May 4, 2020

Motherboard MSI 400 Series, Produk Baru MSI yang Tangguh untuk Para Gamer

Penulis: Desmal Andi
Motherboard MSI 400 Series, Produk Baru MSI yang Tangguh untuk Para Gamer  

Mobitekno – Motherboard MSI 400 ini dihadirkan MSI untuk menyadasar pasar gaming di Indonesia. Pasar gaming memang semakin tumbuh, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara dan dunia. Menurut laporan Newszoo, gamer di Asia Tenggara saja sudah menghabiskan US$ 1,1 miliar untuk berbelanja kebutuhan game pada tahun 2018. Inilah yang dilihat MSI dengan meluncurkan produk moherboard baru, MSI 400 belum lama ini di Indonesia.

Produk motherboard baru dari MSI ini menggunakan prosesor Intel generasi kesepuluh dengan soket 1200. Dengan begitu kinerja di CPU dapat ditingkatkan. Seri MEG, MPG, dan MAG adalah tiga segmen yang dihadirkan MSI untuk memuaskan gamer di Indonesia, mulai dari pemula hingga profesional.

Selain dukungan untuk prosesor Intel generasi ke-10, MSI juga meningkatkan fitur pendinginan pada seri 400 ini. MSI 400 series ini juga membawa 2.5G ethernet LAN dan solusi Wi-Fi 6. Ini membuat motherboard mendukung proses transfer yang cepat. Pas untuk game-game terkini yang membutuhkan akses cepat di setiap laga. Sebagai produk yang menyasar ke pasari gaming, semua motherboard seri 400 juga sudah mendukung LED RGB dan LED EZ Control terbaru.

Ada tiga seri yang dipersiapkan MSI untuk mengisi pasar gaming di Indonesia, yaitu MEG, MPG, dan MAG. Ketiga seri ini sudah didesain dan dipersiapkan untuk mendukung aktivitas gamer.

Seri MEG

Seri ini merupakan segmen flagship dari MSI. MEG dilengkapi sistem pendinginan berteknologi Zero Frozr. Dilengkapi dengan ventilasi pada I/O shielding, MEG mampu mengusir hawa panas dengan baik. Hal ini bisa dilihat pada MEG Z490 GODLIKE yang menawarkan desain termal lebih bertenaga, mencakup Stacked Fin Array, pipa termal dan Mosfet Baseplate untuk kinerja ekstrim.

Di seri ini, tiga slot M.2 dilengkapi dengan M.2 Shield Frozr untuk pendinginan yang lebih baik. Dibandingkan dengan desain-desain lain, motherboard seri MEG mengadopsi Mirrored Power Arrangement dengan pengendali ISL Phases untuk menggandakan tingkatannya. 16x 90A Smart Power Stage Design dengan 16x Titanium Choke III juga digunakan untuk memastikan penghantaran power yang identik, konsisten, dan stabil dari prosesor Intel Core 10th Gen.

Seri MEG diperkuat juga dengan Audio Boost HD dengan prosesor ALC1220 untuk menghadirkan audio berkualitas. MSI juga menyematkan 10G Super LAN dan port Thunderbolt 3 untuk transfer data yang cepat.

Seri MPG

Motherboard ini menyasar ke gamer yang menginginkan kinerja tinggi. Dilengkapi dengan Mystic Light LED dengan 29 efek warna, produk ini terlihat eksklusif. Seri MPG ini juga memiliki solusi termal ang baik untuk mengurangi panas. Bahkan, MPG Z490 Gaming Carbon Wifi memiliki fitur chipset heatsink dan heat pipe yang sudah diperbesar. Untuk mendukung kecepatan transfer, seri ini mendukung 2.5G LAN dan Wi-Fi 6AX. Kecepatan transfer yang ada di MPG Z490 Gaming Carbon Wifi dan MPG Z490 Gaming Edge Eifi bagkan bisa mencapai 20Gbps dengan konektor Type-C.

Seri MAG

Seri ini tampil lebih kokoh dengan tampilan militer. Seri MAG adalah motherboard berbasis kinerja dengan spesifikasi penting untuk memenuhi kebutuhan para gamer. MAG Z490 Tomahawk memiliki cover aluminium dan MAG B460 Tomahawk memiliki Extended Heatsink Design. Kedua heatsink yang diperbesar itu bakal memastikan efek termal yang lebih baik. Semua slot M.2 dilengkapi dengan M.2 Shield Frozr untuk mencegah terjadinya throttling.

Selain Tomahawk, terdapat juga MAG Mortar dan Bazooka dimana semuanya sudah dilengkapi dengan 12+1+1 Duet Rail Power System untuk performa yang lebih stabil

Seri Pro

Seri PRO membantu para gamer bermain dengan lebih cerdas. Z490-A PRO memiliki fitur-fitur fungsional yang stabil dan perakitan berkualitas tinggi untuk menghadirkan workflow profesional yang berkualitas tinggi. Extended Heatsink Design, M.2 Shield Frozr dan Digital PWM dengan 12 Duet Rail Power System berkolaborasi untuk menyajikan pemrosesan yang andal. Solusi Network yang dipakai juga di-upgrade ke 2.5G LAN supaya gamer menikmati pengalaman jaringan yang lebih cepat.

 

Tags: , , ,


COMMENTS