December 20, 2020

Review Galaxy Tab A7 2020, Layar Besar yang Cocok untuk Temani Aktivitas Belajar dan Hiburan Keluarga

Penulis: Desmal Andi
Review Galaxy Tab A7 2020, Layar Besar yang Cocok untuk Temani Aktivitas Belajar dan Hiburan Keluarga  

Mobitekno – Situasi pandemi membuat banyak orang harus melakukan aktivitasnya dari rumah. Tidak hanya untuk pekerja saja, tetapi juga pelajar. Sistem pembelajaran yang dikenal Pelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini pun membuat para pelajar harus menambah biaya kuota agar proses belajar dapat berjalan nyaman. Namun, bukan itu saja yang dibutuhkan. Perangkat pendukung seperti smartphone, laptop, atau tablet juga dibutuhkan untuk mengerjakan berbagai tugas dari sekolah.

Nah, sebagian pelajar menganggap menggunakan laptop sedikit agak merepotkan. Akan tetapi, menggunakan smartphone juga dianggap kekecilan. Tablet merupakan salah satu solusi diantara kerduanya. Samsung sebagai brand pembuat tablet yang terus eksis menciptakan berbagai inovasi di dalamnya, turut mengerti akan hal ini. Oleh sebab itu, sangat pas jika Samsung menghadirkan Galaxy Tab A7 dalam situasi pandemi saat ini.

Berbeda dengan Galaxy Tab S7 Series yang hadir sebelumnya karena diperuntukkan untuk pengguna profesional dan konten kreatif, Galaxy Tab A7 lebih ditujukan untuk para pelajar yang duduk di bangku sekolah dan universitas. Tablet ini dinilai pas untuk mereka. Namun begitu, dengan fitur yang ada, memungkinkan juga tablet ini digunakan bersama anggota keluarga lain untuk menikmati hiburan atau mengerjakan tugas yang tidak membutuhkan proses yang terlalu ribet. Mobitekno sempat merasakan tablet Galaxy Tab A7 ini untuk beberapa saat. Oleh sebab itu, kami pun akan menjelaskan pengalaman menggunakan tablet ini dalam ulasan berikut ini.

 

Kelengkapan

Sama seperti produk tablet buatan Samsung lainnya, Galaxy Tab A7 ini hadir dengan kemasan yang kokoh dan tebal. Warna putih mendominasi kemasannya. Walau terbuat dari bahan kardus yang cukup tebal, ukuran kemasannya masih nyaman dibawa oleh satu tangan.

Berikut ini isi dalam kemasan tablet Samsung Galaxy Tab A7:

  1. Satu unit Galaxy Tab A7 berwarna Dark Grey dengan bezel hitam
  2. Kabel USB Type C berwarna putih sekaligus berfungsi sebagai kabel charger
  3. SIM Ejector
  4. Power Adaptor dengan fast charging
  5. Earphone standar
  6. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi

 

Desain

Walau ditujukan untuk segmen tengah, tetapi desain Galaxy Tab A7 ini tidak kalah bagus dengan produk flagshipnya Galaxy Tab S7. Hadir dengan layar 10,4 inci dengan resolusi 2.000×1.200 piksel, Samsung Galaxy Tab A7 sudah cukup lega untuk menghadirkan konten-konten menarik. Apalagi beratnya hanya 469 gram, cukup ringan dibandingkan dengan tablet-tablet lainnya yang beredar saat ini. Layarnya berjenis IPS LCD  dengan perbandingan screen to body ratio sebesar 79%. Sementara rasio layarnya sendiri adalah 5:3 dengan 224 ppi density.

Untuk bodinya sendiri, Samsung juga mendesainnya dengan bahan metal. Jadi, kesan mewah terlihat jelas dalam tablet ini. Warna abu-abu terlihat di seluruh bodi belakang. Namun untuk bezel, Samsung tetap memberikan warna hitam. Perpaduan warna ini membuat Galaxy Tab A7 tampak sedap dipandang mata.

Posisi kamera depan tepat ada di tengah

Di setiap sudut juga didesain agak melengkung, sehingga tidak menyakitkan tangan saat dipegang. Kamera depannya diletakkan persis di tengah-tengah. Penempatan kamera depan ini membuat nyaman pengguna, terutama saat melakukan video conference. Mata akan terlihat fokus ke depan oleh teman meeting lainnya. Sementara kamera belakang diletakkan di pojok kanan atas. Adapun kamera depannya memiliki resolusi 5MP, dan kamera belakangnya 8MP.

Jika diposisikan dalam keadaan horizontal, dimana kamera depan berada di atas, maka tombol power dan volume ada di sisi atas. Posisi ini membuat kedua tombol tidak mudah tertekan saat tablet digunakan untuk video conference. Sementara di bagian bawahnya terdapat slot SIM Card.

Tombol power dan volume

Untuk menemani pengguna di sisi hiburan, Tidak lagi dengan dua speaker, Galaxy Tab A7 ini dilengkapi dengan quad speaker yang diletakkan imbang di sisi kanan dan kirinya. Keempat speaker ini sudah tentu akan menghasilkan suara yang pebih powerful. Apalagi, keempat speaker ini sudah memiliki teknologi suara Dolby Atmos. Dengan demikian, akan lebih seru menyaksikan hiburan video dan film blockbuster melalalui tablet Galaxy Tab A7 ini.

Di sisi lamanya pengoperasian, jangan khawatir, karena Samsung Galaxy Tab A7 dibekali dengan baterai sebesar 7.040mAh. Kapasitas yang sangat besar untuk tablet di segmen menengah.

Posisi kamera belakang

 

Fitur dan Performa

Samsung Galaxy Tab A7 hadir dengan sistem operasi Android 10 yang dibalut dengan One UI 2.1. Android 10 membuat ada banyak fitur yang bisa dirasakan penggunanya. Pengguna pun bisa lebih nyaman saat menggunakan tablet ini, baik untuk aktivitas belajar, mengerjakan tugas harian, atau menikmati konten bersama keluarga.

Ketebalannya yang hanya berukuran 7mm juga membuatnya tablet nyaman digunakan dimanapun pengguna berada. Kamera depannya yang berkemampuan 5MP cukup jernih dalam menangkap subjek di depannya. Ini dapat membantu pengguna terutama saat melakukan video conference. Tampilan muka menjadi lebih jelas terlihat. Posisinya yang berada di tengah juga membuat pengguna tampak lebih serius dalam mengikuti rapat online karena pandangannya yang lurus, tertuju pada kamera.

Sementara kamera belakangnya yang berkemampuan 8MP dengan Auto Focus juga sudah dapat menangkap subjek dengan detil. Jangan bandingkan kamera tablet ini dengan smartphone karena tujuan penggunaan tablet dan smartphone tentu berbeda. Namun, kamera di tablet Galaxy Tab A7 juga bisa digunakan untuk foto yang lebih ceria karena dilengkapi dengan fitur sticker di dalamnya.

Untuk sisi keamanannya, selain menggunakan kunci standar, yaitu PIN dan Password, Galaxy Tab A7 juga memiliki Face Recognition. Tidak ada fitur fingerprint di dalamnya. Namun, dengan Face Recognition, sudah cukup aman dalam melinndungi tablet dari akses orang-orang di sekitar pengguna.

Dilengkapi Face Recognition

Samsung Galaxy Tab A7 juga memiliki performa yang cukup kencang. Hal ini berkat penggunaan chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 dengan fabrikasi 11nm. Chipset ini dapat bekerja 14% lebih baik dibanding Exynos 7904 dalam mode single CPU, dan 33% lebih baik dalam mode auto. RAM disediakan 3GB, naik 1GB dibandingkan tablet A series pendahulunya.

Tablet ini juga memiliki baterai yang cukup besar, yaitu 7.040 mAh. Besarnya baterai ini juga didukung dengan teknologi pengisian daya 15W. Jadi, tidak akan lama untuk mengisi penuh daya baterai tersebut.

Karena tablet menyasar ke pelajar dan keluarga, Galaxy Tab A7 juga dilengkapi dengan fitur Samsung Kids. Fitur ini sangat memungkinkan tablet digunakan anak-anak, tanpa khawatir sang anak mengakses konten yang tidak diinginkan. Batasan-batasan pada Samsung Kids bisa diatur dari orang tua. Bahkan, browsernya pun tidak sefleksibel di mode biasa. Hanya dapat mengakses website yang memang ditujukan untuk anak-anak. Dengan demikian, tablet akan sangat aman diberikan kepada anak-anak.

Samsung Kids

Selain Samsung Kids, ada juga fitur parental yang memanfaatkan aplikasi dari Google, yaitu Family Link. Dengan aplikasi ini, orang tua dapat menentukan batasan dalam penggunaan fitur dalam tablet. Contohnya adalah membatasi waktu total penggunaan tablet, pembatasan aplikasi, akses untuk men-download, hingga lokasi anak yang bisa dilihat bersama dalam Google Maps. Fitur ini bisa menambah rasa aman orang tua, karena bisa diakses dan dipantau dari device lainnya yang terhubung ke tablet Galaxy Tab A7 ini.

Parental Control dari Google Family Link

Kami juga mengukur performa tablet ini dengan aplikasi benchmark. Berikut hasilnya.

Sementara itu, di bawah ini foto-foto yang dihasilkan dari kamera belakang Samsung Galaxy A7.

Spesifikasi

Samsung Galaxy Tab A7 ini, selain dibekali dengan chipset mumpuni dari snapdragon, juga memiliki memori yang telah ditingkatkan menjadi 3GB. Didukung dengan GPU Adreno 630, menikmati hiburan dan game pun menjadi lebih nyaman. Berikut ini spesifikasi dari Samsung Galaxy Tab A7:

 

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab A7 memang dirancang untuk memberikan dukungan bagi keluarga, terutama anak, sehingga mereka bisa belajar, berkreasi, dan berekreasi, dengan gembira. Fitur-fitur yang disediakan sudah cukup banyak untuk memanjakan keluarga, baik untuk bekerja, belajar, dan bermain. Ukurannya juga cukup besar sehingga konten yang hadir bisa tampil lebih detil.

Samsung Galaxy Tab A7 juga sangat mendukung situasi belajar PJJ bagi pelajar. Layar lega, kualitasi audio yang proma, serta kamera depan yang menghasilkan tangkapan jernih, membuat belajar menjadi lebih fokus. Hal ini tentunya bisa meningkatkan gairah belajar anak untuk mendapatkan nilai terbaik dalam situasi pandemi Covid-19 ini.

Salah satu hal yang menarik bagi pengguna saat membeli produk ini adalah layanan akses gratisnya. Berbeda dengan Tab A Series tahun 2019 yang hanya mendapatkan layanan Youtube Premium selama 2 bulan, di Tab A series terbaru ini pengguna bisa mendapatkan Youtube Premium selama 4 bulan gratis. Menarik bukan?

 

Tags: , , ,


COMMENTS