August 8, 2022

Dukung Pengurangan Emisi Karbon, Chandra Asri Akan Pakai Bus Listrik Buatan PT. Mobil Anak Bangsa

Penulis: Iwan RS
Dukung Pengurangan Emisi Karbon, Chandra Asri Akan Pakai Bus Listrik Buatan PT. Mobil Anak Bangsa  

Mobitekno – Berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon serta mendukung industri kendaraan listrik (Electronic Vehicle) dalam negeri, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) membeli dan akan mengoperasikan dua (2) unit Bus Listrik keluaran PT Mobil Anak Bangsa (MAB).

PT Mobil Anak Bangsa (MAB) sebagai prinsipal produsen bus listrik dalam negeri telah melakukan penandatanganan Konfirmasi Pembelian bus listrik Merk MAB di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang berlangsung Juli lalu.

Selain Chandra Asri, MAB juga sepakat menjual bus listriknya ke PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), PT Kaltim Parna Industri (KPI) dan Pemerintah Kota Semarang (Pemkot Semarang).

Bus Listrik tipe MD 12-E NF City yang akan digunakan sebagai kendaraan operasional bagi karyawan memiliki daya tempuh hingga 250 km sekali pengisian ini tidak memiliki emisi gas buang langsung sehingga lebih ramah lingkungan.

Candra Asri Bus Listrik 02

Penggunaan dua armada Bus Listrik ini dapat memotong konsumsi solar hingga 13.776 liter per tahun sehingga mereduksi emisi hingga 2.070 metrik kg karbon dioksida (CO2e).

Dengan memakai Bus Listrik MAB, Chandra Asri dapat memangkas 25,1 metrik kg karbon monoksida (CO), dan menghilangkan keluaran limbah B3 berupa oli bekas. Pembelian dua unit Bus Listrik MAB ini sejalan dengan komitmen Chandra Asri terhadap penerapan Environment, Social & Governance (ESG) yang berkaitan dengan aspek lingkungan, efisiensi energi, dan pengurangan emisi karbon.

Suryandi, Direktur Human Resources & Corporate Affairs Chandra Asri mengatakan bahwa Chandra Asri bangga dapat bekerjasama dengan Mobil Anak Bangsa dalam mendukung target mengurangi emisi karbon sebesar 29 persen di tahun 2030 sekaligus mendukung kendaraan listrik di tanha air.

Program ini juga merupakan bagian dari inisiatif keberlanjutan Chandra Asri, dimana sebelumnya kami telah mengoperasikan 53 unit E-Forklift dan memanfaatkan panel surya sebagai pasokan alternatif listrik di warehouse untuk mengurangi emisi karbon di operasional kami.

Candra Asri Bus Listrik 03

Kelik Irwantono, Direktur Utama MAB menyampaikan, “Pembelian dua unit Bus Listrik MAB hasil karya Bangsa Indonesia ini merupakan bentuk dukungan Chandra Asri terhadap hasil karya bangsa sendiri sekaligus kontribursi perseroan terhadap pengurangan emisi karbon. MAB akan terus berkomitmen mengembangkan produk-produk kendaraan listrik, termasuk menghasilkan produk kendaraan listrik yang berkualitas untuk Indonesia yang semakin ramah lingkungan”.

Bukan hanya hemat dan ramah lingkungan, bus EV MAB juga aman karena mengsung beberapa fitur standar keselamatan kerja. Misalnya, teknologi Driver Safety Monitoring (DSM) yang memberikan Driver Behavior Analysis untuk memantau perilaku pengemudi dan teknologi TAM Fleet yang memberikan peringatan jika kendaraan melaju melewati batas kecepatan.

Bus Listrik tipe MD 12-E NF City dari MAB memiliki kapasitas 51 tempat duduk dan direncanakan resmi beroperasi di Chandra Asri pada Januari 2023 mendatang. Untuk mempersiapkan kehadiran armada Bus, Perseroan kini tengah mengkaji lokasi Pabrik Chandra Asri di Cilegon untuk menentukan lokasi fasilitas pengisian daya.

Tags: , , ,


COMMENTS