May 23, 2022

Review OPPO A96, Suksesor A95 yang Hadir Jauh Lebih Baik dan Kencang

Penulis: Desmal Andi
Review OPPO A96, Suksesor A95 yang Hadir Jauh Lebih Baik dan Kencang  

Mobitekno – OPPO A96 hadir pertama kali di Indonesia pada awal April 2022. Smartphone ini sejatinya menggantikan posisi OPPO A95 yang sudah diskontinu. Tentunya ada penambahan performa yang disematkan OPPO ke dalam OPPO A96 ini. OPPO sendiri menginformasikan bahwa seri A96 ini hadir dengan tenaga lebih powerful berkat penggunaan prosesor Snapdragon 680 generasi terbaru. Apalagi OPPO juga membekalinya dengan storage lebih besar, yaitu 256GB, meningkat dari 128GB seperti yang dimiliki OPPO A95.

Dalam menghadirkan A96, OPPO memberikan dua warna pilihan, yaitu Starry Black dan Pearl Pink. OPPO juga tetap menggunakan teknologi OPPO Glow untuk pewarnaan eksterior smartphone. Dengan begitu, smartphone bisa lebih tahan terhadap jejak sidik jari dan lebih berkilau saat dihadapkan pada pancaran sinar matahari.

Mobitekno mendapatkan kesempatan untuk merasakan OPPO A96 ini dalam durasi cukup lama. OPPO A96 dengan opsi warna Starry Black kami gunakan menjadi smartphone harian yang menopang banyak aktivitas redaksi, seperti memeriksa email, menjawab telepon, membuka media sosial, hingga bermain game dan melihat hiburan. Nah, ingin mengetahui kesan kami terhadap OPPO A96 ini? Silakan ikuti ulasan Mobitekno berikut ini.

OPPO A96

Kelengkapan

OPPO A96 hadir dengan desain kemasan yang sama dengan OPPO A95. Warna biru muda mendominasi seluruh kotak kemasan bagian luar. Logo A terpampang jelas di bagian atas, menandakan isi smartphone ini masuk ke dalam jajaran OPPO A-Series. Kemudian, teks OPPO A96 juga tertulis jelas di bagian bawahnya. Ada sedikit informasi mengenai spesifikasi unggulan OPPO A96 di bagian belakangnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini isi kemasan OPPO A96:

  1.       OPPO A96 dengan opsi warna Starry Black dengan layar berukuran 6,59 inci
  2.       Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  3.       Soft case transparan untuk melindungi bodi smartphone
  4.       SIM Card Ejector
  5.       Kabel USB type C sebagai kabel charger dan kabel data.
  6.       Charger atau pengisi daya berwarna putih berkemampuan 33W SUPERVOOC.
Kelengkapan paket pembelian OPPO A96

Desain

Saat pertama kali diangkat dari kotak kemasannya, sudah terasa langsung teknologi OPPO Glow yang digunakan OPPO, terutama pada bodi belakangnya. Dengan pewarnaan yang bukan berjenis glossy, permukaaan belakang OPPO A96 ini memiliki karakter yang khas, sehingga saat disentuh oleh jari-jari, tidak ada jejak sidik jari yang tertinggal. Permukaan akan tetap bersih dan terbebas dari gangguan kotoran. Namun, kami tetap menggunakan soft case transparan yang disediakan dalam paketnya, untuk berjaga-jaga dari situasi yang tidak diinginkan. Dengan begitu, smartphone tetap terlihat bersih dan enak dipandang.

Starry Black dengan teknologi OPPO Glow agar permukaan tidak licin dan bebas sidik jari

Kita mulai dari sisi depan atau layarnya. Layar dengan ukuran 6,59 inci ini memiliki resolusi 1080 x 2412 FHD dan mendukung refresh rate 90Hz. Menariknya, OPPO juga menerapkan Adaptive Refresh Rate yang bisa menyesuaikan dengan konten yang tampil di layar. Ada plastik pelindung layar yang sudah tertempel untuk melindungi layar dari keadaan tidak terduga. Screen to body ratio-nya juga cukup besar, yaitu 90,8% sehingga jarak dari tepi-tepi layar ke tepi bodi, terlihat begitu tipis. Ini membuat layar sebesar 6,59 inci menjadi lebih nyaman untuk digenggam.  

Layar OPPO A96 dengan kamera depan berjenis punch hole

Di bagian kiri atas terlihat kamera depan yang menggunakan model punch hole. Posisinya ini membuat smartphone tetap nyaman sat digunakan bermain game, karena tidak mengganggu navigasi tangan saat bermain game.

Beralih ke sisi kanan dan kiri. Di sisi kanan terdapat tombol power. Namun, tombol ini bukan hanya berfungsi untuk menyalakan dan mematikan smartphone. Tetapi di permukaannya tertanam pemindai sidik jari. Dengan desain seperti ini, proses pemindaian sidik jari menjadi lebih mudah. Sementara di sisi sebaliknya, terdapat tombol volume up dan volume down. Tombolnya tidak didesain menyatu alias baik volume up dan volume down memiliki tombol sendiri-sendiri. Di atasnya terdapat slot untuk meletakkan micro SIM Card. Smartphone ini menganut dual SIM Card yang bisa digunakan bersamaan. Menariknya, slot SIM ini juga bisa menampung memori tambahan MicroSD Card hingga kapasitas 1TB dan tidak didesain hybrid alias semua kartu baik dua micro SIM maupun MicroSD bisa digunakan bersamaan.

Beralih ke bagian bawah. Selain terdapat lubang speaker dan slot USB type C, ada juga port audio 3,5mm dan lubang mikrofon. Jadi, Anda bisa menggunakan headphone atau earphone kabel ke smartphone ini.

Sementara di bagian atas hanya terdapat lubang kecil mikrofon. Jadi, smartphone ini menggunakan mikrofon ganda, yang terletak di bawah dan di atas smartphone. Sementara lubang speakernya bisa mengeluarkan audio stereo yang berkualitas. Speaker ini meneruskan proses audio yang ada di dalam smartphone yag diolah menggunakan teknologi audio Dirac HD yang dapat membuat pengalaman hiburan dan gaming menjadi lebih menyenangkan.

Bagian bawah OPPO A96

Di bagian belakang, seperti yang sudah diceritakan di atas, bahwa permukaannya menggunakan teknik pewarnaan OPPO Glow yang bebas sidik jari. Di bagian kanan atas terdapat susunan kamera belakang yang ditempatkan menyatu dalam sebuah area khusus berbentuk persegi panjang. Dua kamera utama, berkemampuan 50MP dan 2MP bokeh, serta lampu LED flash menempati bagian kamera tersebut. Bagian ini bisa terlindungi saat Anda menggunakan soft case transparan.

Bagian belakang dengan dual camera utama

Secara keseluruhan, desainnya cukup nyaman digenggam. Selain memiliki desain yang oke, smartphone ini juga tidak terlalu berat, karena memiliki bobot sekitar 190,9 gram. Dimensi totalnya sendiri adalah 164,4mm panjang x 75,7 mm lebar, dan 8,4 mm untuk ketebalannya.

Fitur dan Performa

OPPO A96 hadir dengan membawa sistem operasi ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Tentunya, sistem operasi ini membawa berbagai kemudahan dalam hal navigasi dan pengoperasian smartphone karena Androidnya sudah  mendapat sentuhan dari OPPO untuk kenyamanan pengguna. Memorinya cukup besar, yaitu 8GB dan bisa diperluas hingga 5GB lagi. Hal ini dimungkinkan berkat adanya fitur RAM Expansion. Fitur ini ada di menu settings dan bisa diaktifkan jika Anda menginginkannya. Ada tiga pilihan yang disediakan untuk memperluas memori ini, yaitu penambahan 2GB, 3GB, dan 5GB. Tambahan memori ini diambil dari ruang storage yang tidak terpakai.

ColorOS 11.1

Untuk kekuatannya, OPPO A96 sudah menggunakan prosesor terbaru dari Snapdragon seri 6, yaitu Snapdragon 680. Prosesor ini dapat memberikan tenaga ekstra tetapi tetap irit daya. Prosesor yang dibuat dengan fabrikasi 6nm ini dapat memberikan tenaga yang lebih besar dibandingkan teknologi sebelumnya. Apalagi prosesor ini ditemani dengan GPU Adreno 610. Paduan keduanya dapat memberikan kinerja super, terutama di jaringan 4G mobile. Penggunaan prosesor ini juga bisa meningkatkan kemampuan baterai 20% lebih baik.

Berbasis Android 11 dan memiliki RAM Expansion hingga 5GB

Sementara ColorOS 11.1 juga membawa kemudahan pengoperasian. Ada banyak fitur disematkan dalam ColorOS ini. Hal ini tentunya bisa memberikan pengalaman yang lebih kaya dan nyaman dalam meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Beberapa fitur yang disediakan OPPO A96, seperti pemindai sidik jari, Face unlock, manajemen baterai, hingga NFC

Untuk sisi kamera, OPPO A96 mengusung Kamera Depan 16MP, menghasilkan bidikan potret yang menawan. Fitur terbaru diaplikasikan pada perangkat ini seperti AI Natural Retouching mencakup penghilangan noda sekaligus mempertahankan fitur wajah alami. Sementara  itu, fitur 360° Fill Light membantu mencerahkan bidikan potret di lingkungan yang redup.

Fitur di aplikasi kamera

Kamera Belakang 50MP hadir dengan sensitivitas tinggi dan Kamera Bokeh 2MP, memungkinkan pengguna menggunakan mode portrait untuk mengambil foto dengan efek bokeh yang presisi dan alami. Kamera belakang juga mendukung 5x perbesaran digital dan 20x bidikan beruntun. Kamera ini ditemani dengan berbagai fitur pendukungnya, seperti AI Palette, Bokeh Flare Portrait, Flash Snapshot, dan Selfie HDR. Fitur-fitur ini tentunya bisa memberikan lebih banyak fleksibilitas pengguna ketika mereka memotret dalam berbagai skenario berbeda.

Aplikasi kamera yang memiliki banyak mode di dalamnya

OPPO A96 juga sudah memiliki sertifikasi IPX4. Ini adalah yang menyatakan bahwa OPPO A96 bisa tahan terhadap cipratan air normal. Adanya sertifikasi ini, tentunya dapat membantu menghilangkan rasa kekhawatiran pengguna terutama saat smartphone berada di situasi seperti hujan gerimis. Sertifikasi IPX4 ini masih ditemani sertifikasi IP5X yang bisa melindungi smartphone dari debu-debu di sekelilingnya.

OPPO A96 mengusung dua slot micro SIM Card dan satu microSD yang bisa digunakan bersamaan, tidak bergantian.

Untuk hiburan dan game, OPPO juga menyematkan kualitas audio stereo yang lebih baik. dengan begitu, pengalaman mendengarkan audio dari A96 ini menjadi lebih nyaman. Speaker di OPPO A96 dapat menghasilkan audio stereo berkualitas tinggi sekaligus dapat mengurangi kebisingan di sekitar. Teknologi audio Dirac HD akan membuat pengalaman hiburan lebih imersif pada perangkat ini. OPPO A96 menjadi perangkat seri A pertama yang mengusung speaker ganda.

Speaker di OPPO A96 dapat menghasilkan audio stereo berkualitas tinggi sekaligus dapat mengurangi kebisingan di sekita

Terakhir adalah baterai. Jangan khawatir dengan durasi penggunaan OPPO A96. Hal ini karena adanya baterai berkapasitas besar 5.000mAh. Kapasitas ini dapat memberikan daya yang cukup untuk seharian penuh. Bagaimana jika daya baterai habis? Tenang saja. OPPO juga mengintegrasikan sistem pengisian daya 33W SUPERrVOOC yang dapat mengisi daya smartphone dengan lebih cepat. Dan jangan khawatir dengan charger supercepatnya, karena OPPO tetap menyertakan charger dalam paket penjualannya.

Berikut ini hasil benchmark dari OPPO A96.

Ini hasil foto-foto OPPO A96. 

Spesifikasi

Fitur Spesifikasi
Prosesor Snapdragon® 680
Dimensi Panjang: sekitar 164,4 mm

 Lebar: sekitar 75,7 mm

 Ketebalan: sekitar 8,4 mm

 Berat: sekitar 190,9 gram

Layar 6,59 inci 

 Resolusi 1080 × 2412 FHD

 90Hz refresh rate + Adaptive Refresh Rate

 180Hz touch sampling rate

 96% NTSC wide color gamut

 90.8% screen-to-body ratio

Kamera Depan 16MP F/2.0
Kamera Utama 50MP F/1.8, 5x Perbesaran Digital, 20x Bidikan Beruntun

 2MP F/2.4 Kamera Bokeh

Buka Kunci perangkat Side Fingerprint Unlock + Face Recognition Unlock
RAM & Penyimpanan Internal 8GB + Ekspansi RAM (2GB, 3GB dan 5GB)

 256GB + perluasan MicroSD hingga 1TB

Baterai dan Pengisian Daya 5000mAh

 33W SUPERVOOC

Sertifikasi IPX4, IP5X, Netflix HD, Amazon HD
Speaker Dual Speakers Dual Microphones
NFC Didukung
Penampang Belakang OPPO Glow, Anti Noda & Sidik Jari, Anti Goresan
Warna Starry Black & Pearl Pink
Harga Rp4.299.000

Kesimpulan

OPPO tetap memanjakan pengguna setianya, terutama di kelas menengah dengan hadirnya OPPO A96 ini. Smartphone ini cocok digunakan sebagai teman aktivitas seharian penuh. Tidak hanya untuk menemani pekerjaan, tetapi juga hiburan, gaming, bahkan untuk membuat konten-konten menarik. Dengan begitu, media sosial Anda bisa menjadi lebih menarik berkat konten-konten ciamik yang dihasilkan dari OPPO A96.

OPPO A96 bisa jadi teman harian penggunanya

Tidak hanya sebagai suksesor OPPO A95. OPPO A96 juga memiliki banyak peningkatan, terutama untuk masalah kinerja dan pengoparasian sehari-hari. Selain dari prosesor yang kini menggunakan Snapdragon 680, OPPO A96 juga menggunakan storage lebih besar, yaitu 256GB. Ini pun masih bisa ditambah karena adanya slot MicroSD Card yang bisa menampung hingga kapasitas 1TB. Sangat besar untuk menampung berbagai konten di dalamnya.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS