April 4, 2022

Yuk, Bikin Video Sinematik dari Aktivitas Jogging Kamu dengan Galaxy S22 Ultra 5G

Penulis: Desmal Andi
Yuk, Bikin Video Sinematik dari Aktivitas Jogging Kamu dengan Galaxy S22 Ultra 5G  

Mobitekno – Samsung Galaxy S22 Ultra 5G dibekali kamera utama yang memiliki sensor besar. Kamera utamanya adalah 108MP wide. Kamera ini ditemani dengan kamera ultra-wide 12MP, serta dua kamera telefoto dengan kemampuan zoom optical 3X dan 10X. Dengan menggunakan teknologi nona binning, kamera Galaxy S22 Ultra 5G bisa menangkap cahaya yang lebih banyak. Dengan demikian, hasil foto-foto malam pun bisa menjadi lebih terang dan detail. Untuk kemampuan foto di cahaya minim ini, Samsung menghadirkan fitur Nightography.

Berkat paduan kamera yang profesional dengan kinerja hebat dari penggunaan prosesor Snapdragon 8 Gen 1, memori besar 12GB, serta GPU Adreno 730, Samsung bisa memberikan banyak fitur profesional pada bagian kameranya ini. Tidak heran, dibantu dengan software yang andal, video sinematik pun bisa dihasilkan dengan mudah. Tidak perlu perencanaan khusus untuk membuat video sinematik ini. Kamu bisa melakukannya dari aktivitas-aktivitas yang sering dilakukan setiap hari. Jogging misalnya. Walaupun dilakukan dalam keadaan tubuh bergerak, kamera-kamera di Galaxy S22 Ultra 5G bisa melakukan perekaman dengan pergerakan yang halus. Bahkan, kamu seperti menggunakan perangkat gimbal tambahan. Padahal, semua murni dilakukan hanya dari perangkat smartphone Galaxy S22 Ultra 5G saja.

Untuk membuat video sinematik ini, kamu bisa melakukan beberapa hal, misalnya seperti berikut ini:

Menggunakan mode malam saat melakukan olahraga selepas sore

Aktivitas olahraga seperti jogging, tidak hanya dilakukan pada pagi hari saja. Banyak orang melakukannya selepas bekerja atau pada sore menjelang malam. Tidak heran, jika diperhatikan, selepas maghrib, area seperti di lingkungan Gelora Bung Karno ramai oleh masyarakat yang melakukan jogging atau aktivitas olahraga lainnya. Nah, untuk kondisi suasana seperti ini, gunakan mode malam (Night Mode) agar hasil rekaman bisa lebih baik. Hasil kamera bisa lebih terang dan detail walaupun dalam kondisi low light.

Dampak lain dari penggunaan Night Mode ini adalah, selain mendapatkan rekaman aktivitas olahraga yang kamu lakukan, kamu juga bisa mendapatkan pemandangan menarik lainnya, yaitu kerlap-kerlip lampy gedung di malam hari.

Jika ingin lebih dalam memanfaatkan unsur cahaya sesuai dengan keinginan, kamu bisa memanfaatkan mode Pro atau Video Pro. Di sini, level ISO, EV, exposure, hingga fokus, bisa dimainkan sesuai keinginan untuk mendapatkan adegan yang lebih dramatis.

Manfaatkan Super Steady saat berlari

Dalam sebuah rangkaian adegan video sinematik, seringkali terdapat adegan dimana kamera dibawa berlari mengikuti arah jalan. Ini bisa dilakukan bersamaan dengan aktivitas jogging. Agar tangkapan kamera menjadi lebih stabil, aktifkan fitur Super Steady. Saat kamera sudah dalam keadaan membidik arah depan, kamu tap saja icon bergambar tangan di atas layar. Jika fitur ini aktif, maka hasil tangkapan video terlihat sangat stabil. Lakukan jogging dengan mengitari area-area yang menarik untuk mendapatkan satu bagian video dalam melengkapi video sinematik. Dahulu, cara ini hanya bisa dilakukan pada kamera yang menggunakan gimbal saja.

Nightography

Portrait Video dan Director View

Jika adegan video dengan area depan sudah didapat, kini bisa ditambah dengan adegan dimana kamu juga masuk dalam frame video. Untuk menangkap dua bagian depan dan belakang ini, kamu bisa memanfaatkan mode Directors View. Di mode ini, baik kamera depan maupun kamera belakang bekerja bersamaan. Untuk melakukan hal ini, masuk saja ke bagian More lalu pilih Directors View.  

Untuk menambah kesan dramatis dalam video sinematik yang kamu buat, bisa juga memanfaatkan mode Portrait Video. Mode ini sama seperti Portrait pada foto dengan melakukan fokus pada foreground dan membuat blur pada background. Dengan portrait video ini, kamu bisa menangkan sebuah adegan aktivitas orang-orang di sekitar dengan lebih dramatis. Bagian blur yang berada di belakang objek juga disediakan dalam beberapa tipe.

Nah, jika semua adegan sudah didapat, kamu bisa mengeditnya langsung dari Galaxy S22 Ultra 5G dengan cepat. Jadi tidak lagi dibutuhkan aplikasi pihak ketiga lagi. Hasilnya pun bisa langsung disimpan atau langsung di-upload di media sosial yang kamu miliki.

Dengan Galaxy S22 Ultra 5G, kamu tidak hanya bisa merekam video dengan resolusi hingga 8K, tapi juga menontonnya dengan kualitas 8K yang sama baiknya. Hal ini tidak terlepas dari kehadiran layar Dynamic AMOLED 2X yang menghadirkan pengalaman immersive di tiap konten yang ditonton.

Layar yang sangat jernih ini pun akan memberikan kenyamanan lebih bagi kamu dalam mengedit video yang sudah kamu rekam, jadi kamu bisa melihat berbagai detail yang ada dengan lebih jelas. Apalagi, Galaxy S22 5G dan S22+ 5G turut didukung dengan performa maksimal dari Snapdragon 8 Gen 1 sebagai prosesor terdepan di kelasnya, jadi kamu bisa menjalankan aplikasi editing video dengan lancar untuk menjahit video sinematik yang sudah kamu rekam untuk menjadi konten yang lebih profesional.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS