November 11, 2021

GIIAS 2021 Resmi Dibuka, Hadirkan Produk-Produk Otomotif Penuh Inovasi

Penulis: Desmal Andi
GIIAS 2021 Resmi Dibuka, Hadirkan Produk-Produk Otomotif Penuh Inovasi  

Mobitekno – orld Class Auto Show Series, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 telah resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto di Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kabupaten Tangerang. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah RI, dengan dukungan penuh dan berbagai kebijakan GIIAS dapat kembali terlaksana. “GIIAS akan menjadi simbol semangat industri otomotif Indonesia dalam mengatasi pandemi. Sebuah tonggak positif bagi pertumbuhan industri otomotif bangsa Indonesia, GIIAS merupakan kebanggaan bangsa dan mencerminkan upaya GAIKINDO untuk terus mendorong kemajuan industri otomotif Indonesia,” ucap Nangoi.

Pada kesempatan itu, Nangoi juga menyampaikan berbagai pencapaian yang dicatat Industri otomotif Indonesia, meski dalam masa pandemi akibat Covid-19. Yang pertama adalah bahwa Indonesia sudah swa sembada kendaraan bermotor, kedua Kendaraan-kendaraan yang mendapatkan kebijakan PPnBM DTP adalah kendaraan yang diproduksi di Indonesia dengan Local Purchase lebih dari 60 persen. Dan periode Januari–Oktober 2021, tercatat kenaikan penjualan domestik hingga 68 persen dibandingkan dengan periode yang sama ditahun lalu. Terakhir bahwa pulihnya industri otomotif Indonesia akan membangkitkan berbagai industri dan UMKM disektor otomotif, “Sebagai lokomotif industri, pulihnya industri otomotif akan juga membangkitkan kegiatan industri pendukung yang menyerap banyak tenaga kerja,” jelas Nangoi.

Nada positif untuk industri otomotif Indonesia juga diungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pada upacara pembukaan GIIAS 2021, pada 11 November 2021 dalam sambutannya, mengatakan bahwa waktu penyelenggaraan GIIAS setelah absennya pada tahun lalu adalah sebuah hal yang baik, karena kondisi pandemi yang semakin membaik, dan bahkan pada triwulan ketiga, penanganan covid di Indonesia adalah yang terbaik di ASEAN.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian juga mengucapkan selamat kepada GIIAS dan Menteri Perindustrian untuk pengembangan sektor otomotif di Indonesia, “Selamat atas penyelenggaraan GIIAS yang terus mendorong pergerakan industri otomotif di Indonesia, tentu kita berharap pameran ini bisa mendorong industri otomotif yang memiliki multiplayer effect yang tinggi,” jelasnya.

GIIAS
Airlangga Hartarto resmi membuka pameran GIIAS 2021

GIIAS 2021 melaju dengan tema Wheels to Move

Mengusung tema “Wheels to Move” yang diartikan sebagai sebuah pernyataan bahwa industri otomotif Indonesia akan selalu bergerak maju bersama GAIKINDO, dan Nangoi mengungkapkan bahwa melalui penyelenggaraan GIIAS, berbagai teknologi dan produk terbaru hasil industri otomotif, termasuk kendaraan berbasis listrik yang saat ini hadir dan diperkenalkan, mencerminkan komitmen dari industri otomotif Indonesia akan pentingnya ikut menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania dari kendaraan komersial akan menampilkan berbagai produk dan teknologi inovasi terbaru mereka sepanjang penyelenggaraan GIIAS 2021. Puluhan varian kendaraan berbasis listrik akan dipamerkan dan diperkenalkan, diantaranya juga dapat dicoba langsung pada area program test drive GIIAS 2021.

GIIAS 2021 akan berlangsung mulai tanggal 11 – 21 November 2021. Pameran berskala internasional ini didukung oleh, Astra Financial & Logistic kembali hadir sebagai Platinum sponsor GIIAS 2021, dukungan lainnya juga datang dari Pertamina, dan tahun ini OLX Autos memberikan dukungannya sebagai official trade in partner.  Selain itu Astra Honda Motor, Llumar, MLD Spot, Boson, dan BKleen Indonesia sebagai safety protocol partner GIIAS 2021.

Tags: , , ,


COMMENTS