August 2, 2018

Bukan Samsung dan Huawei, Produsen Ini yang Nyatakan Bakal Pertama Rilis Smartphone 5G

Penulis: Iwan RS
Bukan Samsung dan Huawei, Produsen Ini yang Nyatakan Bakal Pertama Rilis Smartphone 5G  

Mobitekno – Bukan Huawei, Samsung, OnePlus, dan Xiaomi saja yang punya agenda meluncurkan smartphone/ponssel erteknologi 5G pertama di dunia. Produsen Tiongkok lainnya, Lenovo, yang belakangan kurang aktif merilis produknya di Indonesia, juga optimis menjadi produsen smartphone 5G pertama.

Optimisme ini dilontarkan langsung oleh Chang Cheng, Vice President Lenovo, melalui micro-blogging Weibo. Ia menyatakan bahwa smartphone 5G pertama akan diwakili Lenovo dengan chipset snapdragon 855.

Lenovo tengah menyiapkan smartphone teranyar dengan chipset canggih dari Qualcomm tersebut. Seperti diketahaui, Roland Quand melalui akun twitter-nya menyatakan jika chipset snapdragon 855 telah diproduksi massal sejak Juni lalu untuk digunakan oleh smartphone tahun depan.

Apabila Lenovo optimis menjadi produsen pertama dengan smartphone 5G berarti ada kemungkinan Lenovo akan mengumumkannay di bulan Desember 2018 atau awal 2019. Hingga kini Qualcomm sebagai produsen Snapdragon 855 belum mengumumkan ketersediaan chipset dengan kemampuan konektivitas 5G tersebut di pasaran.

Selain Samsung, produsen Huawei yang juga mengembangkan chipset sendiri (chipset Kirin) telah menggelontorkan investasi pengembangan yang tiodak sedikit agar menjadi yang terdepan dalam teknologi jaringan 5G.

Meski demikiam, Huawei diketahui baru siap merilis ponsel 5G pertamanya pada kuartal ketiga 2019 yang berarti lebih lambat dari produsen samrtphone lainnya yang menggunakan chipset Qualcomm.

Beberapa operator telko besar dunia, juga mulai menerapkan teknologi 5G di jaringannya. Misalnya, operator di AS, AT&T dan Verizon berencana mengimpelemntasikan jaringan 5G di tiga hingga lima wilayah di AS paling cepat tahun ini.

Selain kecepatan dan latency, jaringan 5G juga memilki keunggulan lainnya dari jaringan 4G, seperti lebih hemat daya dan sangat kondusi bagi pertumbuhan banyak perangkat pintar terkoneksi lainnya (Internet of Things).

Tags: , , , , ,


COMMENTS