January 20, 2021

Naik 10 Kali Lipat dalam Setahun Terakhir, Ethereum Tembus Harga Tertinggi Rp 20 Juta

Penulis: Iwan RS
Naik 10 Kali Lipat dalam Setahun Terakhir, Ethereum Tembus Harga Tertinggi Rp 20 Juta  

Mobitekno – Bukan hanya aset kripto Bitcoin yang menunjukkan tren positif di akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021. Aset kripto populer lainnya, Ethereum juga ikut terbawa naik harganya oleh momentum positif Bitcoin. Hari ini, harga Ethereum menembus level tertinggi yaitu Rp 20 juta per Ethereum. Ethereum sendiri pada awal mula peluncurannya tahun 2015 diperdagangkan di harga kurang dari Rp 40 ribu per Ethereum.

Kenaikan harga Ethereum ini sendiri melebihi 10 kali lipat dalam satu tahun. Sebagai catatan, di awal tahun 2020, Ethereum dijual dengan harga hanya Rp 1,8 juta. Harganya kemudian terus naik dan akhirnya menembus rekor Rp20 juta. Ethereum merupakan aset kripto terpopuler dengan market cap nomor dua terbesar di dunia setelah Bitcoin.

Menurut Oscar Darmawan, CEO Indodax, kenaikan harga Ethereum disebabkan aset kripto tersebut mendapat sentimen positif proses upgrade ke Ethereum 2.0. Proses evolusi menjadi Ethereum 2.0 sudah dilakukan sejak akhir Desember 2020 lalu.

Ethereum 00

Sejak peluncurannya, aset kripto ini banyak diprediksi berbagai pihak akan bersaing bahkan menggantikan Bitcoin sehingga dijuluki sebagai Bitcoin 2.0 karena adanya fitur smart contract (kontrak pintar) yang tidak diusung Bitcoin.

Seperti diketahui, smart contract adalah protokol (program) komputer yang memfasilitasi kontrak (perjanjian) antara satu pihak dengan pihak lainnya tanpa melalui pihak ketiga. Smart contract berjalan pada blockchain dan disimpan dalam database publik yang tidak dapat dirubah.

“Harga Ethereum meningkat drastis sepuluh kali lipat bersamaan dengan upgrade jaringan blockchain ethereum. Ethereum sendiri banyak diramalkan sebagai pengganti Bitcoin pada awal mula peluncurannya karena melengkapi kelemahan jaringan blockchain Bitcoin yang hanya berfungsi sebagai store of value” kata Oscar Darmawan, Rabu (20/1/2021).

Ethereum dikembangkan oleh perusahaan Ethereum Foundation dan diciptakan oleh Vitalik Buterin saat masih relatif muda (19 tahun). Saat ini, Ethereum merupakan perusahaan blockchain yang paling berkembang dengan fitur kontrak pintar yang memungkinkan developer membangun aplikasi diatas Ethereum.

Ethereum sendiri memiliki lini bisnis penggunaan platform jaringan yang melahirkan banyak aset kripto. Dalam fase upgrade ini, Ethereum merombak jaringannya menjadi lebih efisien, murah, dan cepat.

Selain itu, Ethereum juga akan mengubah skemanya. Saat ini, untuk mendapatkan Ethereum yaitu dengan cara ditambang (mining) atau sama seperti Bitcoin. Nantinya, setelah upgrade menjadi Ethereum 2.0 selesai, Ethereum didapat tidak lagi dengan cara ditambang tetapi melalui staking atau penjaminan.

Ethereum 04

Dalam staking hanya membutuhkan laptop biasa dan jaringan internet. Sehingga, untuk mendapatkan Ethereum, tidak perlu lagi dengan unit komputer yang mahal dan mengeluarkan banyak biaya listrik. Hal ini membuat Ethereum kedepannya lebih “green” dan lebih “Ecofriendly” dibandingkan Bitcoin.

Evolusi Ethereum 2.0 sendiri dilakukan secara bertahap. Dalam launching Ethereum 2.0 phase 0 akhir tahun 2020 lalu, sekitar ratusan juta Dollar pasokan Ethereum telah dikunci. Cara ini dilakukan untuk mengurangi pasokan Ethereum sebagai langkah menstabilkan harganya.

“Kekurangan Ethereum dibandingkan Bitcoin adalah supply atau pasokannya yang tidak terbatas. Bitcoin hanya memiliki pasokan 21 juta saja. Sedangkan Ethereum tidak terbatas. Namun, dengan evolusi ini ada sejumlah limit yang dikunci karena digunakan untuk penciptaan Ethereum. Jika pasokan Ethereum berkurang dan permintaannya terus bertambah, maka harga Ethereum meningkat,” sebutnya.

Kemudian dia juga menyebutkan, besar kemungkinan harga Ethereum bisa terus melambung karena proses upgrade ini masih terus dilakukan. Menurutnya, launching Ethereum 2.0 phase 1 juga akan mengurangi limit Ethereum. Ini sesuai yang diramalkan oleh para analis ekonomi dari Amerika Serikat.

Meskipun harga Ethereum sudah tinggi, masyarakat Indonesia tetap bisa berinvestasi dan melakukan trading aset kripto tersebut dengan modal mulai dari Rp10 ribu saja karena Ethereum bisa ditransaksikan dalam desimal. Di Indonesia, untuk transaksi jual beli aset kripto seperti Ethereum secara resmi dan mudah saat ini bisa menggunakan dua startup populer di Indonesia yaitu melalui Bitcoin.co.id atau dikenal dengan Bitcoin Indonesia atau melalui platform trading Indodax.

“Karena di Indodax aset kripto dijual dengan pecahan desimal dengan pecahan terkecil Rp10 ribu. Siapa saja bisa berinvestasi aset kripto dengan mudah dan murah,” tutup Oscar Darmawan.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS