5G sangat menjanjikan, terutama saat dibutuhkan untuk urusan fotografi.

Hadir dalam dua varian, yaitu 4GB+128GB dan 8GB+128GB, vivo T1 5G tentunya membawa segudang fitur yang menarik untuk diulas. Apalagi smartphone ini sudah sangat siap digunakan dalam jaringan 5G yang sudah bisa dirasakan di beberapa kota di Indonesia. Selain itu, berkat fitur-fitur yang ada di dalamnya, smartphone ini tidak hanya menawarkan kinerja andal, tetapi juga fleksibilitas dalam pengoperasiannya. Jadi, produk ini bisa diajak bermain, melihat hiburan, produktivitas, hingga bermain game.

Sungguh beruntung Mobitekno bisa merasakan keunggulan vivo T1 5G ini untuk beberapa minggu. Kami menggunakannya sehari-hari untuk menunjang pekerjaan kantor. Jadi, urusan membaca email, memfoto, membuat video, bermain game, hingga bermedia sosial, kami terapkan dalam pengujian ini. Hasilnya tidak mengecewakan untuk smartphone yang hadir di segmen menengah ini. Penasaran dengan ulasan kami? Berikut ini hasilnya.

IMG20220621070722
vivo T1 5G

Kelengkapan

Smartphone besutan vivo Indonesia ini hadir dalam paket kemasan berwarna putih. Setelah kami buka segel plastik yang mengamankan kotak kemasannya, kami buka, dan langsung terlihat smartphone dengan ukuran layar 6,58 inci ini.

Berikut ini isi kemasan vivo T1 5G:

  1.       Smartphone vivo T1 5G dengan opsi warna Rainbow Fantasy
  2.       Softcase transparan untuk melindungi bodi smartphone
  3.       SIM Card Ejector untuk memasukkan SIM Card dari operator
  4.       Kabel USB Type C untuk kabel data dan kabel charger
  5.       Adapter 18W FastCharge
  6.       Buku petunjuk singkat dan kartu garansi.
IMG20220621070839
Kelengkapan paket penjualan

Desain

Ada dua opsi warna yang disediakan vivo T1 5G dari vivo Indonesia ini. Selain Rainbow Fantasy yang kami uji, ada juga Starlight Black untuk pengguna yang lebih menyukai warna klasik. Namun, di opsi Rainbow Fantasy ini ada kelebihan yang bisa dirasakan pengguna, terutama pada bodi belakangnya. Jika terkena sinar matahari, akan terlihat warna-warni yang timbul di bagian belakang. Ini membuat vivo T1 5G terlihat lebih stylish.

IMG20220621070948
Rainbow Fantasy yang bikin bodi belakang terlihat penuh warna

Tampilan jernih juga terlihat dari bagian layar. Hal ini berkat penggunaan panel IPS LCD pada layarnya yang juga mendukung refresh rate 120Hz. Dengan begitu, akan sangat nyaman digunakan bermain game-game terkini. Sementara desain bodi sampingnya dibuat dengan desain flat, mengikuti tren yang ada pada saat ini. Untuk tampilannya sendiri, vivo T1 5G dibalut dengan teknologi turbo design, yaitu Slim Design dengan ketebalan 8.2 mm dan 2.5D Flat Frame yang dikombinasikan dengan Crystalline Matte dan bobot ringan 187gr. Teknologi ini akan membuat bodi ponsel bebas sidik jari, debu dan tahan goresan sehingga tetap nyaman saat digenggam, diletakkan, atau disimpan di saku atau tas.

Pada modul layarnya, vivo T1 5G mengusung kemampuan turbo screen berupa 6.58” FHD+ Colorful Screen (P3 Color Gamut). Layar secara efektif akan menyaring cahaya biru dan memastikan bahwa pengguna memiliki pengalaman menonton yang luar biasa tanpa merasakan ketegangan mata. Lewat kombinasi 100% P3 Color Gamut, tampilan layar akan tampak lebih halus, tingkat kontras warna serta kecerahan yang tinggi serta detail gambar lebih nyata.

Di atas layar, terdapat satu kamera selfie berkemampuan 16MP yang didukung teknologi AI Face Beauty serta Super Night Mode. Kamera selfie ini persis ada di tengah-tengah atas layar

Beralih ke sisi-sisi smartphone. Tombol power dan volume diletakkan pada sisi kanan. Tombol powernya berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Desain ini memudahkan banyak pengguna saat ingin mengakses smartphone atau membuka kunci layar. Sementara di sisi kiri, tidak ada satu pun tombol fungsi yang diletakkan di sana.

Kita menuju bagian bawah. Di sini vivo meletakkan port USB type C untuk akses charge dan pemindahan data dengan kabel data. Port USB type C ini diapit oleh port audio 3,5mm yang memudahkan pengguna untuk menggunakan headphone, lubang mikrofon, serta lubang speaker untuk memunculkan suara dari smartphone ini.

IMG20220621071221
Tray SIM Card di vivo T1 5G

Di bagian atas selain terdapat lubang kecil mikrofon, ada juga tray SIM Card untuk memasukkan kartu SIM Anda ke dalam smartphone ini. Desain tray yang ada mampu menampung dua kartu SIM dan juga kartu memori microSD yang bisa beroperasi secara berbarengan. Tidak ada tumpang-tindih lagi dalam tray ini.

Di sisi belakang, terdapat 50MP Night Camera. Total ada tiga kamera yang diletakkan dalam sebuah frame di atas kiri bagian belakang smartphone. Selain 50MP Night Camera, terdapat juga kamera bokeh 2MP dan kamera Super Macro 2MP yang dapat menangkap objek kecil hingga sedekat 4 cm.

IMG20220621071012
Triple camera di vivo T1 5G

Untuk menjaga suhu smartphone tetap terjaga dengan baik sehingga nyaman digunakan setiap waktu, vivo juga menyematkan teknologi Liquid Cooling di dalamnya. Ini adalah sistem pendingin yang dapat mengontrol suhu dan mengurangi masalah panas pada bodi smartphone hingga 10 derajat celcius, terutama saat smartphone sedang digunakan.

Teknologi Liquid Cooling ini dihadirkan untuk menyeimbangkan kinerja smartphone, memaksimalkan efisiensi dan stabilitas penggunaan smartphone. Dengan begitu, smartphone dapat melakukan berbagai aktivitas berat seperti membuka berbagai dokumen, aplikasi, bermain game, bahkan mampu digunakan untuk mendengarkan musik selama 121 jam, streaming YouTube 24 jam, dan bermain PUBG hingga 20 jam.

Fitur dan Performa

Berbicara mengenai fitur, yang pertama kami lihat tentu saja User Interface-nya. Karena dari sinilah, kemudahan mengakses fitur bisa dilakukan dengan mudah. Untuk vivo T1 5G ini sudah menggunakan Funtouch OS 12 berbasis sudah Android 12. Ini tentunya membawa keuntungan tersendiri bagi pengguna, terutama dalam pemanfaatan fitur-fitur Android terbaru dari Google.

Sebagai smartphone yang mengedepankan performa turbo, vivo T1 5G ditenagai teknologi turbo processor dengan injeksi chipset Dimensity 810 5G dengan fabrikasi 6nm yang dilengkapi koneksi Dual-on 5G. Teknologi ini mendukung jaringan 5G di kedua kartu SIM dan dapat meningkatkan kecepatan download maupun upload hingga 7x lebih cepat dari 4G dengan latensi yang lebih rendah.

Funtouch OS 12
Funtouch OS 12

Kemampuan prosesor ini masih ditemani dengan memori 8GB RAM.  Menariknya, ada tambahan memori 4GB dalam fitur Extended RAM. Dengan begitu, smartphone mampu menambah RAM hingga 12GB. Kapasitas RAM tambahan ini diambil dari memori internal yang tidak terpakai. Perluasan memori RAM hingga 4GB pada vivo T1 5G merupakan kapasitas ideal guna kelancaran penggunaan dan dapat menjalankan semakin banyak aplikasi hingga 25 aplikasi secara bersamaan tanpa lag.

Selain itu, guna memberikan pengalaman penggunaan yang kian sempurna, vivo T1 5G juga memiliki fitur Multi-Turbo 5.5 yang dapat mengoptimalkan penggunaan jaringan, panas, AI dan performa permainan game untuk dihidupkan dengan cepat.

Extended RAM dan Personalisasi
Extended RAM dan Personalisasi

Untuk sisi kamera, vivo menyematkan teknologi turbo camera pada kamera selfie. Teknologi ini ditemani oleh fitur AI Face Beauty serta Super Night Mode. Ini membuat kamera dapat memproses lebih banyak aspek pada foto. Objek foto pun akan tampak lebih detail, terutama pada suasana malam atau minim cahaya. Di kamera utama juga sama. Vivo menggunakan teknologi Turbo Camera agar kamera bisa menangkap lebih banyak detil pada setiap foto yang ditangkap. Di aplikasi kamera ini, vivo juga memberikan banyak mode untuk merekam foto atau video, seperti mode panorama, Live Photo, Slo-Mo, Time-Lapse, Pro, AR Stickers dan Documents.

Mode kamera
Mode kamera

Kedua kamera juga menggunakan Super Night Mode yang dioptimalkan dengan algoritma noise reduction dan frame merging untuk menangkap setiap momen di berbagai situasi cahaya dan menghasilkan gambar yang lebih murni dan lebih ekspresif. Selain itu masih ada fitur Dual-View Video yang memampukan kamera depan dan belakang merekam dua video secara bersamaan cocok untuk pengalaman vlogging yang lebih menyenangkan dan kreatif.

Sebagai smartphone yang hadir di tengah aktivitas manusia yang semakin digital, vivo T1 5G juga membawa teknologi NFC Multifunctions di dalamnya. NFC Multifunctions ini tidak hanya bisa digunakan untuk memeriksa saldo uang elektronik, tetapi juga bisa untuk menduplikasi kartu akses gedung atau ruangan.

NFC Multifunctions
NFC Multifunctions

Tidak hanya untuk mendukung pekerjaan harian, vivo T1 5G juga bisa digunakan untuk bermain game dengan nyaman. Apalagi vivo telah memberikan fitur Ultra Game Mode 2.0 yang akan memberikan pengalaman bermain game menjadi lebih lancar dan menyenangkan serta Jika mode game ini dinyalakan, untuk sementara waktu notifikasi tidak akan muncul pada layar ponsel sehingga tidak akan mengganggu aktivitas gaming pengguna.

Kami juga menguji smartphone ini dengan tiga aplikasi benchmark. Hasilnya sebagai berikut.

Dan ini hasil dari kamera vivo T1 5G:

Spesifikasi

Nama vivo T1 5G
Dimensi dan bobot 164 x 75.8 x 8.3 mm dan 187 gram
Layar 6,58 inci IPS LCD 120Hz
Resolusi Layar 1080 x 2408 pixels
Prosesor MediaTek Dimensity 810 5G
Memori 8GB + 128GB dengan extended RAM 4GB, ada juga opsi 4Gb +128GB
Kamera Utama 50MP Night Camera + 2MP Bokeh Camera + 2MP Super Macro Camera
Kamera Depan 16MP dengan AI Face Beauty serta Super Night Mode
Baterai 5,000mAh dengan dukungan 18W FastCharge
Fitur Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass, NFC Multifunctions, Bluetooth 5.1, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
Opsi warna Starlight Black, Rainbow Fantasy
Harga Rp 2.399.000 (varian 8GB+128GB), Rp 2.999.000 (varian 4GB+128GB)

Kesimpulan

Sesuai dengan tagline yang dibawa vivo Indonesia, yaitu “Get Set Turbo”, vivo T1 5G mampu menerjemahkan tagline tersebut dalam kinerjanya. Penggunaan harian yang cukup sering mengakses aplikasi, email, game, hingga media sosial, tetap terasa nyaman. Apalagi adanya sistem Liquid cooling di dalamnya yang mampu memangkas suhu hingga 10 persen saat smartphone digunakan, bisa membuat durasi baterai lebih awet. Padahal, teknologi 6nm pada Dimensity 810 5G juga sudah membuat smartphone lebih efisien dalam penggunaan daya.

IMG20220621071418
vivo T1 5G siap dengan jaringan 5G

Selain kecepatan, desain menjadi salah satu hal yang menarik dalam smartphone ini. Apalagi jika yang digunakan adalah varian Rainbow Fantasy. Anda bisa mendapatkan warna-warna yang menarik seperti pelangi di bodi belakang smartphone.

Tampaknya, vivo T1 5G memang dikembangkan untuk menjawab kebutuhan konsumen, terutama konsumen di Indonesia, yang membutuhkan kinerja andal dan tahan lama.

 

                                                                                                            

 

Tags: , , ,


COMMENTS