June 16, 2018

Bakal Dapat Sertifikasi Microsoft, Pixelbook Mungkin Siap Jalankan Windows 10

Penulis: Iwan RS
Bakal Dapat Sertifikasi Microsoft, Pixelbook Mungkin Siap Jalankan Windows 10  

Mobitekno – Pixelbook merupakan notebook andalan Google untuk dengan notebook premium Apple (MacBook Pro) dan Microsoft (Surface Laptop). Masing-masing dengan sistem operasinya sendiri, Pixelbook dengan ChromeOS, MacBook Pro dengan MacOS, dan Surface Laptop dengan Windows 10.

Notebook atau chromebook high-end berlayar 12,3 inci (QHD, 2400 x 1600 piksel, 235 ppi) ini datang dengan bodi berdesain mewah dengan spesifikasi kompponen yang juga tinggi (Intel Core i5/Core i7, RAM 8/16 GB, SSD hingga 256 GB).

Sebagai chromebook dengan spesifikasi mumpuni, banyak yang menyayangkan Pixelbook hanya dapat menjalankan satu sistem operasi (Chrome OS). Faktor inilah yang membuat Pixelbook masih kalah populer bagi sebagian pengguna notebook.

Namun, kondisi ini mungkin tidak berlangsung lama karena Google diketahui sedang memodifikasi firmware Pixelbook agar dapat menerima sistem operasi lainnya, utamanya Windows.

Perubahan frimware lebih banyak berkaitan dengan pengujian kompatibilitas hardware Microsoft (Microsoft’s hardware compatibility test). Inilah yang mendasari rumor jika Google sedang menyiapkan dukungan dual-OS untuk Pixelbook. Dimulai dengtan dukunagn terhadap Windows 10.

Referensi update-nya mengacu pada Windows Hardware Certification Kit (WHCK) dan Windows Hardware Lab Kit (HLK). HLK digunakan untuk memastikan hardware dan driver kompatibel dengan Windows 10, sedangkan WHCK lebih ditujukan untuk sistem Windows versi sebelumnya (Windows 8.1).

Pixelbook

Perlu diketahui, Google punya banyak agenda terkait solusi (hardware dan software) masa depannya. Salah satu yang menonjol adalan sistem operasi adalah Fuchsia. Sistem operasi kategori RTOS (real-time operating system) ini dikabarkan aka menjadi OS masa depan Google yang akan menggantikan (menyatukan) Android OS dan Chrome OS.

Fuchsia dipersiapkan Google dapat dijalankan pada beragam perangkat, mulai dari embedded system hingga smartphone, tablet, dan PC. Selain WIndows, apakah dukungan dual-OS pada Pixelbook juga akan mendukung Fuchsia? Menarik untuk ditunggu.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS