December 22, 2017

Telkomtelstra Hadirkan Layanan Hybrid Cloud Kelas Dunia Melalui Solusi Azure Stack

Penulis: Karyo
Telkomtelstra Hadirkan Layanan Hybrid Cloud Kelas Dunia Melalui Solusi Azure Stack  

MOBITEKNO – Tren transformasi digital yang semakin berkembang di semua sektor saat ini tidak terlepas dari pentingnya fungsi data center dan teknologi cloud yang  menjadi pilar utama dan  memainkan peran penting dalam perkembangan dan percepatan proses transformasi digital.

Terkait dengan menempatkan Data Center dan Disaster Recovery Center (DRC) di Indonesia hal itu diatur dengan  Peraturan Pemerintah No. 82 (PP/82) yang mewajibkan pelaku industri menempatkan data center nya di Indonesia.

Transformasi digital telah merubah seluruh hal terkait dengan aplikasi teknologi digital pada seluruh aspek kehidupan masyarakat. Kedaulatan data merupakan dasar yang mendukung kepastian transformasi digital pada suatu negara dengan adanya suatu payung hukum dari suatu negara untuk memastikan keamanan data penting, sensitif dan rahasia dari ancaman pihak luar.  Melalui komputasi awan, perusahaan dapat mengikuti kepatuhan untuk kedaulatan data ini tanpa menghiraukan terjadinya optimalisasi bisnis. Perusahan dapat membangun pusat data yang terkonsolidasi,  fleksibel, dan memiliki kemampuan untuk menyimpan data yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Menyikapi hal itu, telkomtelstra, sebuah perusahaan joint-venture antara Telkom Indonesia dan Telstra Australia, baru saja menegaskan kesiapannya untuk mendukung optimalisasi bisnis Enterprise di Indonesia dengan penyediaan layanan hybrid cloud kelas dunia melalui solusi Azure Stack, dalam acara ‘Thought Leadership Implementasi Infrastruktur Hybrid Cloud untuk Residensi Data Lokal dalam Menjawab PP No.82 tahun 2012’ yang di selenggarakan di Jakarta,Rabu (20/12/2017).

Kesiapan  telkomtelstra untuk mengimplementasikan solusi Azure Stack , merupakan bentuk komitmen telkomtelstra untuk membantu Penyelenggara Sistem Elektronik bagi Pelayanan Publik di Indonesia untuk bisa mematuhi kewajiban untuk menempatkan Data Center dan Disaster Recovery Center (DRC) di Indonesia, sesuai dengan PP No. 82  tersebut.

“Kesiapan telkomtelstra dalam menyediakan solusi Azure Stack yang dilengkapi dengan teknologi terdepan ini adalah merupakan bentuk dukungan dalam penerapan regulasi pemerintah atas kebijakan data residensi lokal yang terdapat di dalam PP No. 82/2012,” ungkap Erik Meijer, Presiden Direktur telkomtelstra di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Telkomtelstra yang didukung oleh teknologi Microsoft, menurut Erik,  masuk ke pasar cloud Indonesia yang sedang bertumbuh serta membantu perusahaan-perusahaan untuk menaati kebijakan data dalam negeri. Selain itu juga untuk mengurangi pengeluaran dan inefisiensi bisnis, serta kinerja akses yang lebih baik.  Dengan solusi Azure Stack  tersebut, telkomtelstra juga memastikan hadirnya cloud di Indonesia dengan kualitas dan standar global.

Erik juga menambahkan bahwa  dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan transformasi digital di setiap lini bisnis di Indonesia, solusi cloud memungkinan para pelaku bisnis dalam mempercepat pertumbuhan bisnis perusahaan, meminimalisasi biaya operasional perusahaan dan keleluasaan dalam mengadopsi teknologi terbaru untuk optimalisasi bisnis tanpa harus mengeluarkan investasi besar untuk membeli perangkat keras baru.”  Semua hal ini tentunya adalah nilai lebih yang sangat berharga bagi suatu perusahaan,” tegas Erik

Sementara itu menurut Mulia Dewi Karnadi, Director – One Commercial Partner & Small Medium Corporate Segment (OCP&SMC) Microsoft Indonesia, mengungkapkan bahwa  dengan mengelola data secara bijaksana, organisasi-organisasi di Indonesia dapat mendorong produktivitas, meningkatkan mobilitas, dan melakukan inovasi baru pada layanan digital di berbagai institusi demi tercapainya misi transformasi digital mereka.

“Perubahan menuju intelligent cloud akan membuka lebih banyak kesempatan untuk memajukan kemampuan bisnis, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi bisnis mereka. Bersama Telkomtelstra sebagai mitra Azure Stack di Indonesia, kami berkomitmen untuk memaksimalkan bisnis pelanggan kami melalui ekosistem hybrid cloud yang memperhatikan secara seksama kapasitas keamanan, transparansi, dan kepatuhan regulasi lokal,” ujar Mulia Dewi pada kesempatan yang sama.

Telkomtelstra saat ini menyediakan produk, jasa, dan solusi (Managed Network Services, Integrated Service Management and Professional Services) terpercaya bagi pelanggan pebisnis di Indonesia. Telkomtelstra akan meluncurkan produk tahap keduanya, termasuk managed cloud, unified communications dan integrated suite dari Managed Security Products.

Tags: , , ,


COMMENTS