October 18, 2022

Natuna Digital Island, Dukungan DANA untuk Digitalisasi dan Inklusi Keuangan di Kepulauan Natuna

Penulis: Iwan RS
Natuna Digital Island, Dukungan DANA untuk Digitalisasi dan Inklusi Keuangan di Kepulauan Natuna  

Mobitekno – Meskipun masuk kategori daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), semangat kemandirian masyarakat di Kepulauan Natuna dalam berbagai sektor sudah diakui banyak pihak. Hal ini pula yang mengundang banyak pihak, termasuk dompet digital DANA yang memperluas akses layanan keuangan digitalnya di Kepulauan yang masuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau tersebut.

Kepulauan Natuna yang diklaim memiliki cadangan gas alam terbesar di kawasan Asia Pasifik ini juga berada di posis yang strategis karena menjadi salah satu gerbang utama Indonesia ke negara Asia Tenggara dan negara Asia lainnya, seperti Cina, Hongkong, Korea, dan Jepang.

Berkembangnya industri sumber daya alam, kelautan, dan pariwisata membuat aktivitas perdagangan di Natuna terus meningkat dari tahun ke tahun. Potensi ini ikut mempengaruhi bertumbuhnya kewirausahaan di Kepulauan Natuna yang kini mencapai lebih dari 5.650 UMKM pada tahun 2021.

DANA sudah mengantisipasi pertumbuhan ini dengan bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Natuna untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat dengan memfasilitasi transaksi nontunai di aplikasi NatunaMart melalui QRIS sejak tahun lalu.

DANA di Natuna 03

Kepulauan Natuna terus mengembangkan dirinya dengan menghadirkan inovasi masyarakat lokal melalui NatunaMart hingga mengadopsi sistem pembayaran QRIS. DANA yang turut memberdayakan lebih dari 500 ribu UMKM mitra DANA Bisnis, juga berpartisipasi aktif dalam memperluas akses layanan keuangan digital di Kepulauan Natuna selama setahun terakhir.

Untuk menegaskan dukungannya di Natuna, DANA menginisiasi sekaligus mempersiapkan Kepulauan Natuna menjadi Kepulauan Digital lewat pencanangan Natuna Digital Islands pada 16 Oktober 2022.

Inisiatif DANA untuk memberdayakan Kepulauan Natuna lewat teknologi yang inklusif juga didukung segenap pemangku kepentingan daerah dan pusat. Pencanangan yang berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH), Pantai Piwang, Kabupaten Natuna, ini dihadiri oleh Pemda Kabupaten Natuna dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta dan segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kabupaten Natuna.

Hadir juga jajaran dari Bank Indonesia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan Kementerian Koordinasi Bidang Maritim dan Investasi.

Bupati Kabupaten Natuna, Wan Siswandi mengatakan, “Kehadiran DANA di Natuna juga merupakan indikator majunya Kabupaten Natuna dengan mengoptimalkan era digital untuk transaksi keuangan, baik untuk transfer, maupun jual beli barang.”

Keunikan dari ekosistem digital di pulau terdepan ini dibuktikan dengan munculnya startup lokal besutan putra-putri daerah Natuna yang dikenal dengan NatunaMart. Mengamini kemajuan ini, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, M. Riza Damanik berharap makin banyak UMKM yang dapat go digital sesuai dengan kearifan lokal.

DANA di Natuna 02

Senada dengan semangat digitalisasi dan inklusi keuangan, Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) Bank Indonesia, Dudi Dermawan mengapresiasi gerakan nontunai yang dilakukan oleh DANA dan menggandeng pelaku lokal, guna terus mensosialisasikan penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran unggulan bagi UMKM.

Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy DANA Indonesia berharap kolaborasi sinergi ini juga dapat diperluas ke wilayah-wilayah lain di Indonesia dan memberikan bukti bahwa digitalisasi menjadi kunci pertumbuhan ekonomi lokal ke depannya.

DANA menyiapkan beberapa program menarik untuk meningkatkan adopsi sekaligus mengedukasi manfaat dompet digital. Selain memberikan wadah bagi Jurangan UMKM DANA (UMKM yang telah mendapat pendampingan digitalisasi dan wirausaha dari DANA) untuk memperlihatkan produk kuliner terpilih dalam ‘Pojok Kuliner Rakyat’, DANA juga menyiapkan penghargaan khusus bagi 10 UMKM NatunaMart dan 3 Driver NatunaMart Teratas.

Agar Natuna Digital Islands bisa berkelanjutan, DANA juga merangkul Smartfren sebagai mitra telekomunikasi. Lewat kolaborasi ini, DANA optimistis mampu mewujudkan kemandirian bagi masyarakat Kepulauan Natuna dan menggerakkan pertumbuhan perekonomian lokal maupun nasional. Sehingga kessuksesan di Natuna dapat diaplikasikan ke daerah-daerah 3T lainnya.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS