November 29, 2016

Lintasarta Umumkan Tiga Startup Terbaik di Ajang Lintasarta Appcelerete

Penulis: Eko Lannueardy
Lintasarta Umumkan Tiga Startup Terbaik di Ajang Lintasarta Appcelerete  

MOBITEKNO – Tiga bisnis rintisan (startup) terbaik telah terpilih sebagai pemenang di ajang Lintasarta Appcelerete yang diselenggarakan oleh PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung (LPIK ITB). 

Ketiga startup terbaik yang terpilih menjadi pemenang adalah CHARM (Customer Handling, Analytic and Relationship Management), BIOPS dan WINAFI. Para pemenang merupakan startup yang mendapat penilaian terbaik dari Dewan Juri karena mampu memecahkan masalah, usefulness, serta memiliki nilai komersial dan value business.

CHARM adalah startup yang dapat membantu perusahaan untuk mendengarkan dan memahami pelanggan melalui analisis percakapan pelanggan di social media. BIOPS merupakan aplikasi precision farming yang menawarkan monitoring dan controlling untuk para petani green house. Sedangkan WINAFI merupakan aplikasi sembako mart yang menawarkan kemudahan berbelanja kebutuhan sehari-hari yang mengintergrasikan antara toko kelontong lokal dengan konsumen di sekelilingnya.
 
​Tak hanya mengumumkan tiga pemenang, Lintasarta juga akan menawarkan kerjasama kepada 10 startup inkubasi sebagai mitra sehingga aplikasi yang mereka buat dapat dipergunakan oleh kalangan industri. Selama masa inkubasi, para startup tersebut telah mendapat mentoring, pengembangan dan peningkatan komersial melalui berbagai program yang yang diberikan.

Arya Damar, Presiden Director Lintasarta mengatakan, "Lintasarta dan LPIK ITB menelurkan tiga startup dari tiga kategori yang berbeda. Mereka semua bagus, semua terbaik. Karena saya yakin bahwa anak-anak muda Indonesia dapat bertarung di dunia untuk industri aplikasi yang saat ini sedang naik daun".

Hal senada juga ditegaskan oleh Suhono Harso Supangkat, Kepala LPiK ITB. Ia mengatakan, "Saya menyambut positif gelaran Appcelerate yang digagas oleh Lintasarta. Ini adalah sebuah kompetisi yang bertujuan untuk ekosistem startup di Indonesia. Tujuannya sangat mulia, semaksimal mungkin startup yang dibangun dimiliki oleh anak bangsa."

Lintasarta Appcelerate sendiri merupakan realisasi program Corporate Social Responsibility (CSR) Lintasarta yang sudah berjalan sejak April 2016 lalu bekerjasama dengan ITB Bandung. Para peserta yang mengikuti kompetisi ini diminta untuk membuat rencana bisnis dalam bentuk inovasi produk atau aplikasi digital yang memiliki nilai bisnis dan dapat diterapkan untuk mendukung berbagai sektor industri.

Tags: , , , ,


COMMENTS