January 16, 2022

Pasar PC Global 2021: Lenovo Tetap Juara, Apple Bertumbuh Paling Besar

Penulis: Iwan RS
Pasar PC Global 2021: Lenovo Tetap Juara, Apple Bertumbuh Paling Besar  

Mobitekno – Pandemi global telah berdampak signifikan pada permintaan besar untuk PC, notebook, dan sejenisnya karena mayoritas warga yang terpaksa harus mengurangi mobilitasnya untuk berbagai aktivitas di luar demi alasan kesehatan.

Seperti yang sudah diprediksi banyak pihak, penjualan PC secara global mencatat kenaikan, terutama jika dibandingkan penjualan PC pada dekade sebelumnya yang banyak tergerus oleh gencarnya penjualan smartphone.

Tren kenaikan penjualan sebenarnya sudah mulai terlihat di tahun 2020 dan dilanjutklan tahun 2021. Pandemi membuat para pekerja profesional, pelajar, mahasiswa hingga pengguna PC lainnya harus beradaptasi dengan cara bekerja dan belajar baru dengan menggunakan perangkat PC yang lebih baik sehingga mendorong meningkatknya pembelian di pasar.

Sedikit catatan, pertumbuhan cukup terlihat di segmen desktop karena adanya keterbatasan rantai pasokan semikonduktor untuk komponen notebook. Laporan IDC mengungkapkan bahwa tahun lalu, produsen PC setidaknya berhasl menjual setidaknya 348,8 juta unit. Kenaikannya tidak kurang dari 14,8 persen dari tahun sebelumnya, meski penjualan PC sebenarnya sudah mulai meningkat sejak pandemi dua tahun lalu.

Menurut analisis IDC, Lenovo menjadi produsen yang paling banyak menjual PC tahun lalu dengan raihan 81,9 juta unit dan tumbuh 14,1 persen dibandingkan tahun 2020. Produsen lainnya, HP berada di urutan kedua dengan penjualan 74,1 juta unit, diikuti oleh Dell, Apple, dan Acer. Menariknya, Apple yang menjadi raja di dunia smartphone menjadi produsen PC yang mencatatkan pertumbuhan penjualan terbesar (22,1 persen).

Menurut Tom Mainelli, VP Device & Consumer Research IDC, penjualan tahun 2021 sebenarnya masih dapat lebih tinggi tapi sedikit terhambat karena dihadapkan akan situasi dan kondisi logistik yang menantang serta ditambah dengan masih berlangsungnya masalah rantai pasokan komponen.

“Kami menutup tahun dengan masih banyaknya pembeli yang menunggu pesanan PC mereka untuk dikirim. Saat kami melewati paruh pertama tahun ini, kami memperkirakan pasokan akan tetap terbatas, terutama yang berkaitan dengan segmen komersial yang permintaannya paling kuat,” tambah Tom

Meski pada kuartal terakhir 2021 beberapa produsen mengalami penuruan dibandingkan tahun 2020 (YoY), Apple masih tetap moncer kinerja penjualannya pada periode tersebut dengan raihan penjualan 7,6 juta unit atau naik sekitar 8,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Tags: , , ,


COMMENTS