July 17, 2023

Integrasikan 229 Aplikasi ke JSS, Diskominfosan Yogyakarta Implementasi Nutanix Cloud Platform

Penulis: Rizki R
Integrasikan 229 Aplikasi ke JSS, Diskominfosan Yogyakarta Implementasi Nutanix Cloud Platform  

Mobitekno – Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta menjalankan transformasi layanan publiknya dengan mengadopsi teknologi Nutanix Cloud Platform. Berkat kemampuannya, Diskominfosan telah mengintegrasikan seluruhnya 229 aplikasi pemerintah ke dalam platform Jogja Smart Service (JSS).

Tentunya, upaya ini untuk meningkatkan penyediaan dan transparansi layanan publik untuk lebih dari 217.000 pengguna JSS.

Nutanix sebagai pemimpin dalam komputasi hybrid multicloud membantu implementasi e-government dalam pemerintahan Kota Yogyakarta. Diskominfosan, sebagai motor dibalik transformasi digital ini, memilih Nutanix sebagai mitra strategis untuk memudahkan operasional dan meningkatkan performa aplikasi JSS.

Ignatius Trihastono, S.Sos, MM, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, menerangkan bahwa platform Nutanix menyediakan skalabilitas dan efisiensi yang dibutuhkan untuk keseluruhan rencana dan blue map.

“Harapannya adalah bahwa aplikasi JSS dan program Smart City Kota Yogyakarta dapat menjadi contoh implementasi e-government, menyesuaikan dengan regulasi. Kecepatan dan fleksibilitas teknologi Nutanix juga sangat membantu dalam penguatan ekosistem digital kota, yang mampu mendorong terwujudnya ekonomi digital,” ucap Ignatius dalam siaran resmi yang diterima redaksi Mobitekno di Jakarta, Senin (17/7).

Diskominfosan Nutanix

Tantangan yang Dihadapi Diskominfosan

telah berhasil mengadopsi model DevOps dengan memanfaatkan Microservices dan Kubernetes dalam Nutanix Kubernetes Engine, yang hasilnya berupa peningkatan efisiensi, fleksibilitas dan kolaborasi. Menurut Diskominfosan, hilangnya pengkotak-kotakan (silo) di antara tim membuat waktu respon aplikasi meningkat, menjadi kurang dari 5 detik.

Implementasi Nutanix juga mengurangi 80% jam kerja IT dan biaya operasional IT keseluruhan berkurang sebesar 50%. Dengan sistem yang kini sebagian besar sudah terotomatisasi, tim Diskominfosan dapat mengalokasikan waktu dan sumber daya mereka secara lebih efektif.

Terlebih lagi, Nutanix telah membantu memastikan bahwa informasi dan layanan JSS tersedia sepanjang waktu, bahkan ketika penggunaan mencapai puncaknya, tanpa perlu khawatir dengan kehandalan infrastrukturnya.

Sebelum menunjuk Nutanix, Diskominfosan menghadapi berbagai tantangan yang disebabkan oleh sistem IT yang terkotak-kotak/terfragmentasi dan kerumitan dalam pengelolaan data set yang besar di seluruh server fisik. Nutanix menyediakan solusi optimal dengan menawarkan infrastruktur hiper-konvergen yang menyederhanakan operasional, meningkatkan agility dan memungkinkan pengembangan aplikasi yang lebih cepat melalui pemanfaatan DevOps.

Han Chon, Managing Director SEATHK Nutanix, mengucapkan rasa bangga, karena telah memainkan peran penting dalam mendorong perjalanan transformasi digital Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Kemitraan kami dengan Diskominfosan memberikan contoh mengenai bagaimana kekuatan teknologi dapat mendorong perubahan yang berdampak pada sektor publik dan membentuk ekosistem smart society. Kami tetap berkomitmen untuk mendukung visi Pemerintah Kota Yogyakarta dan mengharapkan inovasi lebih lanjut serta kesuksesan bersama,” ujar Han Chon.

Perangkat daerah pemerintah daerah ini tetap berkomitmen terhadap inovasi dan kolaborasi lebih lanjut dengan Nutanix untuk memajukan program Smart City di Yogyakarta. Rencana di masa mendatang antara lain adalah implementasi solusi-solusi tambahan dari Nutanix, seperti Nutanix Files Storage, yang akan meningkatkan tata kelola keamanan dan resiliensi data yang tersentralisasi.

Tags: , , , , ,


COMMENTS