June 12, 2017

Pemenang Bukalapak Development Competition 2017 Sudah Terpilih

Penulis: Eko Lannueardy
Pemenang Bukalapak Development Competition 2017 Sudah Terpilih  

MOBITEKNO – Bukalapak mengumumkan pemenang Bukalapak Development Competition 2017 yang berhadiah lebih dari Rp250 juta. Kompetisi ini sendiri ditujukan untuk para developer mengembangkan aplikasi mobile baru yang berkaitan dengan Bukalapak, dengan menggunakan API Bukalapak di platform Android dan iOS.

"Bukalapak Development Competition bertujuan untuk mendorong tumbuhnya ekosistem developer di Indonesia. Berbagai karya yang masuk menunjukkan bahwa kreativitas para developer Indonesia sangat luar biasa. 10 tim terbaik di tahap final telah dibimbing langsung oleh tim developer Bukalapak untuk penyempurnaan produk yang dihasilkan," ungkap Ibrahim Arief, VP of Engineering Bukalapak.

Selain Ibrahim Arief, juri yang ikut terlibat dalam ajang Bukalapak Development Competition ini adalah Zakka Fauzan Muhammad, VP of Product Bukalapak; Hasanul Hakim, Mobile Apps Developer Lead Bukalapak; Bayu Surya Adi Saputra, Product Manager Mobile Apps Bukalapak; dan Devita Mira, UX Lead Bukalapak.

Sedangkan penilaian kompetisi ini berdasarkan banyak aspek, diantaranya adalah ide dan implementasi. Ide produk yang diusulkan harus inovatif, bermanfaat, aman dikembangkan, layak tampil (feasible), serta mudah diimplementasikan. Tak kalah penting, penilaian lainnya adalah bagaimana aplikasi yang dibuat oleh peserta bisa diimplementasikan yang bagus serta berguna bagi masyarakat.

Juara pertama diraih oleh "Tim BukaLelang" dengan aplikasi BukaLelang. Aplikasi ini bertujuan untuk mengatasi masalah lelang secara online yang selama ini hanya bisa dilakukan di media social dan secara manual. Sehingga dengan hadirnya platform BukaLelang akan membantu memudahkan masyarakat dalam hal lelang dan akan meminimalisir kecurangan maupun kerugian lainnya.

"Ini merupakan pengalaman berharga serta motivasi bagi saya untuk terus belajar dan mengembangkan minat terhadap pengembangan aplikasi, khususnya aplikasi mobile yang saat ini sedang tren. Saya merasa tertantang dan berharap dapat berkontribusi kelak untuk negeri melalui minat saya ini," ujar Diky Arga perwakilan dari Tim BukaLelang.

Tim BukaLelang berhak untuk mendapatkan hadiah utama senilai Rp 128 juta. Sedangkan juara kedua dan ketiga diraih oleh Tim GG Vol. 2 yang sukses membuat aplikasi BukaKayakGini dan Tim Meja Makan dengan aplikasi Taplak (Tap Bukalapak). Tim GG Vol. 2 berhak membawa pulang hadiah senilai Rp 64 juta dan Tim Meja Makan mendapatkan hadiah senilai Rp 32 juta. 

"Kami berharap kompetisi yang digelar oleh Bukalapak ini kedepannya secara konsisten akan kami terus selenggarakan guna mewadahi kreativitas para developer di Tanah Air. Harapan lainnya, lewat kompetisi ini kami bisa menaikkelaskan UKM serta mampu memberikan nilai tambah bagi para pengguna Bukalapak di seluruh Indonesia," tutup Ibrahim Arief.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS