May 13, 2017

Kembali Gelar Uji Jaringan, Cara XL Antisipasi Hadapi Lonjakan Trafik Ramadan dan Lebaran

Penulis: Eko Lannueardy
Kembali Gelar Uji Jaringan, Cara XL Antisipasi Hadapi Lonjakan Trafik Ramadan dan Lebaran  

MOBITEKNO – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama Ramadan dan Lebaran. Serangkaian uji jaringan telah dilakukan di berbagai daerah, terutama di area-area yang selama ini mengalami kenaikan trafik saat Ramadan dan libur panjang Lebaran. 

Uji jaringan ini juga sebagai antisipasi dini guna memastikan kemampuan jaringan milik XL Axiata dalam menghadapi kemungkinan kenaikan trafik semua jenis layanan. Untuk menjamin kualitas jaringan dan layanan, XL Axiata akan meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik.

"Berdasarkan uji jaringan yang sudah dilakukan, XL Axiata merasa perlu untuk meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa. Dengan penambahan kapasitas tersebut kami optimis akan mampu mengatasi jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan," ujar Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

Ditambahkan oleh Yessie, secara khusus, XL Axiata juga akan memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core yang akan memberi kemudahan untuk mengalihkan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas. Kegiatan uji jaringan ini merupakan agenda rutin yang harus dilakukan setiap saat.

Secara teknis dari kegiatan uji jaringan akan diketahui keunggulan dan kelemahan jaringan yang ada. Hasil uji jaringan yang telah XL Axiata lakukan juga menunjukkan secara umum jaringan yang ada di sejumlah titik telah siap untuk melayani pelanggan dan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran nanti.

Untuk lebih memastikan lagi kualitas jaringan yang ada, di sejumlah lokasi yang diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik, XL Axiata telah menyiapkan sejumlah rencana penguatan jaringan, diantaranya dengan meningkatkan kapasitas, menambah perangkat serta memanfaatkan teknologi pengalihan kapasitas secara simultan.

Tim XL Axiata sendiri secara mandiri telah melakukan uji jaringan pada pada jalur kereta api di Utara dan Selatan dari Jakarta hingga Surabaya. Hal yanga sama juga sudah dilakukan di Jalan Toll Pantai Utara Jawa, Jalan Lintas Selatan Jawa, serta Lintas Utara dan Selatan Madura.

Tak ketinggalan uji jaringan juga dilakukan di Lintas Barat, Tengah dan Selatan Sumatera, Lintas Balikpapan – Samarinda, Lintas Banjarmasin – Palangkaraya, Banjarmasin – Barabai, Lintas Pontianak – Singkawang, dan Gilimanuk – Denpasar – Padang Bai. Saat ini tim jaringan XL Axiata juga masih terus melakukan persiapan yang diperlukan di berbagai wilayah.

Uji jaringan sesuai standar yang disarankan oleh pemerintah dilakukan dengan cara melakukan drive test dan customer experience test. Perangkat yang dipakai antara lain adalah TEMS (test mobile system) untuk drive test, dan smartphone untuk customer experience test. Dalam uji jaringan ini, kendaraan yang dipergunakan berjalan dalam kecepatan normal.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS