December 31, 2016

Setelah ‘Blue Screen of Death’, Microsoft Perkenalkan ‘Green Screen of Death’ di Windows 10

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Setelah ‘Blue Screen of Death’, Microsoft Perkenalkan ‘Green Screen of Death’ di Windows 10  

MOBITEKNO – Layar biru atau BSoD (Blue Screen of Death) adalah pesan kesalahan sistem Windows yang sudah hadir sejak Windows NT 3.1dirilis pada tahun 1993. Entah apa alasannya, baru pada versi preview Windows 10 build 14997, Microsoft mulai memperkenalkan varian lain dari BSoD, yaitu GSoD (Green Screen of Death).   

Penampakan pesan eror 'Green Screen of Death' tersebut pertama kali diketahui oleh Chris123NT, seorang pengguna Twitter. Menurutnya, pesan eror baru tersebut sudah diimplementasikan sepenuhnya pada Windows 10 build 14997.

Pengamatan Chris123NT tersebut dikonfirmasi juga oleh Microsoft. Menurut Matthijs Hoekstra, Senior Program Manager, Windows Enterprise Developer Platform,  GSoD sudah merupakan bagian (pesan eror) dari Windows 10, meski baru diterapkan dalam Windows 10 Insider Builds.

Berbeda dari BSoD, pesan eror GSoD juga menampilkan kode QR (QR code) yang bertujuan memudahkan pengguna Windows 10 dalam melacak jenis kesalahan sistem dan menemukan solusinya. Perbedaan warna pada pesan eror (BSoD dan GSoD) juga memudahkan tim pengembang Microsoft untuk mengetahui versi Windows yang digunakan pengguna secara cepat dan mudah.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS