January 19, 2018

Sebelum Membeli, Ayo Cari Tahu Daya Tarik Datsun CROSS

Penulis: Eko Lannueardy
Sebelum Membeli, Ayo Cari Tahu Daya Tarik Datsun CROSS  

Mobitekno – Secara resmi Datsun CROSS telah meluncur di pasar otomotif Indonesia. Disela-sela peluncurannya, Eiichi Koito, Presiden Direktur, Nissan Motor Indonesia menyebutkan bahwa Datsun CROSS lahir sebagai mobil baru untuk generasi baru. Mobil yang membawa Datsun jauh di depan pesaingnya.

Dipasar Indonesia, Datsun CROSS sendiri akan dibanderol mulai dari harga Rp163 juta. Untuk pemesanan, Datsun sudah membuka diri sejak kemarin dan rencananya, Datsun CROSS akan diterima oleh konsumen pada bulan Maret 2018 nanti. Lantas, apa saja daya tarik crossover terjangkau besutan Datsun ini?

Desain eksterior

Datsun CROSS menonjolkan tampilan yang sangat individual dan desain yang khas. Honeycomb grille Datsun mungkin sudah banyak dikenal, namun tampil lebih dalam dan menonjol pada posisi yang lebih tegak untuk memberikan tampilan yang lebih
agresif dan menekankan garis kap mesin yang lebih tinggi.

Lampu depan dengan proyektor yang dinamis memiliki bentuk ‘Mata Elang’ yang khas dan memadukan lampu indikator sein dan daytime running lamps. Lampu tersebut juga merupakan yang pertama dalam segmennya, yang memberikan fitur pengoperasian
otomatis.

Ketika mobil berjalan dari suasana terang hingga gelap – misalnya di terowongan atau tempat parkir bawah tanah – maka lampu akan menyala secara otomatis. Hal yang sama terjadi ketika suasana gelap muncul atau ketika mobil dihidupkan pada malam hari. Ketika mobil kembali berada di suasana yang terang, lampu secara otomatis akan padam.

Lampu juga menjadi lebih efisien dengan pancaran sinar lembut, panjang dan lebar sehingga memberikan kemampuan melihat yang lebih luas, – Datsun CROSS tidak hanya dapat ‘melihat’ lebih baik, namun juga dapat mudah terlihat oleh para pengguna
jalan lainnya.

Datsun CROSS juga dilengkapi dengan lampu “follow me home” untuk memastikan bahwa jalan di depan diterangi lampu bahkan bila mobil dimatikan dan terkunci. Di bawah lampu depan terdapat sepasang lampu kabut berbentuk lingkaran, yang diletakkan pada cekungan di dalam bodi mobil bagian depan sehingga menambah tampilan dinamis yang kuat pada Datsun CROSS.

Itulah citra yang ditekankan melalui body cladding dan perlindungan bodi mobil bagian bawah. Di bagian depan dan belakang terdapat skid plate bodi mobil bagian bawah yang memanjang dan membentuk bagian bumper, sementara cladding yang luas pada sisi bodi mobil melindungi bodi mobil dari kerusakan yang mungkin terjadi karena lumpur atau pecahan batu.

Cladding menutupi rongga roda bagian depan dan belakang dan memanjang sehingga menjadi perluasan pelindung bagian bawah di kedua pintu. Cladding ini dicat dengan warna abu-abu metalik dengan sisipan serupa logam dengan warna yang lebih cerah serta terlihat kontras dengan warna bodi sehingga memberikan tampilan gagah yang sangat menarik.

Pilihan warna eksterior untuk Datsun CROSS sangat luas, dengan tujuh warna, termasuk dua warna metalik baru yang khas – Amber dan Copper. Warna lain yang tersedia adalah dua warna solid – White dan Black – dan tiga warna metalik lainnya: Gray, Ruby dan Silver.

Roof rail juga menunjang Datsun CROSS untuk tampil beda. Dengan menambah ukuran tinggi profil mobil, roof rail memberikan tampilan yang lebih sporty dan gagah. Roof rail yang memiliki dua corak warna hitam dan silver itu tidak sekadar untuk gaya, namun memberikan kepraktisan yang sesungguhnya.

Dipasang kokoh dan dengan batang melintang yang tersedia untuk berbagai fungsi, roof rail tersebut juga memiliki kemampuan untuk menahan beban bawaan hingga kapasitas 30 kilogram. Dengan begitu, fungsi roof rail ini juga menambah keluwesan mobil dengan memperluas ruang bagasi yang ada untuk perjalanan jauh keluarga.

Hal penting lainnya yang menonjol, Datsun CROSS memiliki ground clearance setinggi 200 mm, yang membuat mobil ini mampu melewati beragam kondisi jalan. Pelek alloy berpalang kembar (twin spoke) dan ban juga berperan meningkatkan tidak hanya
untuk keindahan, namun juga kenyamanan dan pengalaman berkendara.

Pusat gravitasi yang sedikit lebih tinggi memungkinkan penempatan kursi 10 mm lebih tinggi, dan posisi mengemudi yang leluasa membuat penumpang dapat melihat lebih banyak dan pengemudi dapat melihat adanya rintangan lebih awal. Pandangan ke arah
belakang juga meningkat dengan adanya penambahan wiper pada jendela belakang.

Datsun CROSS memiliki Intelligent Wiping System (IWS). Selain penyetelan wiper terus-menerus, juga ada penyetelan untuk gerakan sekali-sekali. Namun, bukannya memberikan satu masa jeda di antara gerakan wiper, IWS memberikan beberapa masa
jeda tergantung dengan kecepatan kendaraan.

Desain interior

Desain interior mobil ini menambahkan jiwa petualang, dengan memberikan kombinasi nuansa sporty dan keheningan yang mewah. Para desainer Datsun menggarisbawahi energi dan jiwa sporty dari mobil ini dengan memberikan tekanan warna silver yang terpadu dengan harmoni warna interior yang dominan berwarna hitam.

Tampilan dinamis tampak pada panel instrumen dan center console multi-fungsi, yang memberikan informasi yang mudah dibaca oleh pengemudi. Sandaran kursi depan yang dibentuk ergonomis dengan bantalan samping yang nyaman, sehingga memberikan dukungan ekstra ketika menikung, dan dibalut dengan material yang memiliki tekstur yang khas.

Panel instrumentnya minimalis tetapi canggih, dengan aksen silver dan tampilan karbon pada warna dasar yang didominasi warna hitam. Di depan pengemudi terdapat instrumen binnacle yang berisi takometer dan speedometer serta penunjuk informasi multifungsi, sementara di tengah dashboard terdapat layar monitor berwarna yang sepenuhnya terintegrasi.

Terdapat banyak ruang penyimpanan, antara lain di kantung pintu yang luas, yang mampu menjadi tempat botol berukuran 1 liter atau lebih, tempat penyimpanan uang logam, kotak penyimpanan berpenutup dan tempat cangkir untuk penumpang depan
dan belakang. Secara keseluruhan, interior memiliki ruang penyimpanan berkapasitas 10,5 liter.

Mempertegas multiguna dan kepraktisannya, Datsun CROSS memiliki ruang luas untuk lima orang dewasa dan tas bawaan mereka. Mobil ini bahkan memiliki ruang ekstra bila dibutuhkan di baris ketiga. Kursi ekstra tersebut pas untuk anak-anak untuk perjalanan jarak pendek.

Kemudahan akses juga diberikan dengan melipat sandaran kursi tengah dan merebahkan ke depan kursi tersebut. Ketika kursi baris paling belakang tidak dibutuhkan, dapat dilipat ke bawah boot floor sehingga memberikan ruang yang lebih luas untuk menempatkan barang bawaan.

Selama pengembangan Datsun CROSS, perhatian besar juga diberikan untuk memastikan agar noise, vibration and harshness berada di level minimum. Hasilnya, Datsun CROSS kini diklaim memiliki kesenyapan yang hampir sama dengan mobil yang lebih premium.

Sasis dan suspensi

Datsun CROSS memiliki suspensi depan dengan pivot ganda lower arm yang canggih dengan suspensi belakang twist beam baru, yang dipilih tak hanya untuk memberikan kenyamanan berkendara, namun juga karena suspensi tersebut tak masuk ke dalam ruang lantai, sehingga memberikan lebih banyak ruang di belakang kabin.

Berkat penyetelan yang penuh ketelitian, meskipun pusat gravitasi dan ground clearance lebih tinggi, Datsun CROSS memiliki kinerja sama baiknya dengan mobil konvensional, yakni tidak ada peningkatan kecenderungan limbung (body roll). Perubahan yang ada antara lain pegas yang lebih kokoh dan damper yang sudah diperbarui dengan kendali pantulan yang lebih baik.

Damper dengan daya respons yang tinggi memberikan reaksi yang lebih linier pada jalan yang kurang mulus sehingga mampu
meredam guncangan. Datsun CROSS juga memiliki keuntungan dari ban berukuran 15 inci yang memberikan kenyamanan lebih saat berkendara dan daya cengkeram yang lebih kuat, serta memberikan tampilan kokoh pada mobil.

Keselamatan juga merupakan faktor penting lainnya yang telah dirancang dalam Datsun CROSS sejak awal. Pertama di kelasnya, Vehicle Dynamic Control (VDC) menjadi standar di semua varian. Dengan menggunakan perangkat lunak terkini yang
dikendalikan oleh komputer dan sensor di dalam mobil.

Dukungan antilock brakes system (ABS) juga mencegah roda terkunci atau tergelincir karena pengereman yang kuat. Sementara, electronic brake distribution with brake assist (EBD with BA) memastikan distribusi yang merata dari tekanan rem di semua kondisi. Dukungan lainnya adalah traction control (TCS) dan brake-limited slip differential (B-LSD).

Perangkat elektronik canggih dalam VDC menggunakan sensor pengereman untuk memperlambat satu roda atau lebih serta sistem manajemen mesin untuk mengurangi torsi mesin yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan membatasi kehilangan traksi pada roda depan ketika mobil berbelok dengan kecepatan tinggi (understeer) atau kehilangan traksi pada roda belakang (oversteer).

Meskipun memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang dari rata-rata yang ada di kelasnya – faktor penting dalam interior mobil yang lapang – radius putar Datsun CROSS 4,6 meter membuat mobil ini tetap nyaman dan lincah saat bermanuver di jalanan perkotaan.

Mesin dan transmisi

Datsun CROSS menggunakan mesin bensin berkapasitas 1,2 liter, 68/78 hp dengan torsi 104 Nm. Hal ini memberikan kinerja tingkat tinggi dan efisiensi dalam bodi yang ringan dan ringkas. Keluarga mesin ini diakui tidak hanya kinerjanya tapi juga
keandalannya.

Ini adalah kepercayaan yang telah dibangun selama bertahun-tahun, dan pada saat itulah telah dibuat lebih dari ratusan ribu mesin, yang digunakan untuk menggerakkan berbagai model mobil Nissan dan Datsun. Untuk Datsun CROSS beberapa perubahan penting telah dilakukan untuk meningkatkan efisiensi thermal dan mengurangi kehilangan tenaga akibat gesekan.

Teknik yang digunakan mencakup circular bore honing untuk menjaga toleransi pada tingkat yang sangat minimum. Sementara pompa oli dan air dengan gesekan rendah mengurangi kehilangan tenaga akibat gesekan. Rasio kompresi yang lebih tinggi, piston cekung dan penginjeksi bahan bakar yang terpecah menjadi atom yang lebih kecil, semua itu membantu meningkatkan efisiensi pembakaran.

Mesin menggerakkan roda depan melalui transmisi manual dengan lima kecepatan yang berpindah dengan mulus, namun ada juga opsi dua pedal yang signifikan. Nissan, perusahaan induk Datsun, telah menggunakan teknologi continuously variable
transmission (CVT) sejak 1992 dan telah memiliki banyak pengalaman di bidang ini.

Datsun menawarkan X-Tronic CVT yang tak hanya halus dalam berkendara, namun juga hemat bahan bakar dengan kinerja yang lebih baik dan lebih ringan dari transmisi otomatis konvensional. Penggunaan pulley yang lebih kecil dan sub planetary gear
secara bersamaan menghasilkan efek ganda dalam performa yang responsif.

Kombinasi perubahan gigi yang ringan dan mulus membantu dalam memberikan performa yang lebih bertenaga. Tak hanya itu, penghematan bahan bakar menjadikan CVT sebagai mitra ideal bagi Datsun CROSS. Inilah salah satu inovasi nyata yang ditawarkan Datsun untuk konsumen Datsun CROSS.

Fitur keselamatan

Sebagaimana Vehicle Dynamic Control pada semua tipe, Datsun CROSS memiliki beragam perangkat keselamatan lainnya, termasuk airbag ganda di depan, lampu peringatan sabuk keselamatan dan lampu depan otomatis. Pintu belakang memiliki wiper dengan penyemprot air bertekanan tinggi untuk meningkatkan kemampuan pandangan arah belakang

Sementara, kaca spion bisa disesuaikan dengan perangkat listrik dan memiliki lamp repeater untuk memberi pengguna jalan lainnya penunjuk yang jelas tentang arah yang akan diambil oleh pengemudi. Jelas, fitur keamanan yang disajikan juga bakal menjadi nilai jual dari mobil ini.

Dimensi Datsun CROSS
Tinggi: 1560 mm
Lebar: 1670 mm
Panjang: 3995 mm
Jarak Sumbu Roda: 2450 mm
Ground clearance: 200 mm
Radius putar: 4,6 m

Tags: , , , , ,


COMMENTS