August 27, 2022

Ini Empat Inovasi yang Bikin Samsung Pimpin Teknologi Foldable Smartphone

Penulis: Desmal Andi
Ini Empat Inovasi yang Bikin Samsung Pimpin Teknologi Foldable Smartphone  

Mobitekno – Perlahan, smartphone dengan layar lipat semakin diminati. Inovasi layar yang membawa kemudahan dan kepraktisan dalam berkomunikasi ini membuat banyak orang tertarik untuk mencoba dan memilikinya. Laporan IDC mencatat bahwa pengapalan smartphone ponsel lipat mencapai 7,1 juta unit pada 2021, meningkat drastis sebesar 264,3% dibanding 2020 yang hanya 1,9 juta unit. Hal ini tidak terlepas dari teknologi perangkat ponsel lipat yang semakin canggih dan memberi kenyamanan lebih bagi pengguna. Dalam hal ini, Samsung sebagai pionir sekaligus pemimpin pasar ponsel lipat berperan besar dalam mentransformasi perangkat layar lipat, mengubahnya dari inovasi yang radikal menjadi smartphone yang semakin digemari di berbagai negara.

Sejak pertama kali meluncurkan Galaxy Z Series pada 2019 hingga kini hadir dengan Galaxy Z Flip4 5G dan Z Fold4 5G, Samsung telah membenamkan peningkatan signifikan di tiap aspek perangkat, mulai dari layar dan badan perangkat yang semakin kuat, baterai yang semakin awet, hingga kamera dengan hasil gambar yang semakin jernih. Hal tersebut pun merupakan hasil dari upaya Samsung yang terus mendengar masukan dari para pelanggan untuk menciptakan perangkat ponsel lipat yang memungkinkan penggunanya be greater dalam melakukan berbagai hal berkat interaksi yang seamless di tiap penggunaan perangkat.

Simak 4 kunci inovasi yang memperkuat kepemimpinan Samsung terhadap inovasi dan pengembangan smartphone foldable yang bisa ditemukan di Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G:

Inovasi Durability Jadikan Galaxy Z Fold4 dan Flip4 5G Lebih Kokoh

Lo Khing Seng, Head of MX Business Samsung Electronics Indonesia mengatakan, “Samsung menjamin bahwa Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G didesain dengan ketahanan tak tertandingi, jadi pengguna tak perlu ragu memakainya secara aktif dalam menunjang kesehariannya. Salah satu kuncinya terletak dari layar yang menggunakan Ultra Thin Glass yang dirancang dengan riset mendalam, teknologi terkini, serta proses dan uji coba yang ketat untuk menghadirkan perangkat foldable terbaik di industri. Hal tersebut pun dilengkapi dengan penggunaan Armor Aluminum dan Gorilla Glass Victus+ sebagai material paling kokoh di industri serta sertifikasi ketahanan air IPX8. Semua ini membuat Galaxy Z Series terbaru menjadi lini foldable paling durable yang pernah ada.”

20220811 142115
Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Ultra Thin Glass, sesuai namanya, benar-benar memiliki ukuran yang ramping dengan ketebalan hanya ⅓ dari rambut manusia. Dengan begitu, Ultra Thin Glass memiliki fleksibilitas tingkat tinggi yang membuat pengguna bisa lebih nyaman dalam melipat Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G. Tak hanya fleksibel, Ultra Thin Glass juga sangat tangguh. Lewat rangkaian tes yang ketat, termasuk uji tekukan dengan tingkat lengkungan yang ekstrem, layar Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G mampu tahan dilipat lebih dari 200.000 kali. Setiap unit Ultra Thin Glass telah melewati proses kimiawi dan pemanasan khusus untuk memastikan kualitas dan kekuatan dari layar Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G. Selain itu, Ultra Thin Glass juga telah dibekali dengan lapisan khusus serta dibentuk sedemikian rupa agar mendapatkan lapisan yang sleek dan tepian yang smooth demi menjamin ketahanan dari layar Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G.

Samsung pun menegaskan kekuatan daya tahan Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G melalui penggunaan dua material paling tangguh di industri, yaitu Armor Aluminum dari Samsung pada rangka bodi dan pelindung engsel serta Gorilla Glass Victus+ pada Cover Screen dan bodi belakang, sehingga perangkat lebih tahan dari goresan benda saat disimpan di dalam tas dan lebih kuat ketika terjatuh. Galaxy Z Flip4 5G dan Z Fold4 5G pun merupakan satu-satunya lini smartphone foldable yang memiliki sertifikasi IPX8, jadi perangkat akan tetap aman saat ketumpahan air minum, basah karena hujan, maupun tercebur.

Fitur kamera terbarukan untuk hasil konten yang lebih menyenangkan

Lo Khing Seng menjelaskan bahwa Samsung memahami pelanggan begitu menggemari desain clamshell yang compact dan iconic pada seri Galaxy Z Flip. “Maka dari itu, dalam mendesain Galaxy Z Flip4 5G, Samsung makin memaksimalkan form factor perangkat yang unik dengan fungsionalitas terbarukan sehingga pengguna bisa bikin konten dengan lebih mudah dan lebih nyaman. Pengguna bisa membuat konten multi-angle yang unik menggunakan FlexCam yang inovatif maupun dengan Cover Screen yang terintegrasi dengan Flex Mode. Kualitasnya pun terjamin berkat teknologi terkini yang ditanamkan pada Ultra Wide Camera 12MP dan Wide Camera 12MP di bagian Cover Screen serta Selfie Camera 10MP.”

Galaxy Z Flip4 5G hadir dengan fitur FlexCam yang memungkinkan pengguna merekam video layaknya menggunakan camcorder dan lebih leluasa mengambil foto cukup dengan melipat perangkat bebas di berbagai sudut lipatan untuk mendapatkan hasil konten multi-angle. FlexCam juga memungkinkan pengguna bikin konten secara hands-free dengan mudah–cukup atur sudut pelipatan perangkat, letakkan di permukaan datar dengan angle sesuai keinginan, lalu ambil foto atau video dengan gesture atau timer. FlexCam juga bisa digunakan di aplikasi Instagram yang membuat pengguna bisa lebih ekspresif dan kreatif saat bikin story hingga reels.

Pengalaman bikin konten yang unik juga bisa dirasakan melalui fitur Quick Shot pada Cover Screen yang telah diperbarui. Cukup ambil perangkat, lalu swipe Cover Screen untuk memilih pengambilan foto atau video, pengguna bisa bikin konten selfie dengan begitu praktis. Apalagi, kini pengguna bisa mendapatkan portrait selfie dengan efek blur yang lebih natural hingga melihat preview foto dan video dengan berbagai rasio tanpa membuka perangkat. Menariknya lagi, pengguna juga bisa merekam dengan kontinuitas yang seamless dari Quick Shot saat perangkat tertutup ke Flex Mode saat perangkat terbuka tanpa pause atau stop video–ideal untuk kamu yang mau bikin vlog.

Samsung turut meningkatkan teknologi kamera secara signifikan di Galaxy Z Flip4 5G berkat kehadiran sensor kamera flagship yang didukung performa pemrosesan gambar terbarukan dari Snapdragon 8+ Gen 1, prosesor terdepan di industri saat ini. Dengan begitu, Galaxy Z Flip4 5G mampu menghasilkan gambar yang 65% lebih cerah dibandingkan dengan Galaxy Z Flip3 5G. Galaxy Z Flip4 5G juga dilengkapi Nightography, fitur yang tidak tersedia di perangkat terdahulu, lengkap dengan kemampuan Super Night Resolution serta OIS dan VDIS yang ditingkatkan. Jadi, pengguna bisa mendapatkan foto dan video yang lebih tajam, lebih stabil, dan lebih jernih, baik siang maupun malam.

Desain lebih ramping, layar lebih lebar yang menjadikan Galaxy Z Series paling compact sampai saat ini

Galaxy Z Fold4 5G hadir sebagai Galaxy Z Fold paling ramping dan paling ringan sejauh ini berkat sistem engsel dan struktur lapisan layar terbaru yang lebih ringkas yang berkontribusi terhadap penurunan berat perangkat hingga 8 gram. Tidak hanya itu, Galaxy Z Fold4 5G juga hadir dengan bezel yang lebih tipis serta layar depan dengan ukuran 3mm lebih lapang. Samsung juga menghadirkan pengaturan piksel terbarukan yang lebih rapat hingga membuat Under Display Camera (UDC) pada layar dalam yang makin tersembunyi. Hal ini membuat pengguna bisa memegang perangkat dengan lebih nyaman dan menikmati konten favoritnya dengan lebih puas.

Galaxy Z Flip4 5G pun memiliki engsel yang lebih ramping, bobot yang lebih ringan, serta bezel yang lebih tipis dibanding generasi sebelumnya. Hal tersebut juga dilengkapi dengan tepi bodi yang diluruskan (boxy) serta bodi kaca beraksen hazed yang kontras dengan rangka metal yang glossy. Dengan begitu, pengguna bisa lebih nyaman dalam menggenggam perangkat dan lebih mudah menggunakan perangkat dengan satu tangan, khususnya saat perangkat dalam kondisi tertutup. Apalagi, Cover Screen Galaxy Z Flip4 5G juga 2,7 mm lebih lebar–tanpa peningkatan lebar keseluruhan perangkat–yang memudahkan pengguna melihat notifikasi hingga membalas pesan langsung dari Cover Screen.

“Terobosan Samsung dalam menciptakan desain smartphone foldable paling ringan, lebih ramping dan layar lebih lebar untuk menghadirkan Galaxy Z Series paling compact berangkat dari permintaan pelanggan akan ponsel lipat yang lebih ringan dan lebih nyaman digunakan. Maka dari itu, pembaruan desain pada Galaxy Z Series generasi keempat ini menjadi milestone penting bagi Samsung dalam memperkuat riset dan pengembangan perusahaan untuk menciptakan perangkat foldable yang semakin canggih ke depan,” ujar Lo Khing Seng menambahkan.

Lebih lanjut, Samsung turut menyediakan pilihan warna yang lebih kaya untuk Galaxy Z Flip4 5G Bespoke Edition, yaitu Black-Green-Green, Gold-Yellow-White, Silver-Navy-Navy, dan Silver-White-White. Ketiganya tersedia secara terbatas melalui pre-order sepanjang 10 Agustus–1 September 2022. Bertepatan dengan momen kemerdekaan Indonesia, Samsung Electronics Indonesia turut merilis Galaxy Z Flip4 5G Indonesia Bespoke Edition berwarna merah-putih seperti bendera Indonesia.

Galaxy for the Planet untuk dunia yang lebih berkelanjutan

Melalui inisiatif Galaxy for the Planet, Samsung berkomitmen untuk menjalankan proses manufaktur yang lebih berkelanjutan dalam memproduksi setiap perangkat buatannya. Komitmen tersebut pun diperkuat melalui kehadiran Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G.

Seri Galaxy Z terbaru menggunakan ocean-bound plastics seperti sisa jaring ikan pada berbagai komponen inti perangkat. Material tersebut dipilih karena sekitar 640.000 ton jaring ikan terabaikan di lautan setiap tahunnya, sehingga Samsung ingin berkontribusi nyata dalam mengurangi polusi tersebut dan dampak buruknya terhadap ekosistem bawah laut. Selain itu, kemasan Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G juga dibuat dari 100% kertas daur ulang, sama halnya dengan Galaxy S22 Series. Hal ini memungkinkan Samsung untuk menghindari penggunaan sekitar 51.000 pohon di tahun ini.

Selain itu, Galaxy Z Series terbaru juga memiliki volume kemasan hingga 58% lebih minim dibandingkan dengan foldable Galaxy generasi pertama. Dengan mengurangi volume kemasan perangkat, Samsung mampu mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dari pengiriman produk, baik itu lewat truk, pesawat, maupun kapal. Samsung memperkirakan, pada akhir 2022 mendatang, upaya ini mampu mengurangi sekitar 10.000 ton emisi karbon yang dapat dihasilkan dari pengapalan barang.

“Bagi Samsung, teknologi adalah sebuah kekuatan untuk melakukan kebaikan yang besar dan menciptakan dunia yang lebih baik. Maka dari itu, Samsung berkomitmen untuk senantiasa menempatkan keberlanjutan sebagai pusat inovasi perusahaan, dan inisiatif Galaxy for the Planet menjadi ujung tombak kami dalam menjalankannya. Dari merancang, memproduksi, hingga mendaur ulang material, Samsung akan terus mengutamakan keberlanjutan di seluruh siklus hidup produk untuk kebaikan planet Bumi kita tercinta dan membuat setiap penggunanya lebih peduli terhadap lingkungan,” kata Lo Khing Seng menutup.

Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4 5G ditawarkan dengan lebih terjangkau dengan peningkatan hardware dan fitur walaupun di tengah isu kelangkaan dan kenaikan harga chipset. Galaxy Z Flip4 5G hadir dengan fitur yang lebih memukau dan harga yang lebih terjangkau, yaitu mulai dari Rp 13.999.000, yang turun dari harga peluncuran Galaxy Z Flip3 5G sebesar Rp14.999.000. Galaxy Z Fold4 5G hadir dengan peningkatan performa tanpa peningkatan harga, di mana banderolnya sama dengan Galaxy Z Fold3 5G saat diluncurkan, yaitu mulai dari Rp24.999.000.

Tags: , , ,


COMMENTS