March 7, 2020

Dibekali ISO Hingga 4 Juta, Ini Kehebatan Kamera Multi-Purpose Canon ME20F-SH

Penulis: Muhammad R
Dibekali ISO Hingga 4 Juta, Ini Kehebatan Kamera Multi-Purpose Canon ME20F-SH  

Mobitekno – Di ajang Homeland Security yang digelar belum lama ini, pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia, memperkenalkan kembali kamera Canon ME20F-SH, kamera multifungsi yang super sensitif terhadap cahaya, yaitu dengan tingkat ISO hingga 4.000.000. Sensitivitas yang luar biasa ini tentu bukan ditujukan untuk kalangan personal fotografer, melainkan menyasar industri besar dan juga pemerintahan.

“Kamera dengan kemampuan sensitivitas cahaya yang sangat tinggi ini dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti saat mengambil gambar alam liar di malam hari, pengamatan, hingga untuk sistem keamanan dimana teknologi kamera konvensional, termasuk kamera CCTV, tidak bisa melakukannya,” ujar Sintra Wong – Asst. Director, Canon Marketing Division, pt. Datascrip.

Kamera ini dapat merekam gambar di kondisi yang sangat gelap, bahkan mata manusia tidak dapat melihatnya (saat keadaan intensitas cahaya subjek di bawah 0,0005 lux) atau dapat diilustrasikan ketika subjek hanya mendapat pancaran cahaya dari sinar bulan.

“Kami melakukan pemasaran melalui B2B, kami bertindak sebagai konsultan, jadi tergantung kebutuhan konsumen kami. Perangkat ini menyasar semua industri yang membutuhkan kamera dengan sensitivitas tinggi, contohnya militer atau suaka margasatwa,” kata perwakilan pt. Datascrip saat ditemui redaksi Mobitekno, Rabu (4/3).

Di Indonesia sendiri sudah ada instansi yang memesan barang ini, namun pihak Datascrip tidak bisa menyebutkan siapa. Dari sisi penjualannya pun belum bisa diungkap, karena ini merupakan teknologi baru yang belum pelanggan tahu.

Secara teknis, Canon ME20F-SH dibekali dengan prosesor gambar DIGIC DV 4 dan sensor CMOS full-frame 35mm yang mendukung video Full HD beresolusi 1920×1080 dengan format 50p/60p. Memiliki desain bodi modular yang ringan dan ringkas, membuat kamera ini sangat mudah saat dipadukan dengan drone ataupun gimbal, dan juga layar tambahan yang biasa digunakan pada standar profesional untuk perekaman video.

Kamera ini memiliki mounting lensa EF sehingga dapat menggunakan lensa Canon EF dan EF-S yang biasa digunakan pada kamera DSLR Canon serta lensa cinema Canon sehingga pengguna tidak perlu khawatir soal keterbatasan lensa saat menggunakan kamera ini. Di dalamnya juga terdapat filter neutral density (ND) dan IR yang sudah terintegrasi di dalam kamera.

Jika biasanya merekam video dalam kondisi gelap yang ekstrem seringkali membutuhkan penggunaan pencahayaan infra merah, dengan kamera Canon ME20F-SH pengguna dapat mencapai kinerja sensitivitas tinggi yang luar biasa, sehingga dapat menangkap video Full HD berwarna dengan noise minimal di kondisi gelap tanpa perlu penerangan inframerah. Untuk konektivitas, kamera Canon ME20F-SH dibekali berbagai port yang bisa digunakan, seperti 3G/HD-SDI dan HDMI, yang berguna untuk penyimpanan data atau menghubungkan dengan layar eksternal tambahan yang digunakan saat membuat video.

Tersedia pula port audio 3,5 mm untuk mikrofon eksternal, serta slot microSD untuk melakukan pembaruan firmware. Bagi Anda yang ingin melakukan pengaturan manual jarak jauh, Anda dapat menghubungkan kamera ini dengan RC-V100 Remote Controller dari Canon. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia, memasarkan Canon ME20F-SH (body only) dengan harga Rp 427.339.000

Tags: , , , ,


COMMENTS