August 9, 2021

Motherboard MSI B560 Series Terbaru Dukung Aktivitas Kerja dan Gaming Tanpa Lemot, Bisa Overclocking Juga

Penulis: Desmal Andi
Motherboard MSI B560 Series Terbaru Dukung Aktivitas Kerja dan Gaming Tanpa Lemot, Bisa Overclocking Juga  

Mobitekno – Angka kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya di Jakarta, Pulau Jawa dan Bali, sempat tinggi pada satu bulan lalu. Hal ini membuat pemerintah terpaksa mengeluarkan kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat melalui program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Aktivitas pun harus dilakukan dari rumah lagi, mulai dari anak sekolah hingga dewasa yang sudah bekerja. Keadaan ini membuat pamor perangkat gadget, laptop, dan komputer, semakin bertambah populer. Hal ini karena perangkat tersebut bisa menunjang banyak aktivitas di rumah sehingga tidak membosankan.

MSI, brand yang telah lama dikenal bagi pengguna PC Desktop dan laptop juga menyadari hal ini. Oleh sebab itu, melalui inovasi-inovasinya, MSI selalu berusaha menyajikan produk terbaru dengan teknologi terkini. Dengan demikian, pengguna PC pun bisa meng-upgrade komputer mereka supaya tidak lemot lagi. Salah satu perangkat yang dapat menambah performa PC adalah motherboard. Dan, MSI memiliki salah satu motherboard unggulan mereka, yaitu, Motherboard B560 Series. Perangkat ini dapat berfungsi sebagai pusat penghubung komputer yang ada di rumah sehingga performanya tidak lemot lagi.

Motherboard MSI B560 Series

Saah satu keunggulan MSI B560 ini adalah desainnya yang premium. Lekuk bodi motherboard membuat tampilannya menjadi terlihat mewah. Motherboard ini pun dilengkapi berbagai fitur unggulan lain di dalamnya. Motherboard dengan chipset B560 ini memiliki fitur Extended Heatsink agar suhu motherboard tetap rendah saat menjalankan prosesor Intel generasi terbaru.

Selain itu, ada juga fitur core boost yang di buat untuk mengalirkan arus yg tidak terdistorsi ke CPU dengan akurasi yang tinggi. Ini membuat motherboar dapat menciptakan kondisi yang sempurna untuk overclocking. Ada banyak fitur lain seperti, M.2 shield frozr, sistem cooling, Frozr AI cooling, PCB dari motherboard MSI B560 series terbuat dari 2 ounce thickened copper untuk memaksimalkan conductivity, mempercepat pelepasan panas dan memberikan performa yang realiable saat overcloking. Sebagai tambahan, M.2 pada B560 series sudah berteknologi PCIe gen 4 yang kecepatannya dua kali lebih cepat dari PCIe gen 3, dengan catatan motherboard B560 series harus dipasangkan dengan CPU processor intel gen 11th karena processor intel gen 10th tidak memiliki controller PCIe gen 4.

Menariknya, motherboard ini jika dipasangkan dengan prosesor Intel gen 10, maka 1 slot M.2 akan otomatis berjalan pada PCIe gen 3. Sehingga slotnya masih tetap bisa digunakan. Hal ini tentunya menjadi berbeda dengan motherboard berbasis chipset B560 lainnya, dimana 1 slot M.2 akan dinonaktifkan jika menggunakan prosesor Intel Gen 10. Jadi, pengguna bisa kehilangan 1 slot penyimpanan.

Overclock

Overcloking adalah upaya yang dilakukan untuk mendapatkan performa yang lebih dari sebuah komponen PC dengan cara merubah clock-rate, multiplier, dan juga voltase dari komponen tersebut. Overclock pada dasarnya memungkin kan pengguna untuk mendapatkan performa tambahan secara gratis dari part yang sedang digunakan . Istilah overclock menjadi biasa digunakan untuk para pengguna komputer enthusiast. Di Motherboard MSI ini, pengguna bisa melakukan hal tersebut, termasuk untuk overclock memori. Dengan hanya mengaktifkan fitur XMP atau menggunakan “Memory Try It” yang bisa diakses dari menu BIOS< pengguna bisa melakukan overclock memori dengan cepat dan mudah. Memory overclocking pada motherboard MSI B560 Series bisa dilakukan pada pengguna yang memasangkan motherboard ini dengan prosesor intel gen 11th dan gen 10th jika sebelumnya pada seri motherboard dengan chipset B460 series tidak tersedia overclocking memory untuk prosesor intel gen 10th. Jadi motherboard terbaru ini otomatis memberikan pengguna extra performance yang jauh lebih baik dari generasi motherboard B series sebelum nya, alias membuatnya menjadi motherboard chipset Intel B-series pertama yang bisa melakukan Overclocking.

Di Motherboard MSI 560, ada 3 part PC yang bisa di overclock, yaitu CPU, Graphic Card, dan RAM (memory), ketiga part ini bisa di overclock dengan cara yang sangat mudah, yaitu dengan hanya memakai fitur yang bernama Memory Try It! yang sudah tersedia pada BIOS motherboard MSI B560 Series, pengguna tinggal masuk ke BIOS dengan menekan tombol delete saat PC baru dinyalakan, kemudiak masuk ke tab advance menekan (shortcut F7), dibagian OC pilih fitur Memory Try It! Disini pengguna akan menemukan banyak profile Overclocking memory yang sudah disediakan, profile ini akan berbeda-beda sesuai dengan RAM yang digunakan, disini pengguna bisa memilih untuk mengaktifkan profile mana yang paling cocok dengan rating RAM yang dimiliki. Mudah bukan?

Buat para penggemar aktivitas overclock di Indonesia, MSI memiliki kompetisi overclock yang bisa diikuti secara gratis. Di ajang ini, kamu bisa membuktikan kemampuan overclock yang dimiliki sehingga PC bisa berjalan lebih kencang. Kompetisi “MSI B560 Memory Try It! Overlocking Competition” juga menyediakan berbagai hadiah menaruk., seperti monitor gaming, Gaming Chair, Liquid Cooler, hingga puluhan Lucky Draw Steam Wallet, masing-masing sebesar USD 30.

“MSI Indonesia dengan pertama kalinya mengadakan Overclocking Competition yang berfokus hanya di motherboard B560. Tidak ada persyaratan khusus untuk membandingkan kinerja memori atau CPU kelas atas selama kompetisi ini. Ini murni perbandingan frekuensi memori pada Motherboard. Kedepannya kita akan mencoba untuk mengadakan kompetisi ke segala seri Motherboard MSI yang ada.” Ungkap Michael Liang Sebagai MSI Country Manager MSI Indonesia.

Kompetisi overclock dari MSI

Untuk acara overclocking ini, MSI telah membuka pendaftaran yang akan berakhir hingga tanggal 31 Agustus 2021. Caranya pun sangat mudah. Cukup dengan memiliki Motherboard B560, lalu Overclock RAM kalian pada fitur Memory Try It!, validasi hasilnya melalui CPU-Z (screenshot), lalu upload hasil ke website competition page MSI. Selengkapnya kalian bisa cek link ini : https://id.msi.com/Landing/b560-memory-try-it-overclocking-competition

Motherboard B560 Series dari MSI bisa didapatkan di official online store MSI di berbagai online shop, atau di dealer dealer resmi MSI di berbagai kota di Indonesia, setiap pembelian motherboard MSI di toko resmi, konsumen akan mendapatkan 2 tahun garansi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS