June 8, 2023

OpenSignal: Imbas Merger Tri dan Indosat, Pengalaman Pelanggan dalam Penggunaan Jaringan Naik Signifikan

Penulis: Iwan RS
OpenSignal: Imbas Merger Tri dan Indosat, Pengalaman Pelanggan dalam Penggunaan Jaringan Naik Signifikan  

Mobitekno – Berdasarkan laporan perusahaan analitik global dan independen OpenSignal terungkap bahwa pengguna Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) baik untuk layanan 3 (Tri) dan Indosat merasakan dampak positif penggunaan jaringan sejak terjadinya merger pada Januari tahun lalu.

Dalam analisisnya, Opensignal mengungkap bahwa pengguna Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) di 3 (Tri) dan Indosat merasakan dampak positif pada jaringannya. Terutama pada kecepatan download dan jumlah waktu saat terhubung ke jaringan 4G/5G (Time on 4G/5G). Menariknya, peningkatan tersebut lebih dirasakan bagi pelanggan Tri dibandingkan dengan Indosat.

Dalam laporan Opensignal ditunjukkan adanya pertumbuhan substansial dalam jumlah pengguna Tri yang mengakses tingkat kecepatan pengunduhan tinggi dibandingkan dengan Indosat.

OpenSignal Indosat Tri 01

Proporsi pengguna Tri yang mengalami kecepatan di atas 25 Mbps meningkat tiga kali lipat, dari 5,1% menjadi 15,3%, dibandingkan dengan peningkatan 1,6 poin persentase pada Indosat.

Opensignal juga menunjukkan hal sama di semua provinsi di Jawa
Terjadi dengan adanya peningkatan sejak merger pada jumlah pengguna yang mengalami kecepatan yang lebih tinggi di hampir semua provinsi. Peningkatan yang lebih besar terlihat pada pengguna Tri dibandingkan Indosat. Jawa Timur menunjukkan pertumbuhan terbesar pada pengguna yang mengalami kecepatan di atas 25 Mbps (16,7 poin persentase).

Namun di Yogyakarta dan Jawa Tengah, terjadi penurunan proporsi pengguna Indosat dengan kecepatan unduh rata-rata di atas 25 Mbps — masing-masing sebesar 2,1 hingga 3,1 poin persentase.

OpenSignal Indosat Tri 02

Terkait imbas ke Tri yang lebih signifikan ditunjukkan oleh adanya pengguna Tri lebih sering terhubung ke 4G atau koneksi yang lebih baik (Time on 4G/5G). Meski demikian, keduanya sama-sama mengalami peningkatan yang signifikan sejak merger. Terdapat peningkatan proporsi pengguna yang melaporkan Time on 4G/5G di atas 90%.

Opensignal melihat pertumbuhan paling signifikan pada Tri. Pengguna Tri dengan waktu aktif 4G/5G di atas 90% di Jawa Timur meningkat signifikan sebesar 16,3 poin persentase — dari 73,3% di Kuartal 1 tahun 2022 menjadi 89,6% di Kuartal 1 tahun 2023. Sementara itu untuk Indosat, Yogyakarta mengalami pertumbuhan terbesar dalam hal proporsi pengguna dengan nilai Time on 4G/5G di atas 90% dengan peningkatan sebesar 11,4 poin persentase.

Meskipun pengguna IOH mengalami perubahan yang positif, diketahui pengguna Tri mendapatkan manfaat yang paling signifikan. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa penggabungan IOH berdampak positif pada pengalaman jaringan seluler pengguna, yang akan terus berkontribusi langsung pada peningkatan kinerja komersialnya.

OpenSignal Indosat Tri 03

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS