October 18, 2022

Analis Prediksi Apple akan Luncurkan Foldable iPad di Tahun 2024. Ini Alasannya

Penulis: Iwan RS
Analis Prediksi Apple akan Luncurkan Foldable iPad di Tahun 2024. Ini Alasannya  

Mobitekno – Rumor tentang Apple akan mengembangkan produk dengan layar lipat sudah cukup lama beredar. Sejak 2019 lalu, salah satu produk yang disebut bakal mengadopsi konsep layar lipat adalah Apple iPad. Apabila iPad yang menjadi produk Apple pertama yang mengadopsi layar lipat berarti langkah ini berbeda dari Samsung yang mengawali layar lipat pada smartphone.

Menurut Ben Wood, analis CCS Insight, dalam wawancara di CNBC, Apple diprediksi akan merilis foldable iPad pada tahun 2024 dibandingkan harus menerapkan konsep layar lipatnya terlebih dulu di produk terlarisnya, iPhone.

Menurut Wood, foldable iPhone dianggap kurang masuk akal bagi Apple karena faktor biaya yang tinggi dan mengganggu tatanan produk iPhone yang ada di pasar saat ini. Apabila Apple mengikuti tren pasar dan merilis foldable iPhone, harga produknya akan mahal atau berkisar US$2500 (sekitar 39 juta) dan dapat menggangu pasar iPhone standar (non-lipat). Bandingkan dengan harga iPhone 14 Pro Max tertinggi saat ini yang berkisar US$ 1,599 (sekitar Rp 25 juta).

Apple Foldable iPad 01

Menurut kesimpulan Wood, produk foldable iPhone akan membawa risiko yang lebih tinggi bagi Apple jika diluncurkan di pasar nanti. Analisis Wood masuk akal karena akan lebih aman bagi Apple untuk memulai adopsi layar lipat bukan pada produk yang paling utama, signifikan, dan masif seperti iPhone. Untuk layarnya, Apple kemungkinan akan mengandalkan mitra produsen layarnya selama ini, yakni Samsung dan LG.

Berbeda dari produsen lainnya yang menerapkan teknologi layar lipat pertamanya pada smartphone, Apple menjadi sedikit atau bahkan satu-satunya produsen yang mengawali teknologi ini pada produk tablet. Ini menjadi respons Apple yang paling ‘aman risiko’ terhadap tren layar lipat yang dianggap sudah terjadi (happening).

Untuk menjawab tren teknologi layar lipat, Apple tampaknya ingin melakukan strategi yang berbeda, seperti yang selalu dilakukannya selama ini. Apabila Samsung sudah dikenal luas sebagai pelopor foldable smartphone, Apple boleh jadi ingin dikenal juga sebagai peloper foldable tablet, dengan catatan Samsung tidak menyalip Apple dengan menghadirkan tablet lipat terlebih dahulu.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS