October 13, 2022

Indosat Kembali Dukung UMKM Lokal agar Bisa #BeraniJadiBesar Melalui Platform Indosat Digital Ecosystem

Penulis: Desmal Andi
Indosat Kembali Dukung UMKM Lokal agar Bisa #BeraniJadiBesar Melalui Platform Indosat Digital Ecosystem  

Mobitekno – Peran UMKM dalam mendorong laju ekonomi negara, terutama masa pasca pandemi, begitu terasa dampaknya. Mereka inilah yang terus berusaha untuk menjalankan roda bisnisnya dengan penuh semangat. Melihat hal ini, tidak heran Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) tergerak untuk membantu mereka dengan menyediakan berbagai hal yang memudahkan UMKM dalam melakukan bisnisnya, terutama dalam mendapatkan ide bisnis hingga bagaimana menempatkan target pasar, agar hasilnya bisa sesuai dengan ekspektasi. Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui Indosat Business pun menghadirkan platform digital untuk membantu mereka, yaitu Indosat Digital Ecosystem (IDE).

IDE yang diluncurkan pada 13 Oktober 2022 ini ditujukan bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar mereka bisa mendapatkan akses komunitas dan solusi kelas enterprise untuk mendukung transformasi digital UMKM di Indonesia.

“IDE menawarkan platform digital terintegrasi untuk mengakses teknologi yang dibuat khusus UMKM sehingga memungkinkan mereka menjalankan bisnisnya dengan lebih baik melalui hyperlocal insight, literasi digital, dan pasar untuk mengakses produk teknologi,” ujar Bayu Hanantasena, Chief Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

“Sampai saat ini, UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Bahkan, 97 persen dari pelaku usaha lokal adalah UKM,” lanjut Bayu.

Menurut catatan dari Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia, saat ini pemerintah menargetkan 30 juta UKM sudah bisa menggunakan platform digital untuk bisnisnya di tahun 2024. Ada sekitar 65,1 juta pelaku UKM yang terus bertambah imbas dari pandemi Covid-19. Dari seluruh pelaku UKM tersebut, 20,24 juta sudah menggunakan platform digital.

“Akses digital sendiri tidak hanya dibutuhkan untuk pasar, tetapi juga dibutuhkan bisnis dari hulu hingga hilir. Ekonomi digital Indonesia sendiri diprediksi akan mencapai angka 4531 triliun pada tahun 2030. Ini potensi terbesar di Asia Tenggara,” kata Cristina Agustin, Asisten Deputi teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha, Deputi kewirausahaan, kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Cristina juga menambahkan ada tujuh aspek level transformasi digital yang menjadi fokus pemerintah saat ini, yaitu:

  1.       Digitalisasi akses pasar
  2.       Digitalisasi pemantauan kualitas produksi
  3.       Digitalisasi keuangan dan pembiayaan
  4.       Digitalisasi manajemen organisasi
  5.       Digitalisasi kapasitas produksi
  6.       Digitalisasi pemasok (supplier), dan
  7.       Digitalisasi distribusi.
20221013 095254
Peluncuran IDE #BeraniJadiBesar

Hadirnya platform digital untuk para pelaku UMKM Indonesia ini juga sejalan dengan tujuan IOH yang lebih besar, yaitu menghubungkan dan memberdayakan masyararakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa, agar mereka bisa #BeraniJadiBesar lewat berbagai fitur yang ditawarkan IDE.

Ada tiga fitur yang disediakan platform IDE ini untuk mendukung UMKM Indonesia. ketiga fitur tersebut adalah IDE Advisory, IDE Academy, dan IDE Marketspace. Lewat IDE Advisory, pengguna dapat meningkatkan insight global untuk mengembangkan bisnis mereka. Lebih lanjut, IDE juga menyediakan akses ke video dan pelatihan yang memudahkan pelaku UMKM mendapatkan kemampuan digital melalui fitur IDE Academy. Sementara untuk memperluas jejaring bisnis, relasi, dan kesempatan untuk cross-promotion, IDE menyediakan fitur Marketspace sebagai ruang komunitas pelaku UMKM. Ketiga fitur ini juga akan membantu UMKM agar bisa lebih melibatkan pelanggan berdasarkan data.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS