October 3, 2021

Qiscus Luncurkan Rangkaian Fitur dan Produk Baru di Penutupan Conversa 2021

Penulis: Muhammad R
Qiscus Luncurkan Rangkaian Fitur dan Produk Baru di Penutupan Conversa 2021  

Mobitekno – Sukses menyelenggarakan acara konferensi tahunan Conversa 2021 selama tiga hari, Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform Multichannel Chat untuk bisnis, membagikan sejumlah insight kepada para pelanggannya agar tetap relevan menjalankan bisnisnya.

Hal lain, Qiscus juga ingin membantu lebih banyak pelaku bisnis menghadirkan layanan teknologi yang lebih sesuai dengan kebutuhan bisnis, serta menyediakan layanan untuk berkolaborasi bagi partner atau perusahaan SaaS lainnya.

Selain itu, Qiscus sebagai salah satu penyedia multichannel chat terbaik di Asia Tenggara ini juga merilis produk Qiscus Robolabs dan Qiscus App Center. Kehadiran keduanya dilatarbelakangi riset yang dilakukan tim Qiscus serta untuk memenuhi besarnya permintaan pasar.

Evan Purnama selaku CTO Qiscus menjelaskan bahwa terdapat tiga hal utama yang disorot pada rilis produk kali ini, yaitu customer experience, automasi, dan kolaborasi.

“Ketiga hal tersebut menjadi poin penting dalam konteks menjadikan platform Qiscus Multichannel Chat sebagai digital ekosistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dalam memenuhi ekspektasi konsumen,” ungkapnya.

Peluncuran pertama yang diumumkan Qiscus adalah tiga fitur baru pada Qiscus Multichannel Chat. Fitur pertama adalah Messenger API for Instagram, yang memungkinkan pengguna mengintegrasikan akun Instagram Business-nya dengan dashboard Qiscus Multichannel Chat.

Fitur kedua adalah Multichannel Customer Contact yang berfungsi untuk manajemen dan pengelolaan data pelanggan yang bersumber dari berbagai platform. Fitur ketiga yaitu Multichannel Mobile Widget, dimana pengguna Qiscus Multichannel dapat memasang widget Multichannel Chat Qiscus di dalam mobile application-nya, sehingga memudahkan konsumen saat mereka hendak menghubungi melalui aplikasi.

Qiscus juga meluncurkan produk Qiscus Robolabs, sebuah platform Chatbot builder dari Qiscus, yang berfungsi mempermudah pengguna untuk membuat Chatbotnya sendiri dengan template chatbot sederhana dan secara no-code/low-code, serta bisa mempermudah pengguna melakukan training. Chatbot tersebut juga akan otomatis terhubung dengan Multichannel.

Evan menegaskan pengembangan Qiscus Robolabs sudah dilakukan sejak kuartal kedua tahun ini. Robolabs juga terintegrasi dengan platform NLP dari Google, yaitu Dialogflow. Qiscus Robolabs akan terus melakukan improvement untuk dapat terintegrasi dengan bot engine lainnya.

Fitur yang dapat menunjang kebutuhan bisnis terbilang lengkap, khususnya dalam hal pelayanan customer service seperti: Handover agent, Bot template, Training bot, Integrate with External Webhook, dan Analytics sehingga bisnis dapat melihat metrik penggunaan chatbot, seperti jumlah percakapan yang dapat dihandle oleh bot, atau percakapan mana yang diteruskan ke human agent.

Produk lain yang dirilis adalah Qiscus App Center, yang memungkinkan pengguna Qiscus Multichannel Chat menemukan dan mengintegrasikan berbagai aplikasi untuk mendukung kebutuhan bisnisnya, seperti CSAT, Agent Allocation, CRM, dan custom channels. Dari sisi pengguna, produk ini diharapkan dapat menjadikan Qiscus Multichannel Chat sebagai one-stop solution sehingga berbagai aktivitas bisnis dapat dilakukan melalui satu platform yang sama.

Dari sisi partner dan pengembang aplikasi, Qiscus melalui Qiscus App Center ingin memberikan ruang kolaborasi sehingga pihak ketiga ini dapat menampilkan berbagai solusi mereka serta membuka pasar yang lebih luas.

Peluncuran berbagai fitur dan produk teranyar Qiscus pada menjadi puncak sekaligus penutupan acara tahunan Conversa 2021.

Tags: , , , , ,


COMMENTS