December 5, 2022

Versi Final Android 13 untuk TV Sudah Tersedia untuk Diunduh

Penulis: Iwan RS
Versi Final Android 13 untuk TV Sudah Tersedia untuk Diunduh  

Mobitekno – Setelah ponsel mendapat giliran pertama update Android 13 beberapa bulan lalu, Google akhirnya juga sistem operasi (OS) baru tersebut untuk TV. Sebagian besar pembaruan yang diusung OS baru ini difokuskan untuk para pengembang yang melibatkan modul API pada aplikasinya.

Google juga melakukan penyempurnaan perfoma sistem dan susunan (layout) expanded keyboard, serta pengaturan privasi bagi pengguna Android TV. Pengaturan keyboard memungkinkan para pengembang game dapat lebih fleksibel mereferensikan tombolnya sesuai lokasi fisiknya.

Android 13 untuk TV ini juga akan meningkatkan beberapa fungsi, seperti pergantian bahasa (accessibility), resolusi, PiP, dan kecepatan refresh pada perangkat.

Tersedianya Android 13 untuk TV yang tidak lama berselang dari kemunculan update ponsel menunjukkan perangkat smart TV mulai menjadi salah satu prioritas Google setelah perangkat ponsel. Meski demikian, pengguna TV mungkin belum akan mendapatkan fasilitas update OTA (over-the-air) yang nyaman layaknya ponsel melainkan harus melalui prosedur update yang mungkin tidak mudah dilakukan oleh kebanyakan knsumen.

Android 13 untuk TV baru tersedia untuk diunduh bagi mereka yang memiliki ADT-3 Developer Kit atau yang menjalankannya melalui Android Emulator untuk TV. Saat ini, pihak OEM (Original Equipment Manufacturer) juga sedang menguji kompatibilitas OS tersebut dengan perangkat yang dibuatnya.

Begitu pula dengan pengembang yang harus menyesuaikan aplikasinya melalui beberapa tahapan (aplikasi beta) dengan interface Google TV terbaru sebelum meriulis versi finalnya.

Sayangnya Google belum memberikan daftar merek Android TV yang akan mendapatkan pembaruan Android 13 OS tersebut. Semuanya masih tergantung pada kesiapan masing-masing produsen smart TV. Kemungkinan Google Chromecast dan Nvidia Shield yang akan mendapat giliran paling awal.

Tags: , , , , ,


COMMENTS