September 10, 2021

Penjualan AIoT Meningkat 193% di Januari–Agustus 2021, Realme Optimis Rajai AioT Choice Tahun Ini

Penulis: Desmal Andi
Penjualan AIoT Meningkat 193% di Januari–Agustus 2021, Realme Optimis Rajai AioT Choice Tahun Ini  

Mobitekno – Peningkatan ini merupakan hasil penjialan Januari – Agustus 2021, dibandingkan periode yang sama pada tahun 2020. Namun, perhitungan masih terus terjadi hingga saat ini, sehingga Realme optimis perangkat AioT-nya bisa menjadi pilihan nomor 1 di Indonesia bagi masyarakat. Optimisme Realme ini juga didukung data sejak Q1 than 2020 hingga Q2 2021, pertumbuhan keseluruhan produk AioT Realme mencapai lebih dari 1377%. Bahkan jika dibandingkan antara Q2 2021 dengan Q2 2020, pertumbuhannya mencapai 151%. Ini hasil yang sangat membanggakan Realme. Update informasi ini datang langsung dari Realme melalui sebuah acara bertema AioT Talks yang berlangsung pada Kamis, 9 September 2021.

Optimisme Realme untuk tahun 2021 ini

“realme memiliki ambisi untuk menjadi No. 1 AIoT Choice di akhir tahun ini melalui serangkaian perangkat AIoT yang berkualitas. realme berharap, serangkaian produk AIoT yang dikembangkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna, khususnya anak muda Indonesia, untuk menunjang gaya hidup yang lebih cerdas melalui produk trendsetting technology yang trendi dan terjangkau semua kalangan,” ujar Palson Yi, Marketing Director Realme Indonesia.

“Pertumbuhan AioT Realme memang baru terlihat pada Q2 2020. Hal ini karena pada Q1 2020 Realme baru memiliki satu produk AioT saja. Namun, selanjutnya kami meluncurkan banyak produk AioT,” lanjut Palson.

Palson Yi, Marketing Director Realme Indonesia

Untuk pertumbuhan tahunan Realme (Year-on-Year) sendiri berdasarkan kategori, Smart TV menyumbangkan pertumbuhan sebesar 505% pada periode Januari  Agustus 2021, dibandingkan periode yang sama pada 2020. Sementara perangakt wearable bertumbuh 56%, TWS 234%, serta laptop dan perangkat lainnya sebesar 912%. Hal ini berdasarkan strategi Realme sebelumnyam yaitu 1+4+N. Dimana 1 adalah smartphone, dilanjutkan 4 perangkat AioT, dan N adalah produk-produk lifestyle.

Namun begitu, jika dihitung berdasarkan volume, TWS menjadi kontributor utama dalam pertumbuhan AioT Realme. Angka pertumbuhan volumenya mencapai 62,1%. Sementara wearable devices berkontribusi 20,8%, Smart TV 8,4%, dan laptop serta produk lifestyle 8,7%.

Kontribusi penjualan AIoT Realme per Kategori 2021

Dengan pencapaian penjualan perangkat AioT yang positif ini, membuat ambisi Realme menjadi nomor 1 AioT Choice semakin mendekati kenyataan. Ini juga membuat Realme semakin semangat mengeluarkan produk-produk AioT berkualitas untuk masyarakat Indonesia khususnya Realme Fans. Tidak cukup sampai Realme Book yang pre rdernya mencapai jumlah 1500 unit, jumlah yang terhitung banyak untuk pemain baru di segmen laptop, Realme juga akan menghadirkan satu produk baru lagi di Q4 tahun 2021.

Hadirnya 5G membuat Strategi Realme Menjadi 1+5+T

Realme juga menginformasikan perubahan strateginya, dari yang lama yaitu 1+4+N menjadi 1+5+T, dimana 1 tetap erujuk ke produk smartphone; 5 merujuk ke TWS, wearable device, smart TV, tablet, dan laptop; dan T merujuk untuk Techlife, produk yang mendukung gaya hidup pengguna Realme. Hal ini dilakukan realme karena adanya teknologi 5G yang juga mengubah cara produk bekerja,s ehingga diharapkan perubahan ini semakin memperkuat penetrasi pasar AioT Realme.

Strategi baru Realme

Untuk memperkuat penetrasi pasar ini, Realme juga menginformasikan semakin meluasnya layanan purna jual mereka. Terhitung hingga saat ini, Realme memiliki 32 Official Service Center, 94 Authorized Service Center, dan layanan garansi produk hingga 2 tahun. Realme memang sangat memperhatikan masalah layanan purna jual produk-produk mereka. Selain itu, Realme juga memiliki 53 Official Store di 31 area di Indonesia. Official store ini memungkinkan konsumen untuk mencoba secara langsung produk-produk Realme.

Tags: , , , ,


COMMENTS