December 15, 2021

Review OPPO A95, Bukan Varian A-Series yang Biasa Karena Miliki Fitur Kelas Atas

Penulis: Desmal Andi
Review OPPO A95, Bukan Varian A-Series yang Biasa Karena Miliki Fitur Kelas Atas  

Mobitekno – OPPO A95 merupakan smartphone terbaru dari segmen A-Series yang dimiliki OPPO Indonesia. Smartphone ini hadir setelah agak lama OPPO tidak menghadirkan produk A-Series di Indonesia. Oleh sebab itu, kehadiran OPPO A95 ini merupakan hasil komitmen OPPO Indonesia untuk memenuhi keinginan para penggemar produk OPPO di Indonesia. Tentu saja, OPPO A95 membawa ciri khas A-Series sebelumnya, yaitu keandalan baterai yang berkapasitas besar.

Namun, bukan berarti hanya baterai yang menjadi kelebihan smartphone ini. OPPO telah meyematkan banyak keunggulan lainnya yang membuat smartphone ini idel untuk dijadikan teman beraktivitas sehari-hari. Jangan khawatirkan tentang durabilitasnya, karena dari informasi yang didapat, OPPO sudah melakukan banyak tes sebelum produk ini diluncurkan. Mulai dari tes daya tahan baterai, tes ketahanan terhadap paparan sinar UV, hingga pengujian cabut pasang konektor USB type C port USB di smartphone.

Mobitekno pun mendapatkan kesempatan untuk menguji ketangguhan smartphone ini sejak diluncurkan pada 18 November 2021. Setelah menggunakannya dalam beberapa minggu, hasilnya memang OPPO A95 begitu idel untuk menemani aktivitas harian Anda. Mulai dari melakukan fotografi, videografi, atau aktivitas bekerja bisa dilakukan dengan lebih nyaman. Bahkan, smartphone ini pun tahan air. Jadi tidak perlu cemas saat hujan datang atau secara tidak sengaja terkena tumpahan air. Untuk lebih jelasnya, mari kita baca ulasan Mobitekno berikut ini.

OPPO A95

Kelengkapan

Hadir dengan kotak kemasan berwarna biru, OPPO A95 dikemas dengan sangat rapi di dalamnya. Walapun kotak kemasannya tidak terbuat dari bahan yang begitu tebal, akan tetapi paket penjualannya ini memiliki item-item pendukung yang lengkap. Jadi, tidak perlu mencari-cari hal lainnya untuk mendukung aktivitas Anda bersama OPPO A95 ini.

Di kesempatan ini, Mobitekno mendapatkan unit OPPO A95 dengan varian warna Glowing Starry Black. OPPO sendiri mengeluarkan dua warna. Selain Glowing Starry Black, ada juga Glowing Rainbow Silver. Berikut ini isi lengkap paket kemasannya.

  1.       Satu unit OPPO A95 berwarna Glowing Starry Black
  2.       Kabel USB Type C yang berfungsi sebagai kabel charger dan kabel data.
  3.       Adaptor AC to DC berkemampuan 33W
  4.       Softcase transparan untuk melindungi bodi smartphone dari gesekan yang tidak disengaja.
  5.       SIM Card Ejector
  6.       Buku panduan singkat dan kartu garansi.
Kelengkapan paket OPPO A95

Video unboxing OPPO A95:

Desain

OPPO A95 hadir dengan ukuran layar 6,43 inci. Ukuran yang cukup besar untuk menampilkan konten-konten multimedia dengan lebih jelas dan detail. Bezel yang ada di sekeliling layar juga begitu tipis mampu membuat ukuran keseluruhan smartphone menjadi pas di genggaman tangan. Screen to body ratio-nya memang sebesar 90,8%. Layarnya memiliki resolusi sebesar 2400 x 1080 piksel. Walau memiliki baterai besar 5000mAh, namun bodinya dirancang begitu tipis. Ketebalannya hanya 7,95mm dengan bobot total sebesar 175 gram.

Dimulai dari bagian layar. Layarnya ini sudah menggunakan jenis AMOLED FHD+. Dengan begitu, konten yang tampil begitu jernih terlihat oleh mata. Layarnya ini juga sudah dilengkapi dengan All-Day AI Eye Care yang merupakan serangkaian fitur pelindung mata dan terdiri dari fitur-fitur seperti AI Smart Backlight dan DC Dimming. Ini membantu pengalaman dan keamanan visual pengguna saat memandang layar smartphone sepanjang hari.

Desain layarnya juga memiliki tepian melengkung yang terlihat dinamis. Ini membuat smartphone menjadi lebih nyaman dipegang. Tidak ada sudut-sudut yang mengganggu telapak tangan. DI layar depan ini juga terdapat kamera depan. OPPO menggunakan desain Punch hole untuk kamera depan ini dengan posisi ada di sisi kiri atas layar. Posisi kamera ini tidak menjadi penghalang saat smartphone diajak bermain game dalam posisi landscape.

Kamera depan yang mengadopsi mode punch hole

Beralih ke sisi-sisi smartphone. Berbeda dari kebanyakan smartphone yang menempatkan tombol power dan volume dalam satu sisi, OPPO A 95 memisahkan keduanya dimana tombol power ada di sisi kanan dan tombol volume ada di sisi kiri. Slot SIM Card juga ada di sisi kiri. Slot ini tidak mengadopsi sistem hybrid. Jadi, dua kartu SIM dan satu microSD bisa masuk sekaligus, tanpa perlu ada yang mengalah salah satu diantaranya.

SIM tray yang tidak menggunakan jenis hybrid, jadi semua kartu, baik kartu SIM maupun microSD bisa aktif bersamaan,

Di sisi atas didesain polos alias tidak ada satupun tombol atau port yang diletakkan di bagian tersebut. Sementara sebaliknya, di bagian bawah akan terlihat berjajar dari kiri ke kanan adalah, port audio 3.5mm, mikrofon, port USB type C, dan lubang speaker.

Sekarang ke bagian belakang. Di sinilah terdapat tiga kamera utama yang dapat membantu pengguna dalam mendapatkan gambar atau video menarik. Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera 48MP, kamera makro 2MP, dan kamera bokeh 2MP. Kamera-kamera ini dilengkapi dengan LED Flash. Kamera dan LED flash ini dikelompokkan dalam sebuah area berbentuk kotak persegi berbahan kaca dengan warna hitam.

Posisi tombol power, volume, port audio, USB type-C, mikrofon, dan speaker

Untuk bagian bodi belakangnya sendiri, OPPO mengadopsi teknologi OPPO Glow Design. Teknologi ini bisa dikatakan untuk pertama kali digunakan di OPPO A-Series. Dengan Glow Design, permukaan tidak dibuat glossy, tetapi memiliki karakter matte. Ini membuat permukaan cover menjadi bebas sidik jari, walau sering dipegang oleh banyak tangan sekalipun. Sementara tulisan OPPO dibuat berwarna emas dan diletakkan di bagian kanan bawah pada cover belakang.

Fitur dan Performa

OPPO A95 hadir dengan balutan ColorOS 11 yang berbasis Android 11. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, ColorOS 11 ini memiliki banyak fitur yang menawarkan kemudahan bagi pengguna dalam mengoperasikan smartphone besutan OPPO. Hal ini tentunya bisa memberikan pengalaman yang lebih kaya dan nyaman dalam meningkatkan produktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah FlexDrop. Ini adalah fitur yang dapat memastikan kelancaran dalam hal multitasking. Membuka lebih dari satu aplikasi di dalam smartphone menjadi lebih lancar dan mulus. Ada juga fitu Private Safe. Ini adalah fitur pengaman untuk OPPO A95 menyertakan sejumlah fitur khusus yang dapat membantu kenyamanan pengguna dalam bermain game seluler. Teknologi Hyper Boost mampu memastikan pengalaman bermain game yang lebih stabil dengan konsumsi daya yang lebih sedikit dan kontrol suhu yang lebih baik. Selain itu, fitur seperti Game Space, Game Assistant, Game Focus Mode, dan Bullet Notifications dapat berkontribusi untuk menciptakan pengalaman bermain game yang imersif dan bebas gangguan.uk file-file dan dokumen pribadi yang tidak ingin orang lain mengetahuinya.

ColorOS 11 Berbasis Android 11

Untuk urusan performa, OPPO menyematkan prosesor yang kencang di smartphone ini, yaitu Qualcomm Snapdragon 662. Dilengkapi juga dengan teknologi System Booster, membuat smartphone dapat bekerja lebih optimal sehingga berjalan semakin mulus. Prosesor ini juga ditemani dengan GPU Adreno 610 serta memori 8GB RAM. Menariknya, walau sudah mengadopsi memori cukup besar, OPPO tetap menyematkan teknologi RAM Expansion. Teknologi ini bisa menambah kapasitas memori sebesar maksimal 5GB lagi dengan memanfaatkan storage yang tersisa. Sementara storagenya sendiri berkapasitas 128GB.

Di bagian kamera, tiga kamera utama sudah cukup memberikan pengguna hasil jepretan yang cukup bagus. Keberadaan tiga kamera ini juga didukung oleh AI, sehingga memudahkan pengguna saat membidik sebuah subjek untuk difoto atau dibuat menjadi video. AI Scene Enhancement akan membantu secara cerdas dengan situasi yang ditangkap kamera. Misalnya saja, saat menggunakan mode normal (Photo) untuk membidik pada malam hari, AI akan meminta pengguna untuk menyalakan LED flash agar hasilnya bisa lebih sempurna. Namun, berbeda dengan Night Mode yang bisa mendeteksi keadaan sekitar dengan lebih pintar lagi. Image akan diproses untuk mendapatkan hasil yang sempurna dari jepretan malam hari.

Fitur kamera OPPO A95

OPPO juga menyediakan teknologi gimbal yang bisa membuat pengambilan video menjadi lebih stabil. Fitur bernama Steady Video ini bisa menghasilkan rekaman yang sangat stabil. Dengan begitu, video sinematik pun bisa didapat dengan lebih mudah.

Kamera depan 16MP OPPO A95 dilengkapi fitur AI Beautification dan Front Night Mode, kini pengguna akan jauh lebih mudah untuk mengambil foto selfie yang lebih jelas di berbagai kondisi pencahayaan. Bagi pengguna yang ingin mengabadikan video.

Satu hal yang menjadi ciri khas smartphone OPPO adalah pengguna tidak direpotkan lagi dalam hal mengolah hasil jepretan atau tangkapan video. OPPO telah menyediakan aplikasi SoLoop yang bisa mengedit foto dan video menjadi konten yang menarik. Semua fitur editing ada dalam aplikasi ini.

Hasil-hasil jepretan OPPO A95 ini bisa dilihat berikut ini:

Salah satu keunggulan OPPO A95 ada pada kapasitas baterai yang besar, yaitu 5000mAh. Menariknya lagi, baterai ini didukung pengisian daya cepat dari OPPO. Oleh sebab itu, dalam paket penjualannya, OPPO juga menyediakan adaptor 33W Flash Charge. Dengan adaptor ini pengisian full bisa dilakukan dalam 72 menit saja. Mobitekno sudah membuktikan sendiri saat baterai sudah di bawah 10 persen. Ketika di-charge, proses pengisian begitu cepat dan tidak sampai 1,5 jam, baterai sudah terisi 100 persen. Menurut informasi dari OPPO, hanya dengan pengisian daya 5 menit, pengguna dapat menikmati 1,8 jam menonton video YouTube dan 5,7 jam panggilan suara.

bermain game lebih nyaman berkat fitur game space

OPPO juga menambahkan serangkaian fitur perlindungan pengisian daya ke OPPO A95 yang membuat pengisian daya perangkat lebih aman dan nyaman: Battery Guard membantu melindungi pengisian daya semalaman secara cerdas yang disesuaikan dengan kebiasaan penggunanya; Charging Heat Control akan memantau pembuangan panas dan mengontrol suhu perangkat saat mengisi daya untuk mengurangi masalah yang timbul terkait keamanan pengisian daya; Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby akan memaksimalkan masa pakai baterai di saat yang paling dibutuhkan.

Satu hal menarik lagi adalah adanya sertifikasi IPX4. Ini membuat smartphone OPPO A95 menjadi lebih tahan air dan debu. Jadi, jangan khawatir saat membawa smartphone ini di suasana cuaca seperti saat ini, dimana hujan bisa turun dengan mendadak.

Untuk sisi keamanan, OPPO juga menyematkan fitur sidik jari di atas layar. Saat dicoba, responnya cukup cepat, jadi tidak menyulitkan pengguna saat ingin cepat-cepat menggunakan smartphone. Namun, ada lagi fitur pengaman lainnya yaitu face unlock. Gunakan fitur ini dengan memanfaatkan wajah pengguna untuk membuka smartphone. Fitur standar tentunya juga ada, seperti penggunaan password.

Fitur Keamanan di OPPO A95

Untuk melihat performanya, Kami juga melakukan pengujian dengan tiga aplikasi benchmark. Dan hasilnya adalah sebagai berikut.

Hasil benchmark dengan Antutu 9.2.3, PCMark 10 for Android, dan GeekBench 5.0

Spesifikasi

 

Prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 662
Kamera Depan 16MP Kamera Swafoto
Video Kamera Depan 1080P /720P pada 30fps
Kamera Utama 48MP Kamera Utama + 2MP Kamera Makro + 2MP Kamera Bokeh
Video Kamera Utama 1080P / 720P pada 30 fps
Fitur Gerak Lambat 720P pada 120 fps
Stabilisasi Video EIS + Gyroscope
Ukuran 160.32 mm × 73.76 mm × 7.95 mm
Berat Sekitar 175 g
Layar 6.43-inch AMOLED FHD+ Punch-hole Display
RAM & ROM 8GB RAM + 128GB ROM (ekspansi hingga 256GB), ditambah fitur RAM Expansion hingga 5GB
Baterai & Isi Daya 5000mAh, 33W Flash Charge (11V/3A), penuh dalam 72 menit
Sensor Sidik Jari In-display Fingerprint Unlock
Finishing OPPO Glow
Warna Glowing Rainbow Silver dan Glowing Starry Black
Sistem Operasi ColorOS 11.1 berbasis Android 11
Harga Rp3.999.000

Kesimpulan.

Sebagai smartphone yang hadir di jajaran A-Series milik OPPO, tentunya harga yang ditawarkan tidak terlalu tinggi alias cukup terjangkau. Apalagi fitur yang ditawarkan terbilang banyak dan dapat membantu penggunanya dalam aktivitas hariannya. Performanya juga kencang, berkat penggunaan Snapdragon 662 yang dibantu dengan GPU Adreno 610 serta memori 8GB yang juga didukung teknologi RAM Expansion.

Bagian belakang OPPO A95

Untuk penggunaan harian, tentu saja apa yang ditawarkan OPPO A95 sudah lebih dari cukup. Pengguna tidak perlu repot melakukan pengisian ulang saat waktu kerja karena didukung dengan kapasitas baterai yang besar, yaitu 5000mAh. Andaikan terpaksa mengisi ulang pun, pengisian bisa dilakukan dengan super cepat berkat adaptor 33W Flash Charge. Kurang dari 80 menit, smartphone bisa terisi penuh.

Bobotnya yang ringan serta desainnya yang kompak, namun stylish, membuat smartphone mudah untuk dibawa-bawa. Bagian tepinya yang dibuat melengkung juga mempermudah smartphone saat dimasukkan ke dalam saku celana atau bagian dalam di tas Anda.

Tags: , , ,


COMMENTS