July 19, 2022

Bersiap Sambut Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4. Ini Bocoran Spesifikasi dan Tanggal Peluncurannya

Penulis: Iwan RS
Bersiap Sambut Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4. Ini Bocoran Spesifikasi dan Tanggal Peluncurannya  

Mobitekno – Acara penting Samsung di tahun ini, “Unpacked 2022” direncanakan akan digelar pada bulan Agustus. Menurut kabar yang beredar, setidaknya ada dua ponsel baru yang ditunggu kehadirannya di ajang tersebut. Keduanya adalah Samsung Galaxy Z Fold4 dan dan Z Flip4.

Spesifikasi Galaxy Z Fold4 sudah dibocorkan oleh leakster Yogesh Brar (@heyitsyogesh) yang selama ini cukup terbukti kebenarannya. Menurutnya, Z Fold4 kemungkinan besar akan memiliki desain dan teknologi charging, dan beberapa komponen internal yang sama dengan generai sebelumnya.

Z Fold4 kemungkinan akan datang dengan panel AMOLED 7,6 inci (QXGA+, 120Hz) dengan kamera di bawah layar (UD) 16MP. Teknologi panel masih sama meskipun kamera UD-nya telah ditingkatkan dari 3MP menjadi 16MP. Ada layar sekunder luar pada panel AMOLED HD+ 6,2 inci dengan kecepatan refresh 120Hz yang sekali lagi mirip dengan pendahulunya.

Untuk dapur pacu, ponsel Android 12 dengan interface OneUI ini akan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 yang menjadi salah satu aspek peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Chipset iini akan ditandem dengan RAM 12/16GB dan internal storage 256/512GB.

Galaxy Z Fold4 Z Flip4 03

Samsung juga melakukan minor upgrade di aspek fotografinya dengan kamerea utama/belakang 50MP (dari sebelumnya 12MP pada Z Fold3). Terdapat juga kamera ultrawide 12MP dan telefoto 12MP (zoom optik 3x). Ada pula kamera UD 16MP sebagai selfie di bagian utama dan kamera selfie 10MP pada panel sekundernya.

Selain bocoran spesifikasi, leakster lainnya, Evan Blass (@evleaks) juga mengungkap tanggal peluncuran kedua ponsel Galaxy yang unik tersebut.

Melalui akun Twitter@evleaks, Evan sempat mengunggah foto undangan Galaxy Unpacked 2022 yang akan digelar pada 10 Agustus mendatang. Sayangnya foto tersebut sudah “dicabut” karena alasan tertentu yang tidak dijelaskan secara detail.

Foto atau gambar yang dibagikan tidak menyebutkan ponsel Galaxy Z Fold 4 atau Galaxy Z Flip4, namun dari foto undangan tersebut dapat diketahui penampakan ponsel lipat berwarna lavender (lembayung atau ungu muda) yang efek blur.

Apabila dilihat dari frame dan pancaran cahaya dari layarnya, kuat dugaan kalau ponsel tersebut merupakan Galaxy Z Flip 4.

Galaxy Z Fold4 Z Flip4 02

Informasi yang dibagikan oleh Evan semakin diperkuat dengan laporan yang mengungkap bahwa Samsung akan mengusung tema Unfold Your World pada hajatan Galaxy Unpacked yang bakal digelar bulan depan.

Kabarnya, selain meluncurkan Galaxy Z Fold4 dan Galaxy Z Flip4, Samsung juga bakal memperkenalkan dua smartwatch terbarunya, Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro.

Seperti Fold4, Galaxy Z Flip4 juga akan mengandalkan chipset Snapdragon 8+ Gen 1, dan prediksi kombinasi RAM/storage 12/256GB. Ponsel ini akan dibekali layar utama Super AMOLED 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 120 Hz. Adapun untuk layar sekundernya juga menggunakan panel Super AMOLED dengan ukuran 2,1 inci.

Galaxy Z Flip 4 mungkin akan dilengkapi dengan modul kamera belakang ganda yang terdiri dari kamera utama 12 MP dan ultrawide 12 MP. Sedangkan bagian depannya akan menyematkan kamera selfie 10 MP.

Tags: , , , ,


COMMENTS