July 11, 2022

Perkenalkan Fitur Lockdown Mode di iOS 16, Apple Ingin Pengguna Lebih Aman dari Ancaman Spyware

Penulis: Iwan RS
Perkenalkan Fitur Lockdown Mode di iOS 16, Apple Ingin Pengguna Lebih Aman dari Ancaman Spyware 

Mobitekno – Apple memperkenalkan fitur keamanan terbaru pada platform iOS 16 yang diklaim aman yaitu “Lockdown Mode”. Fitu ini diklaim akan menjadikan perangkat berbasis iOS seperti iPhone lebih imun terhadap serangan spyware.

Fitur keamanan Lockdown Mode diklaim Apple akan lebih ampuh menghadapi serangan berbagai jenis spyware atau malware yang melakukan mata-mata di perangkat pengguna. Biasanya pengguna yang menjadi targetnya mencakup para aktivis, politikus, atau jurnalis yang umumnya berkaitan dengan informasi sensitif.

Langkah Apple ini menjadi penting mengingat ancaman keamanan spyware pengguna semakin berkembang dan dianggap serius oleh banyak pihak. Misalnya spyware Pegasus yang diketahui digunakan oleh pemerintah di negara tertentu untuk memata-matai para aktivis HAM, pengacara, politisi, hingga jurnalis.

Lockdown Mode bekerja dengan memblokir sejumlah pesan yang mengandung attachment (yang biasanya digunakan untuk penyebaran spyware licik), serta koneksi kabel ke komputer atau perangkat lain.

Apple Lockdown Mode 01

Menurut Ivan Krstić, kepala teknik dan arsitektur keamanan Apple mengatakan, Lockdown Mode adalah fitur inovatif yang mencerminkan komitmen teguh Apple dalam melindungi pengguna dari berbagai serangan paling langka dan paling canggih.

Spyware bekerja denga memanfaatkan kerentanan pada sistem keamanan perangkat, pembuat spyware seperti NSO Group (pembuat spyware Pegasus), Candiru, dan Cytrox dapat menginjeksi spyware atas permintaan pelanggan, termasuk dari pemerintahan negara sendiri.

Saat diaktifkan, Lockdown Mode akan menonaktifkan fungsi dan fitur tertentu dimana titik masuk untuk infeksi spyware di masa lalu. Pada kasus tertentu, berbagai jenis kode akan diblokir agar tidak aktif di perangkat Misalnya menggunakan kompilasi JavaScript just-in-time atau JIT.

Kecanggihan fitur Lockdown Mode ini disebut-sebut bisa menghindari pengintaian oleh NSO Group, perusahaan teknologi asal Israel yang sering membuat spyware canggih.

Apple juga mengungkapkan, sebagian besar pengguna iPhone, iPad, dan Mac diharapkan tidak akan pernah menjadi korban serangan siber yang sangat ditargetkan.

iOS 16 akan diluncurkan secara global dalam waktu dekat atau musim gugur tahun ini. Selain di iOS 16, fitur ini juga akan tersedia pada iPadOS 16 dan macOS Ventura. Jadi, selain iPhone, perangkat Apple lainnya seperti iPad, iMac, dan Macbook juga akan diproteksi oleh fitur Lockdown Mode.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS