June 17, 2018

Masih Jalankan Steam Client di Windows XP atau Vista? Siap-Siap Beralih Tahun Depan!

Penulis: Iwan RS
Masih Jalankan Steam Client di Windows XP atau Vista? Siap-Siap Beralih Tahun Depan!  

Mobitekno – Pengumuman Valve soal dukungan untuk client Steam (Steam client) perlu diketahui oleh pengguna Windows XP dan Vista. Pasalnya, terhitung 1 Januari 2019 nanti, client Steam hanya akan mau menjalankan game yang dibeli dari Steam pada Windows 7 atau di atasnya (Windows 8.x dan Windows 10).

Menurut Valve, keputusan ini diambil karena fitur baru di Steam bergantung pada versi embedded dari Google Chrome. Seperti diketahui, versi embedded ini tidak didukung oleh Windows XP dan Vista.

Steam masih akan bekerja pada Windows XP dan Vista hinggga akhir tahun, meski beberapa fitur, seperti Steam Chat tidak dapat diginakan pengguna.

Steam client market

Pengguna Steam di Linux dan MacOS tidak perlu kuatir karena Valve belum berencana untuk ‘mempensiunkan’ client Steam di kedua platform tersebut.

Keputasan Valve ini dianggap tidak berdampak luas mengingat pangsa pasar XP (edisi 32 bit) hanya tinggal 0,22 persen (berdasarkan laporan survey Steam hardware & software Mei 2018).

Berdasarkan laporan ini pun, pengguna Steam client tidak tercatat menggunakan Windows XP 64-bit, Vista 32-bit, dan Vista 64-bit.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS