January 19, 2017

Benarkah ‘Game Mode’ Bisa Mendongkrak Performa Windows 10? Ini Penjelasannya!

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Benarkah ‘Game Mode’ Bisa Mendongkrak Performa Windows 10? Ini Penjelasannya!  

MOBITEKNO – Awal bulan ini, Microsoft menjanjikan fitur ‘Game Mode’ pada Creators Update terbaru untuk Windows 10. Microsoft tidak berbicara panjang lebar bagaimana fitur ini bekerja di Windows. Apakah menerapkan mekasnisme ala game console yang membuat semua resource sistem lebih diprioritaskan menjalankan game ataukah dengan ‘trik’ lainnya.

Namun, sebelumnya berharap terlalu banyak, ada catatan yang perlu ditekankan di sini. Fitur ‘Game Mode’ dihadirkan bukan untuk mendongkrak performa Windows OS di PC secara drastis, tapi membuat Windows 10 juga optimal sebagai platform gaming.

Penekanan disampaikan Mike Ybarra, Head of Platform Engineering Xbox, “Tujuan kami adalah membuat Windows 10 sebagai platform Windows terbaik untuk gaming. Visi kami untuk Game Mode adalah untuk mengoptimlakan PC Windows 10 agar performanya meningkat di gaming.”

""

Menurut PCGamesN, pada Windows Insider Preview build (15007), penampakan fitur ‘Game Mode’ terlihat dari adanya tanda centang (check box) yang sayangnya blom bisa diaktifkan/dinonaktifkan (uncheckable). Namun, tampilan ini bisa memberikan sedikit gambaran apa yang dilakukannya jika aktif.

Fitur ‘Game Mode’ lebih berkaitan dengan cara Microsoft ‘menyiasati’ proses background yang aktif di Windows 10 agar bekerja lebih ‘cerdas’ dengan dukungan ‘low-level services’ jika fungsi ‘Game DVR’ diaktifkan (enabled). Fungsi ‘Game DVR’ yang merekam dan men-share gameplay saat dimainkan pengguna ini akan hadir dalam Windows 10 (Creators Update) terbaru. 

""

Fungsi ‘Game DVR’ tampaknya lebih ditujukan bagi pengguna sistem berbasis Intel tanpa dedicated GPU. Pasalnya, produsen GPU, seperti AMD dan Nvidia sudah menyediakan solusi sejenis ‘Game DVR’, yaitu fungsi AMD Radeon ReLive dan Nvidia ShadowPlay yang tidak terlalu ‘menggerogoti‘ performa game (FPS).

Dengan kata lain, fitur ‘Game Mode’ bukanlah menawarkan peningkatan performa PC Windows secara umum, tapi hanya mengurangi penurunan performa (performance hit) dari Windows services, seperti fungsi ‘Game DVR’ yang aktif secara default. Mungkin Microsoft hanya ingin menyampaikan fitur terbaru Windows 10 ini lebih 'menjual' dan menarik saja.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS