April 4, 2022

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G Jadi Solusi Terbaik untuk Hasilkan Video Sinematik

Penulis: Desmal Andi
Samsung Galaxy S22 Ultra 5G Jadi Solusi Terbaik untuk Hasilkan Video Sinematik  

Mobitekno – Samsung Galaxy S22 Ultra 5G merupakan varian tertinggi yang hadir dalam jajaran Galaxy S22 series 5G. Walau sama-sama menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 1, namun varian ultra dibekali kemampuan kamera yang lebih baik. Bahkan, sisi produktivitas dan kreativitas ditunjang juga dengan integrasi S Pen baru di dalamnya. Samsung memang menghadirkan Galaxy S22 Ultra 5G sebagai sebuah produk yang menggabungkan kemampuan Galaxy Note sebelumnya dengan kamera profesional, sehingga bisa menawarkan sebuah standar baru untuk smartphone premium.

Di sisi kamera, dengan kamera utama 108MP Wide yang ditemani kamera 12MP Ultra-Wide, dan dua kamera telefoto 10MP, smartphone ini bisa menangkap momen-momen epic yang bahkan tidak bisa dilakukan oleh smartphone lain, terutama untuk kondisi malam hari. Melalui fitur Nightography yang hadir di Galaxy S22 Ultra 5G, deretan kamera belakang, termasuk kamera depan 40MP tentunya memungkinkan kamu merekam video yang jernih dan tajam.

Galaxy S22 Ultra 5G sendiri dibekali dengan 2.4um pixel sensor–pixel sensor terbesar yang pernah ada di smartphone Samsung –untuk memungkinkan lensa kamera perangkat menangkap lebih banyak cahaya dan data serta mengoptimalkan pencahayaan dan detail dari video yang kamu ambil. Lebih lagi, lensa Super Clear Glass terdepan dari Galaxy S22 Ultra 5G membantu kamu merekam video saat malam hari dengan lebih smooth dan jernih tanpa noise dari cahaya lampu yang kerap mengganggu.

Dengan sensor kamera yang lebih besar dan kecepatan proses yang kencang berkat penggunaan prosesor Snapdragon 8 Gen 1, serta didukung pula memori 12GB dan GPU Adreno 730, Samsung bisa menjejalkan fitur-fitur premium pada kameranya. Tidak heran, video sinematik pun bisa diciptakan dengan lebih mudah dan nyaman  dari Galaxy S22 Ultra, karena memadukan kekuatan hardware dan software di dalamnya.  

Untuk menghasilkan video sinematik, kamu bisa menggunakan fitur-fitur dalam aplikasi kamera. Jadi, tidak perlu lagi tambahan aplikasi dari pihak ketiga untuk menghasilkan epic video. Beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan adalah:

Pro Video Mode, Atur Setting Video Sesuai Keinginan

Mode profesional ini memang disediakan Samsung agar kamu bisa mengatur dengan lebih bebas setting kamera di dalamnya. Mulai dari ISO, EV, Focus, hingga eksposure bisa diatur dengan lebih mudah. Bahkan kamu juga bisa melakukan zoom hingga 100X dengan pergerakan cukup halus. Gunakan ISO rendah untuk mengambil suasana malam dengan pencahayaan yang lebih merata. Tambahkan white balance yang mendukung suasana malam tersebut.

Kamu juga bisa bermain dengan fokus di mode Pro ini dengan bebas, menyesuaikan dengan adegan yang sedang direkam. Apakah ingin fokus ada di background atau foreground, kamu cukup menggeser slider saja. Mirip dengan sistem kerja kamera profesional. Dengan begitu, suasana yang lebih dramatis pun bisa kamu ciptakan dengan menggunakan Pro Video Mode ini.

Untuk masuk ke Pro Video Mode ini, kamu cukup buka aplikasi kamera dari home screen. Selanjutnya geser hingga ke opsi “More”. Di sana kamu pilih Pro Mode untuk melakukan fotografi atau Pro Video Mode untuk pengambilan video.

Pro Mode dan Pro Video Mode

Super Steady untuk Pergerakan Video Super Halus

Untuk membuat video yang sinematik, tentu saja pergerakan adegan harus dilakukan sehalus mungkin. Hal ini tidak mungkin dilakukan oleh smartphone tanpa dukungan OIS. Hal ini karena merekam sambil bergerak atau menangkap objek bergerak menjadi tantangan tersendiri dalam membuat konten yang epic. Namun dengan Galaxy S22 Ultra 5G, fitur OIS dan EIS bahkan ada di dalamnya. Keduanya tergabung dalam fitur yang diberi nama Super Steady.

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat mendukung dan memaksimalkan aktivitas luar ruangan mu dengan Super Steady System yang menghasilkan video yang begitu stabil dan smooth hingga Nightography untuk memastikan rekaman video tetap terang meskipun dalam keadaan gelap. Dengan begitu, kehalusan pergerakan adegan tidak hanya didukung dari hardware saja, tetapi juga software. Dan hasilnya bisa menjadi video sinematik. Pengoperasian Super Steady ini pun cukup mudah. Kamu cukup menekan ikon Super Steady yang ada di bagian atas layar.

Portrait Video, Efek Bokeh Khusus untuk Video

Siapa yang bilang mode portrait hanya untuk fotografi saja. Di Samsung Galaxy S22 Ultra, mode portrait ini berlaku juga untuk pengambilan video. Hal ini bisa menambah epic suasana dalam video. Dengan begitu, video sinematik yang lebih dramatis bisa kamu buat.

Penggunaan efek portrait dalam mode video ini sama seperti pada pengambilan foto. Kamu cukup memilih opsi Portrait Video dari bagian “More” di aplikasi kamera. Selanjutnya, kamu bisa menentukan objek mana yang akan dibuat fokus dan latar belakangnya dibuat menjadi blur. Efek blur ini juga disediakan dalam beberapa jenis.

Jika tiga hal tadi kamu gunakan dalam pembuatan video, sebuah video sinematik pun bisa tercipta dengan lebih mudah, hanya melalui smartphone Galaxy S22 Ultra 5G.

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G bisa didapatkan di website resmi Samsung www.samsung.com/id. Atau bisa juga ke Samsung Experience Stores secara offline, dan mitra e-commerce Samsung yaitu Blibli, Shopee, Tokopedia, Lazada, JD. ID, Akulaku, Eraspace, Dinomarket, dan TikTok Shop. Tersedia dalam varian warna Phantom Black, Phantom White, Green, dan Burgundy, berikut detail harga Galaxy S22 Ultra 5G:

  • Varian 8GB/12GB: Rp17.999.000
  • Varian 12GB/256GB: Rp18.999.000
  • Varian 12GB/512GB: Rp20.999.000

 

Tags: , , , ,


COMMENTS