February 15, 2022

Kelar Akuisisi Xilinx dengan Estimasi Nilai US$50 Miliar, AMD Perkuat Posisi di Komputasi Data Center

Penulis: Iwan RS
Kelar Akuisisi Xilinx dengan Estimasi Nilai US$50 Miliar, AMD Perkuat Posisi di Komputasi Data Center  

Mobitekno – Pada tahun 2020, AMD mengumumkan rencana akuisisi Xilinx dengan membeli semua saham perusahaan perintis FPGA (Field Programmable Gate Array) di dunia semikonduktor tersebut. Kesepakatan akhirnya dicapai minggu lalu dan AMD akhirnya resmi menjadikan Xilinx sebagai bagian dari perusahaannya.

Pada saat pengumuman akuisisi, kesepakatan bernilai sekitar US$ 35 miliar, tetapi harga saham AMD telah meningkat sejak saat itu, membuat nilai pembelian Xilinx menjadi lebih berharga. Menurut informasi terbaru dari Reuters, AMD akhirnya menutup kesepakatan pembelian Xilinx dengan nilai sekitar US$50 miliar. Nilai akusisi ini dianggap menjadi salah satu tertinggi dalam industri semikondiuktor selama ini.

Setelah Xilinx resmi bergabung, AMD semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu pemimpin dalam pasar high-performance dan adaptive computing sekaligus memperluas portofolio produknya.

Berbicara tentang selesainya proses akuisisi, CEO AMD, Lisa Su, mengatakan bahwa akuisisi Xilinx menyatukan serangkaian produk, pelanggan, dan pasar yang saling melengkapi yang dikombinasikan dengan diferensiasi Intellectual Property (kekayaan intelektual) dan talenta kelas dunia untuk mebawa AMD sebagai pemimpin dalam high-performance dan adaptive computing di industri.

Xilinx yang memiliki keunggulan di sektopr infrastruktur operator, otomotif, dan kedirgantaraan akan membantu diversifikasi produk AMD, dan memperluas eksistensi AMD di sektor data center. Teknologi Xlilinx FPGA akan menambah ‘amunisi’ komputasi AMD di teknologi CPU dan GPU yang di industri PC dan data center. Industri yang makin dirasakan penting sejak banyak orang ‘dipaksa’ bekerja di rumah sejak pandemi.

Dengan Xilinx, AMD akan semakin meningkatkan kehadirannya di pasar semikonduktor dengan menawarkan berbagai solusi FPGA, SOM (System on a Module), SoC, ACAP (Adaptive Compute Acceleration Platform), akselerator, dan perangkat lunak untuk berbagai industri. Diperkirakan, nilai Total Addressable Market (TAM) AMD akan meningkat menjadi sekitar US$ 135 miliar.

Tags: , , , , ,


COMMENTS