December 29, 2020

Samsung Bergulat dengan Tantangan Saat Mendesain TV Layar Rotasi Pertama di Dunia, The Sero

Penulis: Muhammad R
Samsung Bergulat dengan Tantangan Saat Mendesain TV Layar Rotasi Pertama di Dunia, The Sero  

Mobitekno – Menyambut tahun baru yang tinggal menghitung hari, Samsung menawarkan satu pengalaman yang sepenuhnya baru dalam menikmati TV. Samsung The Sero hadir sebagai TV pertama di dunia yang memiliki kemampuan ‘salto’, yakni dapat berorientasi layar horizontal dan vertikal, semudah memutar smartphone atau tablet.

The Sero hadir mendukung para pengguna berjiwa muda dan dinamis, yang banyak terhubung dengan smartphone dalam keseharian.

Meski begitu, tidak sulit membayangkan seluruh keluarga menikmati keunggulan The Sero. Perangkat ini cocok untuk menikmati konten media sosial, layanan streaming, game, semuanya dibungkus dengan desain menarik demi sebuah pengalaman inovatif yang belum pernah ada.

Sebelum menciptakan The Sero, Samsung melakukan penelitian ekstensif mengenai tren yang ada di masyarakat dalam mengonsumsi konten.

Fomalhaut Sundamen, Head of TV/AV Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia menjelaskan, “Dalam beberapa tahun terakhir, pengguna telah terbiasa menikmati konten media sosial, game, hingga video musik di smartphone mereka dengan orientasi vertikal. Tren yang paling menonjol selama pengamatan kami adalah bahwa berbagai perangkat, dari TV, PC hingga tablet dan smartphone, saat ini digunakan sebagai media konsumsi.

“Juga lebih banyak orang menggunakan layanan video streaming dibandingkan sumber media konvensional. Hasil pengamatan tersebut yang mendorong Samsung ingin meningkatkan pengalaman konten ini dengan memindahkannya ke layar yang lebih besar.” kata Sundamen

Dalam proses mendesain The Sero, Samsung menghadapi tantangan besar dan bekerja keras merancang dan menentukan arah pengalaman spesifik yang akan dirasakan oleh pengguna. Mulai dari merancang pengalaman menonton seperti di smartphone, cara terbaik mengakses konten dan cara pengaturan konten dari jarak jauh, setiap fitur telah melewati pengujian ekstensif.

Tantangan pertama adalah mewujudkan layar yang dapat berputar dengan mulus dari horizontal ke vertikal maupun sebaliknya. Diperlukan pengujian teknis yang panjang hingga akhirnya menghasilkan proses yang sangat mudah bagi pengguna saat ingin merotasi layar. Cukup menggunakan remote kontrol atau menggunakan asisten suara Bixby, layar akan berputar mulus.

Bagian krusial selanjutnya adalah kemampuan mirroring yang kemudian menjadi salah satu fitur unggulan The Sero. Samsung bekerja keras mewujudkan cara termudah bagi pengguna untuk mirroring konten smartphone ke The Sero tanpa proses merepotkan.

Hasilnya, fitur Tap View memungkinkan pengguna cukup mengetukkan smartphone di bagian layar untuk memulai mirroring konten. Integrasi The Sero-smartphone ini turut diperkuat kemampuan intuititf The Sero untuk berputar mengikuti orientasi smartphone pengguna, apakah digunakan dalam format vertikal ataupun horizontal.

Tags: , , ,


COMMENTS