September 14, 2022

Dukung Program Surabaya Safe City, SPC Sediakan 2.000 Kamera CCTV dan Solusi Keamanan Pintar

Penulis: Desmal Andi
Dukung Program Surabaya Safe City, SPC Sediakan 2.000 Kamera CCTV dan Solusi Keamanan Pintar  

Mobitekno – Di tengah era digital seperti saat ini, smart & safe city atau kota pintar yang aman menjadi perhatian banyak pihak pada sebuah negara. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang mendukung kehadiran ekosistem pintar dalam sebuah kota tersebut. Salah satunya seperti PT SUPERTONE (SPC). Baru-baru ini, perusahaan ini ditunjuk oleh Diskominfo Surabaya untuk menyediakan 2.000 Kamera CCTV yang tersebar di 485 RW kota Surabaya. Sistem CCTV ini berfungsi sebagai pengawasan kota dan juga akan menjadi sumber raw metadata untuk analisis lanjut yang mendukung terselenggaranya smart & safe city. Produk CCTV SPC akan dipasang melalui dua  pemenang lelang yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surabaya, yaitu PT Prima Tekno Integra dan CV Indo Sukses Mandiri. Proyek ini diharapkan dapat tuntas dan akan secara efektif beroperasi mulai November 2022.

“Kami bangga bisa menjadi bagian dari pembangunan kota Surabaya sekaligus mewakili industri CCTV lokal untuk menggarisbawahi kemampuan kami dalam melayani permintaan skala nasional, mulai dari segi teknis, inovasi, hingga komitmen dalam eksekusi,” ujar Raymond Tedjokusumo, Direktur PT Supertone.

“SPC senantiasa melibatkan talenta dan sumber daya lokal dalam mengembangkan inovasi dan keunggulan produknya untuk bersaing dengan produk impor”.

Keunggulan CCTV SPC untuk kota Surabaya tak hanya dari segi kualitas gambar yang ditangkap. Dari sisi perangkat NVR ( Network Video Recoreder ) SPC juga mendukung koneksi jaringan ke pusat pengendali dengan metode Cloud Access, Port Forwarding, dan VPN Client.

WhatsApp Image 2022 09 14 at 4.19.12 PM
SPC dukung smart & safe city kota Surabaya

Setelah terpasang, perangkat CCTV SPC akan menyediakan live video maupun rekaman video, yang akan digunakan untuk deteksi kejadian khusus seperti genangan air, tumpukan sampah, kemacetan menggunakan software Video Content Analytic dari pihak ketiga.

Pengadaan tender CCTV bersyarat TKDN ini terbukti memberi nilai positif bagi para perusahaan yang patuh, seperti Supertone. Dengan adanya proyek CCTV untuk Kota Surabaya sendiri, PT Supertone mampu membuka lapangan kerja bagi tenaga ahli dalam negeri, yaitu 200 operator di pabrik pembuatan CCTV. Divisi Riset dan Pengembangan PT Supertone pun turut bertumbuh dua kali lipat.

Surabaya memang sedang menyempurnakan pembangunan Safe City dan membutuhkan mitra solusi keamanan yang tak hanya memiliki kepiawaian dalam teknologi, tetapi juga memenuhi syarat minimum Nilai TKDN dan bmp di angka 40% yang diwajibkan pemerintah pusat. PT Supertone sendiri adalah produsen CCTV lokal pertama yang memperoleh sertifikasi TKDN, dan untuk CCTV SPC sendiri sudah memiliki total Nilai TKDN dan bmp di atas 40%. Di samping itu, CCTV SPC menjadi solusi bagi diskominfo Surabaya yang sempat melakukan tender ulang proyek karena mayoritas produk yang ditawarkan belum sesuai standar kebutuhan.

Tags: , , ,


COMMENTS