July 15, 2022

Dukung FEKDI 2022 di Bali, Dompet Digital DANA Edukasi Mudahnya Bertransaksi Digital ke Delegasi G20

Penulis: Iwan RS
Dukung FEKDI 2022 di Bali, Dompet Digital DANA Edukasi Mudahnya Bertransaksi Digital ke Delegasi G20  

Mobitekno – DANA turut berpastisipasi di ajang Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 yang berlangsung di Bali (11 – 15 Juli 2022 dengan memfasilitasi para delegasi G20 dalam bertransaksi digital dengan dompet digital DANA dan memaparkan keterlibatannya dalam implementasi SNAP Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) dari Bank Indonesia.

Pemaparan tersebut disampaikan lebih mendalam lewat ‘Casual Talk: Acceleration of Digital Innovation Through the Implementation of Payment Integration’ yang dibawakan langsung oleh Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia. DANA bersama dengan Timothy Utama, Direktur Informasi Teknologi Bank Mandiri (Persero); Batara Sianturi, Ketua Umum Persatuan Bank-Bank Internasional Indonesia (PERBINA); dan Leontinus Alpha Edison, Co-Founder and Vice Chairman, Tokopedia memaparkan peran industri dalam penerapan SNAP untuk mendukung ekonomi keuangan digital dan inklusi keuangan.

Selaras dengan tema G20 Indonesia 2022, “Recover Together, Recover Stronger”, ekonomi sistem pembayaran menjadi salah satu sorotan utama yang perlu dikedepankan dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi. Kehadiran sistem pembayaran khususnya digital mampu berperan serta dalam memberikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif, salah satunya dengan penerapan SNAP yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia mengatakan bahwa DANA melihat pentingnya implementasi SNAP Open API dari BI (BI SNAP) standar pembayaran yang efisien dan mendukung kemudahan berkolaborasi.

“SNAP bagaikan Bahasa Indonesia yang mempersatukan kita semua, sehingga kita dapat saling berkomunikasi dengan mudahnya,” ujar Vince.

DANA di FEKDI 2022 02

Saat ini, produk Open API Pembayaran DANA telah disetuji BI yang artinya DANA telah berhasil menerapkan 100% SNAP untuk mempertajam model bisnis DANA sebagai ekosistem terbuka dalam berkolaborasi dengan pihak lain dalam peningkatan inklusi keuangan.

Keterlibatan DANA dalam penerapan SNAP Open API diawali dengan menggandeng pelaku industri pembayaran lainnya, seperti BRI, BCA dan Bukalapak.

Dalam jangka panjang, DANA juga akan aktif memberikan dampak terkait perluasan akses untuk mengintegrasikan berbagai layanan keuangan digital yang diperkuat dengan perlindungan keamanan pengguna.

“Setelah menerapkan QRIS dan SNAP, kami akan terus mendukung berbagai kebijakan Pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional dan mempercepat literasi dan inklusi keuangan Indonesia. Salah satu wujud nyata lainnya, beberapa waktu lalu, DANA juga ikut berpartisipasi dalam proyek uji coba QRIS Crossborder yang bertujuan untuk meningkatkan adopsi transaksi lintas-batas dan memudahkan pembayaran di mana pun. Tentunya, kami menantikan inovasi dan kolaborasi lainnya dengan berbagai ekosistem ekonomi digital,” tutup Vince.

FEKDI 2022 merupakan ajang etalase inovasi produk dan layanan serta sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan digital yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia dan Kementerian Perekonomian dengan didukung oleh Kementerian-Lembaga dan industri, guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Sinergi tersebut diperkuat dengan komitmen bersama melalui peluncuran Gerakan Sinergi Nasional Ekonomi dan Keuangan Digital. FEKDI juga merupakan bagian dari rangkaian G20 Finance Track: Finance and Central Bank Deputies (FCBD) dan 3rd Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (FMCBG)

Tags: , , , , ,


COMMENTS