June 20, 2017

Tempatkan Puluhan MBTS, XL Beri Jaminan Komunikasi Tetap Lancar di Ruas Tol Baru

Penulis: Eko Lannueardy
Tempatkan Puluhan MBTS, XL Beri Jaminan Komunikasi Tetap Lancar di Ruas Tol Baru  

MOBITEKNO – Lebaran tinggal beberapa hari lagi dan arus mudik akan segera mengalir dari Jakarta ke berbagai kota lain. Menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang membuka sejumlah ruas jalan tol baru, termasuk jalan tol yang masih bersifat fungsional, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah mempersiapkan infrastruktur yang mampu melayani pelanggan yang melintas di jalan-jalan baru tersebut. 

Persiapan yang sudah dilakukan antara lain berupa pemasangan mobile BTS (MBTS), yang hampir semuanya merupakan MBTS yang memiliki kemampuan mendukung jaringan 4G di sejumlah lokasi. Tim teknis XL Axiata juga telah melakukan uji coba di semua ruas tol baru yang ada di sejumlah ruas di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta di ruas tol baru di Medan – Kuala Namu.

"mempertimbangkan sebagian dari ruas tol baru yang dibuka tersebut sebenarnya masih dalam pembangunan, maka infrastruktur telekomunikasi pun juga belum secara khusus disiapkan. Karena itu, kami pun menyiapkan perangkat penunjang yang juga masih bersifat darurat, seperti MBTS. Ada 30 unit MBTS yang telah dikerahkan oleh XL Axiata," ujar I Gede Darmayusa, VP Service Operation Management XL Axiata.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, XL Axiata secara maksimal juga telah mempersiapkan jaringannya untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data. Tantangan yang dihadapi oleh operator telekomunikasi seperti XL Axiata selain kemungkinan terjadi lonjakan trafik, juga terkait perpindahan pelanggan secara masif dari kota yang satu ke kota lainnya.

Untuk menjamin kualitas jaringan dan layanan, XL Axiata juga meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2 hingga 3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa. Dengan penambahan kapasitas tersebut, operator telekomunikasi dengan brand XL dan AXIS tersebut optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan.

XL Axiata juga melakukan penguatan jaringan terutama di lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi titik-titik kepadatan masyarakat. Lokasi-lokasi tersebut antara lain destinasi wisata populer, pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, fasilitas transportasi seperti bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, juga pelabuhan laut. 

Jelang Lebaran tahun ini, XL Axiata juga secara agresif melakukan perluasan jaringan 4G LTE di berbagai daerah. Selama Juni 2017 ini saja, XL Axiata telah meresmikan layanan 4G LTE di puluhan kota, baik di Jawa maupun Luar Jawa. Hal ini bertujuan untuk memberi rasa nyaman bagi para pemudik ketika dalam perjalanan agar tetap bisa saling berkomunikasi dengan lancar.

"Bagi pelanggan yang mudik terutama ke berbagai daerah di Pulau Jawa, sudah hampir di semua kota/kabupaten tercover layanan XL 4G LTE. Akses ke berbagai layanann data bisa lebih nyaman, termasuk upload foto-foto atau video selama liburan. Adapun bagi pelanggan yang tidak sempat atau berhalangan mudik, juga bisa memanfaatkan ketersediaan layanan XL 4G LTE untuk tetap bisa bersilaturahmi," pungkas Gede.
 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS