November 10, 2020

Mulai Jenuh Selama Pandemi? Ini Tips Agar Tetap Produktif dan Ceria di Rumah dengan Tablet Galaxy Tab A7

Penulis: Iwan RS
Mulai Jenuh Selama Pandemi? Ini Tips Agar Tetap Produktif dan Ceria di Rumah dengan Tablet Galaxy Tab A7  

Mobitekno – Samsung sudah meluncurkan tablet terbarunya, Galaxy Tab A7 (2020) seharga Rp 5 juta di Tanah Air. Tablet berlayar cukup besar (10,4 inci) dan ramping ini menawarkan performa mumpuni yang diklaim siap menjalankan berbagai aplikasi yang kerap digunakan keluarga Indonesia.

Harapan Samsung, setiap anggota keluarga bisa tetap produktif dan kreatif sekaligus terhibur saat melakukan beragam aktivitas di rumah di masa pandemi COVID-19. Dua aktivitas yang menjadi fokus Samsung dengan tablet Tab A7 ini adalah mendukung kegiatan belajar bagi anak-anak dan bekerja di rumah bagi orang tua.

Pandemi COVID-19 sejak awal tahun membatasi banyak aktivitas masyarakat. Hingga kini, dunia usaha dan pendidikan Indonesia masih terdampak dengan aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang diberlakukan pemerintah. Konsekuensinya, penerapan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) masih dialami masyarakat di berbagai kota di Tanah Air.

Salah satu dampaknya adalah meningkatnya kebutuhan perangkat, seperti notebook, samrtphone hingga tablet untuk dapat mendukung atau menunjang kedua aktivitas tersebut.

(ki-ka) Elvira Dwi Anggraeni, Product Marketing Professional, Samsung Electronics Indonesia, dan Dr. Vivid Argarini, konselor pendidikan.

 

Menurut Elvira Dwi Anggraeni, Product Marketing Professional Samsung Mobile, kehadiran tablet Galaxy Tab A7 terbaru ini dapat dapat digunakan seluruh anggota keluarga. Mulai dari membantu orang tua melakukan multitasking antara bekerja dan mengurus rumah tangga, serta mendampingi anak dalam proses pembelajaran jarak jauh.

“Samsung selalu menghadirkan inovasi teknologi yang tidak hanya canggih, tapi juga memberikan manfaat bagi penggunanya dalam berbagai situasi. Galaxy Tab A7 menjadi solusi untuk menjawab berbagai tantangan yang timbul di masa new normal dari bekerja dan belajar dari rumah,” ujarnya di acara Webinar Samsung Galaxy Tab A7 bertema “Satu Gawai Solusi untuk Semua” belum lama ini (6/11/2020)).

Ditambahkan oleh Elvira, tablet ini hadir dengan layar besar namun tetap ramping dan ringan sehingga nyaman digunakan pengguna. Dapur pacunya (chipset, RAM, dan storage) juga memadai untuk menjalankan berbagai aplikasi yang umum digunakan masyarakat. Samsung meyakini bahwa Galaxy Tab A7 mampu mendampingi setiap kebutuhan penggunanya terlebih di situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Dr. Vivid F. Argarini, Education Counselor yang menjadi nara sumber dala webinar ini menyatakan bahwa selama pandemi, setidaknya tiga hal atau pekerjaan rumah bersama yang perlu disiapkan keluarga dalam menghadapi pandemi COVID-19. Para orangtua dihadapkan pada kenyataan harus terus mencari nafkah dengan bekerja dari rumah dan anak-anak yang harus diawasi dalam melakukan PJJ.

“Dan masyarakat yang dalam kesehariannya juga perlu hiburan, kini menjadi sangat terbatas. Diperlukan sinergi yang baik bagi keluarga, orangtua, dan anak-anak untuk tetap nyaman beraktivitas di rumah. Sebagai makhluk sosial, dibutuhkan perangkat yang ringkas untuk menghadapi semua masalah tadi. Perangkat ini selain bisa melakukan komunikasi, juga bisa melakukan aktivitas yang kreatif, yang berguna buat orangtua dan anak,” tambahnya.

Sebagai penutup, Dr. Vivid menawarkan beberapa solusi agar keluarga tetap betah di rumah tapi tetap produktif. Solusinya antara lain, menggunakan perangkat yang ringkas untuk WFH dan membimbing PJJ, menggunakan tablet yang serba bisa, mendorong kreativitas dengan perangkat yang mumpuni dan canggih, melakukan olahraga virtual atau bermain ‘game’ bersama dengan gawai untuk mengatasi rasa jenuh, dan menonton film bersama dengan gawai (tablet).

Sebagai tablet mid-range, Galaxy Tab A7 datang dengan layar berpanel TFT LCD 10,4 inci dengan resolusi 2.000 x 1.200 piksel. Layarnya terbilang luas dengan screen-to-body ratio hingga 79 persen. Cukup ideal untuk mendukung berbagai aktivitas atau pekerjaan pengguna di rumah, baik menikmati konten atau berkreasi membuat konten.

Di bagian dapur pacu, Samsung Galaxy Tab A7 ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 662 (CPU: 4×2.0 GHz Kryo 260 Gold + 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver dan GPU: Adreno 610) dengan RAM 3 GB dan internal storage 32 GB. Meski kapasitasnya relatif kecil dibandingkan smartphone mid-range saat ini, pengguna dapat menambahkan kapasitas dengan memakai eksternal storage MicroSD hingga 1 TB.

Tablet dengan sistem operasi Android 10 (One UI 2.1) ini dilengkapi juga dengan dua kamera, masing-masing kamera belakang 8 MP dan kamera selfie 5 MP. Meski belum dilengkapi flash, keduanya dapat merekam video hingga resolusi Full-HD (1920 x 1080 pixel pada 30 fps).

Galaxy Tab A7 dengan baterai berkapasitas 7.040 mAh dan mendukung teknologi fast charging ini telah tersedia di Indonesia sejak bulan Novembr 2020 dalam warna Dark Gray dan Silver seharga Rp 4.999.000. Pembelian Galaxy Tab A7 hingga 15 November 2020 akan mendapatkan bonus 12 bulan perlindungan dari Samsung Care+ senilai Rp 449.000, yang dapat di-redeem di aplikasi Samsung Gift Indonesia.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS